Pengertian Cyber Security, Jenis dan Peran Pentingnya - IDS Digital College

Mengenal Lebih Dalam Tentang Apa Itu Cyber Security

Pengertian Cyber Security

Beberapa belakangan istilah cyber security semakin populer. Dilansir dari CISCO, pengertian cyber security merupakan sebuah proses perlindungan program, data, sistem, maupun jaringan dari ancaman atau serangan digital.

Semua data baik itu perusahaan maupun organisasi saat ini sudah melalui sistem digital atau terkomputerisasi. Bahkan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Tetapi dengan ketergantungan pemakaian tersebut, mengakibat munculnya berbagai ancaman siber.

Adapun resiko-resiko tersebut bisa datang dari internal maupun eksternal perusahaan itu sendiri. Ancaman siber dari internal kemungkinan berasal dari karyawan maupun penanggung jawab proyek.

Sementara dari eksternal, berasal dari pelaku kejahatan dunia maya atau bahkan pelanggan sendiri. Seperti tindakan pencurian atau gangguan data yang disengaja, disebabkan oleh kelalaian pemilik data.

Pendekatan cyber security yang sukses dikarenakan memiliki banyak lapisan perlindungan. Dimulai dari perlindungan pada perangkat komputer itu sendiri, jaringan, data program maupun data yang dijaga oleh keamanan.

Konsep Cyber Security

 

konsep cyber security

Apa konsep cyber security

Konsep dasar cyber security mengikuti praktik CIA Triad yang meliputi confidentiality (kerahasiaan), integrity (integritas), dan availability (ketersediaan).

  • Confidentiality

Sesuai dengan namanya, confidentiality ini merupakan upaya untuk menjaga atau merahasiakan sebuah informasi maupun data, demi mencegah kebocoran atau pencurian data

  • Integrity

Integrity adalah memastikan bahwa semua data yang akan diakses oleh pengguna merupakan data yang akurat, konsisten dan tetap terpercaya.

  • Availability

Pengertian availability adalah memastikan ketersediaan data. Dimana pengguna bisa mengakses data yang ingin dicari dengan lancar, mudah dan tanpa halangan.

Komponen Utama Cyber Security

komponen cyber security

Mambuat komponen cyber security yang sukses

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan beberapa komponen dibawah ini haruslah saling melengkapi untuk membuat cyber security yang sukses.

  • Pengguna

Orang yang menggunakan cyber security harus memahami atau mengetahui prinsip-prinsip dasar keamanan data. Seperti memilih kata sandi yang kuat, waspada terhadap email-email yang masuk dan mencadangkan data.

  • Kerangka Kerja

Sebuah perusahaan atau organisasi harus memiliki kerangka kerja tentang bagaimana mereka melakukan penanganan serangan siber. Kerangka kerja tersebut haruslah dicoba dan dibuktikan keberhasilannya. Hal ini berfungsi kedepannya bagaimana cara mengidentifikasi serangan siber, melindungi sistem, mendeteksi/merespon ancaman dan memulihkan data nantinya.

  • Teknologi

Penggunaan teknologi saat ini sangat penting untuk memberikan organisasi atau sebuah perusahaan alat cyber security yang dibutuhkan untuk melindungi diri dari serangan dunia maya.

Terdapat 3 intensitas utama yang harus dilindungi yakni komputer, perangkat pintar dan router. Teknologi umum yang digunakan untuk melindungi entitas ini termasuk firewall generasi berikutnya, pemfilteran DNS, perlindungan malware, perangkat lunak antivirus, dan solusi keamanan email.

Elemen dalam Sebuah Cyber Security

elemen cyber security

elemen utama cyber security

Cyber security acap kali melibatkan proses perlindungan digital, seperti perangkat lunak antivirus dan pembatasan hak istimewa pengguna. Selain itu, terdapat komponen fisik maupun offline yang membantu memastikan perlindungan lengkap terhadap berbagai ancaman.

Selain komponen-komponen disebutkan diatas, terdapat beberapa elemen-elemen utama dalam sebuah cyber security yang harus dipenuhi antara lain:

  • Application Security (Keamanan Aplikasi)

Mencegah data berupa kode-kode penting dalam sebuah perangkat lunak (baik yang sedang digunakan maupun yang sedang dikembangkan) agar tidak dicuri atau dibajak, seperti dengan pengujian penetrasi dan enkripsi.

  • Information Security (Keamanan Informasi)

Selain pencegahan peretasan, keamanan informasi juga sangat dibutuhkan. Melindungi data fisik dan digital dari akses dan manipulasi yang tidak sah, baik di tempat maupun melalui sistem jarak jauh.

  • Infrastructure Security (Keamanan Fasilitas)

Memastikan bahwa struktur dan fasilitas penunjang cyber security dapat diandalkan. Seperti jaringan listrik,dan pusat data dikendalikan aksesnya serta dijaga dari serangan fisik bahaya atau gangguan.

  • Network Security (Keamanan Jaringan)

Mengamankan jaringan komputer internal dari akses yang tidak sah, dengan alat seperti manajemen akses jarak jauh dan otentikasi dua faktor.

  • User Education (Pendidikan Pengguna/Karyawan)

Salah satu elemen penting dalam sebuah cyber security adalah memberikan informasi yang cukup kepada karyawan. Mengajari karyawan maupun pengguna mengenai cara terbaik untuk mengenali dan menghindari ancaman siber, seperti malware dan serangan phishing.

Jenis Cyber Security

jenis cyber security

Jenis cyber security untuk keamanan data

Cyber security memiliki beberapa jenis dan peranan yang penting. Berikut beberapa jenis cyber security yang digunakan untuk mengamankan data:

  • Network Security (Keamanan Jaringan)
  • Application Security (Keamanan Aplikasi)
  • Cloud Security (Keamanan Cloud)
  • Operational Security (Keamanan Operasional)

Peran Penting Cyber Security

peran penting cyber security

Peran penting cyber security dalam untuk melindungi pencurian dan kerusakan data

Salah satu peran penting cyber security adalah untuk melindungi pencurian dan kerusakan data. Seperti data-data sensitif, informasi pengenal pribadi, informasi kesehatan yang dilindungi, informasi pribadi, kekayaan intelektual, data, dan sistem informasi pemerintah dan industri.

Tanpa cyber security, organisasi maupun perusahaan tidak akan mampu mempertahankan diri dari berbagai penyalahgunaan data. Terlebih lagi, beragam platform seperti cloud dan lain-lain saat ini digunakan untuk menyimpan data-data pribadi.

Para pimpinan (khususnya perusahaan bisnis) tak hanya mengandalkan  aplikasi yang siap pakai seperti antivirus atau firewall sebagai cyber security. Mengingat, para penjahat siber saat ini sudah semakin tangguh dan canggih dalam melakukan kejahatan di dunia maya.

Manfaat Cyber Security bagi Pelaku Bisnis

Saat ini Cyber security memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga keamanan data dari serangan siber. Tak hanya sekedar masalah teknologi semata, namun cyber security telah merambah ke wilayah bisnis. manfaat cyber security bagi usaha individu maupun pelaku bisnis untuk meminimalisir serangan dan ancaman kebocoran data.

Oleh karena itu, memiliki pegetahuan mengenai cyber security merupakan sebuah keharusan. Mengikuti pelatihan mengenai keamanan data adalah salah satu cara untuk meningkatkan skill dan pengetahuan mengenai cyber security. 

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat