Makin Canggih, Ini 7 Penerapan Virtual Reality Pada Berbagai Bidang di Indonesia - IDS Digital College

Makin Canggih, Ini 7 Penerapan Virtual Reality Pada Berbagai Bidang di Indonesia

Kamu mungkin masih baru dengan istilah virtual reality di Indonesia. Padahal, kepanjangan dari VR ini sudah sering digunakan oleh banyak kalangan. Bahkan mungkin kamu sudah pernah memakainya. Virtual Reality atau realitas maya sendiri merupakan teknologi yang dibuat untuk dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan dan disimulasikan oleh komputer. Pemahaman lebih mudahnya yaitu imajinasi sebuah lingkungan yang ditiru semirip mungkin dan disajikan lewat teknologi.

Pengaplikasian VR ini dapat ditemukan dalam berbagai hal. Contohnya headset, treadmill, serta sarung tangan khusus. Saat VR digunakan, otak dan panca indera manusia menghasilkan ilusi seperti benar-benar berada di lokasi. Sehingga euforia lebih terasa. Penerapan virtual reality kini juga digunakan dalam berbagai bidang. Antara lain ada di bawah ini.

1. Bidang Media dan Hiburan
Penerapan virtual reality di bidang media dan hiburan terbilang mudah ditemukan. Seperti pada game. Penggunaan perangkat VR memberikan sensasi kepada pengguna, sehingga mereka benar-benar berada di area permainan. Selain itu, VR juga sangat membantu sebagai media untuk mengenalkan potensi wisata tanah air. Seperti melihat keindahan lautan Indonesia. Tak perlu turun ke laut, pengunjung bisa menikmati keindahan dengan bantuan teknologi kamera 360 yang mampu mengambil gambar dari sudut manapun. 

Penerapan lain yang terlihat dengan jelas yaitu hasil tangkapan konser. Kamu yang tak punya kesempatan untuk melihat konser dapat menyaksikan lewat streaming. Kini cara tersebut sudah didukung dengan kamera 360, sehingga menciptakan sensasi seperti di lokasi.

2. Bidang Medis dan Kedokteran
Virtual Reality sangat bermanfaat pada bidang medis dan kedokteran. Adanya perangkat VR, dokter mampu mendeskripsikan bagian anatomi tubuh sehingga organ mampu terlihat lebih nyata. Mereka juga dapat memutuskan keputusan untuk membedah atau tidak. Pemakaian aplikasi dengan teknologi VR juga bisa menjadi memudahkan dokter dalam melihat perkembangan penyakit, mendiagnosa penyakit serta teknik perawatan terhadap pasien dengan tepat.

3. Bidang Militer
Siapa sangka jika virtual reality juga bisa diterapkan di bidang militer. Penggunaan VR ini mampu membantu tentara dalam simulasi perang. Meski hanya imajinasi, pengalaman simulasi perang ini terlihat nyata dan jelas. Cara ini juga terbilang menghemat biaya dan lebih efisien dibandingkan latihan perang sebenarnya.

4. Bidang Transportasi
Contoh penerapan di bidang transportasi menggunakan virtual reality yaitu latihan menerbangkan pesawat. Hal tersebut juga membuat biaya yang dikeluarkan lebih sedikit, karena tidak perlu menyewa unit kendaraan ataupun membeli bahan bakar. Tak perlu khawatir pengalaman latihan ini nyaris mendekati kenyataan dan pastinya terhindari dari hal mengkhawatirkan lainnya.

5. Bidang Teknik dan Otomotif
Penerapan VR di bidang ini dapat kamu lihat di perusahaan Ford. Teknologi headset jenis Oculus Rift di perusahaan ini digunakan dalam pengembangan mobil untuk mengevaluasi bagian luar dan dalam mobil. Fungsinya untuk memperhatikan setiap detail dari mobil. Tahun 2018 lalu, Honda juga mengadakan kompetisi bertema Indonesia Future Technology untuk mendesain motor menggunakan VR. 

6. Bidang Ekonomi
Berikutnya di bidang ekonomi yang dimanfaatkan untuk mempromosikan barang display atau pajangan. Salah satunya toko Selfridges di London, dimana pengunjung yang datang dapat mencoba berbagai produk yang dijual lebih nyata. Pengunjung hanya perlu berdiri di depan layar yang telah dilengkapi oleh kamera. 

7. Bidang Pendidikan
Pendidikan Indonesia makin berkembang setelah penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar. Salah satu contohnya adalah anak didik atau siswa dapat memproyeksikan berbagai kegiatan seperti memproyeksikan ke Antariksa, memproyeksikan anatomi tubuh dan banyak lagi lainnya.

Melihat penerapan di masing-masing bidang, penerapan virtual reality ini sangat membantu dalam mobilitas sehari-hari. Selain itu, prakteknya lebih efisien dan cukup menghemat budget dan tenaga.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat