Pentingnya Customer Relationship Management - IDS Digital College

Pentingnya Customer Relationship Management

CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi. Membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, pelanggan yang puas dan loyal.

Tujuan dari Customer Relationship Management adalah untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang bagaimana kebutuhan dan perilaku pelanggan, untuk selanjutnya memberikan sebuah pelayanan yang optimal dan mempertahankan hubungan yang sudah ada.

Karena kunci sukses dari bisnis sangat tergantung seberapa jauh kita tahu tentang pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. Sulit bagi sebuah perusahaan untuk mencapai dan mempertahankan kepemimpinan dan profitabilitas tanpa melakukan fokus secara berkesinambungan yang dapat dilakukan pada CRM.

Customer Relationship Management  menjangkau banyak bidang dalam organisasi, termasuk :

  • Penjualan
  • Layanan Pelanggan
  • Pemasaran

Seiring dengan pesatnya teknologi IT di Indonesia yang bersinergi universal. Software As a Services (SaaS) base on cloud menjadi suatu kemajuan dan kebutuhan yang diperlukan oleh kalangan pebisnis. 

Dimana saat ini penggunaan internet suatu konsumsi baku dikalangan pebisnis, kondisi dimana menginginkan sesuatu serba cepat, flexible, online, update, kapanpun dan dimanapun.

Customer Relationship Management Salesforce.com menjawab semua tantangan tersebut, Aplikasi SaaS Customer Relationship Management (CRM) yang diciptakan oleh Marc Benioff sejak Februari tahun 1999 di Delaware Amerika Serikat. 

Salesforce.com  menyediakan segala kebutuhan untuk mengelola penjualan dan layanan (untuk semua pebisnis). Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Sistem Cloud, dengan beberapa fitur seperti :

  • Sales Cloud : Mampu memaksimalkan penjualan, meningkatkan pendapatan, produktivitas dan visibilitas dalam bisnis.
  • Service Cloud : Transformasi layanan pelanggan dan menciptakan hubungan yang baik dengan mereka.
  • Marketing Cloud : Memantau dan berpartisipasi dalam jejaring sosial.
  • Salesforce Platform and AppExchange : Membuat aplikasi sosial yang inovatif, mobile dan Real-Time pada platform yang dapat digunakan oleh lebih dari 100.000 pelanggan.
  • Salesforce Chatter : Membuat proses bisnis dalam hal social. Berkolaborasi secara Real-Time dari mana saja.

Di era sekarang ini terjadi persaingan yang sangat ketat antara perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Persaingan tersebut mendorong perusahaan untuk meningkatkan produk dengan mengelola hubungan dengan pelanggan secara teratur. 

Terlebih pada saat ini pelanggan bukan hanya melakukan transaksional biasa tetapi juga menginginkan yang lebih dari sebuah transaksi seperti pelayanan yang baik. 

Dengan kondisi seperti itu, perusahaan dapat menerapkan Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan kemajuan perusahaan dan mempertahankan perusahaan dari persaingan perusahaan lain.

Customer Relationship Management (CRM) cukup berperan besar dalam mengembangkan perusahaan untuk meningkatkan kemajuan perusahaan itu sendiri. Adapun pentingnya Customer Relationship Management bagi perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan nilai perusahaan

Nilai perusahaan yang akan meningkat karena dampak CRM seperti terjadinya peningkatan efisiensi operasional yang akan meminimalisir penurunan kualitas pelayanan sehingga dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik. 

Selain itu, CRM juga dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan. Dimana dengan CRM perusahaan dapat menjual atau melayani dengan biaya lebih murah dalam pemasaran sehingga lebih spesifik dan terarah. Hal tersebut secara langsung membuat perusahaan mendapatkan pendapatan yang lebih dari sebelumnya.

2. Mempertahankan pelanggan yang ada

Dimana pelanggan yang ada perlu dipertahankan agar tidak berpindah kepada perusahaan lain. Cara mempertahankan pelanggan yang sudah ada dapat dengan cara berkomunikasi yang baik pada saat proses transaksi maupun diluar proses transaksi. Selain mempertahankan pelanggan, CRM di suatu perusahaan akan terus berusaha mencari, dan meningkatkan pelanggan baru.

3. Membantu dalam mengembangkan produk

Dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan maka akan berpengaruh pada proses pengembangan produk. Dimana perusahaan dapat menggali informasi mengenai keinginan pelanggan. 

Selanjutnya hal tersebut dapat dijadikan bahan dalam mengkaji produk sebelumnya dan dikembangkan agar sesuai keinginan pelanggan. Sehingga meminimalisir terjadinya pelanggan beralih pada perusahaan lain karena merasa produk belum sesuai dengan yang diinginkan.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat