Keuntungan Belajar Manajemen Bisnis - IDS Digital College

Keuntungan Belajar Manajemen Bisnis Melalui SMIT Mini MBA Program

Ketika menjalankan bisnis, pebisnis memerlukan perencanaan untuk mengendalikan kegiatan bisnis. Manajemen bisnis Menurut Merriam Webster, Management is the act or art of managing: the conducting or supervising of something (such as a business) atau manajemen adalah tindakan atau seni mengelola: melakukan atau mengawasi sesuatu (seperti bisnis). Manajemen bisnis didefinisikan sebagai proses manajerial yang mengoordinasikan, mengorganisir, menyalurkan, dan menerapkan strategi dan aktivitas bisnis.

Mini MBA

Manajemen bisnis bertanggung jawab pada banyak aspek, mulai dari perencanaan, keuangan, kepemimpinan sumber daya manusia, hingga menavigasi semua proses. Untuk itu, dalam menjalankan tugasnya manajemen bisnis berfokus pada pengorganisasian, perencanaan, dan analisis aktivitas bisnis yang diperlukan untuk mengelola dan menjalankan bisnis secara efisien. Untuk memenuhi kebutuhan bisnis, manajemen bersifat dinamis dan terus berkembang di lingkungan internal dan eksternal organisasi. Di pasar global, perubahan meningkat dengan pesat, sehingga kemampuan beradaptasi sangat penting untuk proses manajerial.

Menurut indeed, terdapat 9 keuntungan untuk dari mempelajari manajemen bisnis, yaitu:

  1. Meningkatkan kemampuan kerja.
  2. Mengembangkan keterampilan manajemen dasar.
  3. Mendapatkan pengantar ke industri bisnis.
  4. Mempelajari berbagai disiplin ilmu.
  5. Menjadikan pebisnis.
  6. Meningkatkan kredibilitas.
  7. Membuat jaringan dengan individu dengan minat yang sama.
  8. Mendapatkan gaji yang lebih.
  9. Bekerja di lingkungan yang fleksibel. 

Manajemen bisnis cocok dipelajari dipelajari oleh pemula yang tertarik untuk mempelajari bidang bisnis seperti dasar bisnis dan manajemen bisnis, professionals yang ingin menerapkan pendekatan-pendekatan bisnis dalam pekerjaannya, serta managers yang ingin meningkatkan pengetahuannya di bidang pengelolaan bisnis.

SIMT MINI MBA Program

Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akan mengadakan program training non-gelar yang berfokus dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam manajemen bisnis dengan metode pembelajaran yang lebih singkat, praktis, interaktif dan berbagi case studies. Program training ini digelar demi memenuhi tuntutan para pelaku bisnis untuk memiliki kompetensi dasar dalam bidang manajemen.

Mini MBA Program yang akan diadakan oleh SIMT dapat menjadi media bagi Anda yang saat ini sedang menggerakkan roda bisnis. Program ini nantinya akan memberikan 9 pengetahuan dasar mengenai manajemen bisnis, seperti Basic Management Concept and Theories, Financial and Accounting Management, Strategic Human Capital and Organization Development, Marketing Management, Omni Channel Marketing & Social Media, Strategic and Performance Management, Operations and Supply Chain Management, Project and Innovation Management, dan Business Communication. 

SIMT Mini MBA Program sebelumnya telah diikuti oleh Kepala Departemen, Senior Manager, hingga Vice President perusahaan-perusahaan besar Indonesia. 

Mini MBA

Pelatih SIMT MINI MBA Program

Masing-masing topik Mini MBA Program akan dibawakan oleh para trainer yang merupakan akademisi dan praktisi berpengalaman di bidangnya, yaitu:

  1. Prof. Ir. I Nyoman Pujawan, M.Eng., Ph.D., CSCP. (Professor bidang Supply Chain Engineering di Departemen Teknik Sistem dan Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITSS))
  2. Dr. Okder Pendirian (Chief Human Capital & Office Support PT Bakrie & Brothers Tbk. Dan Direktur & CEO PT Bakrie Strategic Solutions)
  3. Dr. Gloria Angelita S.P., MSi (Flight Service Manager dan Ground Service Instructor PT Garuda Indonesia)
  4. Ario S. Setiadi, Ph.D., CPM, DipM. ACIM. CHRM (Magister STM Labora, Ph.D in General Management dari Washington International University, USA.
  5. Dr. Muhammad Saiful Hakim, S.E., M.M. (Dosen Departemen Manajemen Bisnis ITS)
  6. Niniet Indah Arvitrida, ST., MT., PhD (Dosen Departemen Teknik Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS))
  7. Renny Nadlifation, S.Kom., MBA Ph.D (Pengajar Departemen Sistem Informasi dan Prodi Magister Manajemen Teknologi (MMT) ITS dan Kepala Laboratorium Manajemen Sistem Informasi (MSI)
  8. Naning Aranti Wessiani, S.T., M.M. (Tenaga ahli bidang Manajemen Strategi, Manajemen Kinerja, Manajemen Inovasi, Serta Manajemen Organisasi dan Sumber Daya Manusia di beberapa BUMN)
  9. Niken Anggraini Savitri, ST, MT (Dosen Departemen Teknik dan Sistem Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)).
  10. Gita Widi Bhawika, S.ST., M.MT., CSCA (Dosen Departemen Manajemen Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)).

SIMT MINI MBA Program Modules

MBA Mini Program didesain secara khusus agar mudah dipahami secara mendalam dalam waktu yang singkat, melalui pembelajaran selama 24 JPL. Materi pembelajaran akan diberikan melalui cara yang interaktif seperti video, infografis, case studies, dan proyek kelompok untuk analisa berbagai kasus terkait melalui pendekatan konsep-konsep yang disampaikan oleh para trainer. Metode pembelajaran yang dilakukan SIMT Mini MBA termasuk jarang dilakukan program pelatihan yang lain, isi materinya pun sangat relevan dengan kondisi saat ini, sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkan langsung di dunia kerja. 

Materi yang akan dibawakan melalui MBA Mini Program meliputi:

  1. Basic Management Concept and Theories

Membahas dasar-dasar pengetahuan umum mengenai manajemen seperti fungsi-fungsi yang dilakukan, perbedaan manajemen dengan kepemimpinan, beberapa teori dasar manajemen, struktur organisasi, manajemen yang berbasis konsep, tim lintas fungsi dalam manajemen organisasi, dan tantangan dalam mengelola organisasi di jaman modern.

  1. Financial and Accounting Management

Modul ini akan membahas tentang bagaimana strategi memahami aspek-aspek pengelolaan keuangan untuk pengambilan keputusan yang terkait dengan akuisisi dan utilisasi dana guna memperoleh keuntungan dan nilai tambah perusahaan.

  1. Strategic Human Capital and Organization Development

Modul ini secara khusus akan membahas mengenai konsep dan praktik organization development guna mewujudkan organisasi yang produktif, fleksibel, dan resilient.

  1. Marketing Management

Modul ini akan berfokus pada pemasaran dan penjualan, analisis segmentasi pasar, targeting, positioning dan menyusun strategi pemasaran suatu perusahaan atau instansi tertentu sesuai dengan perkembangan pembangunan terkini.

  1. Omni Channel Marketing & Social Media

Modul ini akan mempelajari bagaimana marketer menghadapi persaingan di era digital, memperkenalkan omni-channel, dan pengetahuan mengenai internet channel sebagai aktivitas pemasaran.

  1. Strategic and Performance Management

Melalui modul ini akan mempelajari proses manajemen strategi mulai dari pengembangan visi misi, strategi, hingga perancangan sistem manajemen kinerja sebagai dasar dalam melakukan evaluasi implementasi strategi.

  1. Operations and Supply Chain Management

Pada modul ini akan dipelajari mengenai konsep-konsep dasar operations and supply chain management, ruang lingkup rantai pasok (supply chains), serta pemahaman mengenai peran penting operations and supply chain management dalam menciptakan daya saing perusahaan yang berkelanjutan.

  1. Project and Innovation Management

Modul ini akan mengajak Anda untuk membahas isu-isu seputar era disrupsi dan perkembangan teknologi yang telah menghadirkan sebuah perubahan besar dalam peta persaingan bisnis.

  1. Business Communication

Modul ini akan mengulas mengenai strategi dalam membangun proses komunikasi dan penyediaan informasi kepada publik secara umum dan customer.

SIMT Mini MBA Program merupakan online program yang akan dilaksanakan mulai dari 23 Agustus 2022. Pembelajaran dilakukan selama 6 minggu dengan 4 jam pelajaran setiap minggunya pada hari selasa pukul 18.30-20.00 dan hari Kamis pukul 18.30-20.00.

Informasi lebih lanjut 08118430058

Posted in: News



    WhatsApp chat