Pentingnya Sistem Informasi Manajemen di Dunia Kerja - IDS Digital College

Pentingnya Sistem Informasi Manajemen di Dunia Kerja

Pernah gak kalian bertanya? Bagaimana caranya sebuah perusahaan bisa sukses? Apa yang membuat nya sukses? Dan bagaimana caranya? Nah, ternyata jawabannya ada di bagian operasional perusahaan yang berjalan dengan baik, loh. 

Dan bagaimana cara operasional nya bisa berjalan? Yups, itu semua gak terlepas dari peran Sistem Informasi Manajemen. 

Dengan melakukan pengelolaan menggunakan sistem informasi manajemen, membantu kamu dalam menganalisis data yang diperlukan untuk melaksanakan fungsi manajemen. 

Dan setiap langkah dalam sistem ini akan memastikan informasi diolah dengan langkah dan software yang tepat untuk kemudian disajikan melalui cara yang mudah dipahami.

Sistem Informasi Manajemen ini tidak hanya untuk keuangan aja, loh. Tapi juga manajemen informasi membantu pengelola dalam mengumpulkan, menyimpan, hingga memperlihatkan data secara akurat. 

Tapi, apa si Sistem Informasi Manajemen itu? Apa Manfaatnya bagi perusahaan? Dan apakah Sistem Informasi Manajemen penting untuk perusahaan? 

Pentingnya Sistem Informasi Manajemen di Dunia Kerja

Apa Itu Sistem Informasi Manajemen?

Sistem informasi manajemen adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu lembaga yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur untuk memecahkan masalah. Sistem informasi manajemen ini menyediakan informasi yang bertujuan untuk mendukung operasional manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan. 

Nah, jadi jika sistem ini tidak berjalan atau tidak ada, maka akan ada masalah masalah yang akan timbul. Masalah ini tentunya bisa membuat sebuah perusahaan mengalami kerugian bahkan bangkrut.

Informasi yang tersedia, baik dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus, maupun dari data tersebut nantinya dapat digunakan pengelola perusahaan untuk proses analisis dan pemecahan masalah serta pembuatan kebijakan. Alasan lainnya memiliki peran penting dalam operasi sehari-hari sebuah perusahaan adalah karena sistem ini cocok dipakai oleh banyak orang.

Unsur-unsur Sistem Informasi Manajemen

Unsur-unsur sistem informasi manajemen dibangun untuk menghasilkan atau memperoleh informasi manajemen yang akan digunakan oleh para manajernya dalam pengambilan keputusan. Nah, berikut ini adalah unsur unsur Sistem Informasi Manajemen. 

  1. Pengumpulan Data

Komponen pertama dari sistem informasi manajemen adalah adanya pengumpulan data dari berbagai sumber internal dan eksternal organisasi. Dalam proses pengambilan data ini bisa dilakukan melalui sistem maupun manual. 

  1. Pengolahan Data

Setelah proses pengumpulan data, maka langkah selanjutnya adalah mengelola data tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengubah informasi menjadi data yang dibutuhkan. Pengolahan data dilakukan dengan kegiatan seperti menghitung, mengurutkan, mengklasifikasi, dan meringkas.

  1. Penyimpanan informasi

Setelah proses pengelolaan data, akan banyak data yang tidak diperlukan. Nah data tersebut biasanya tidak terpakai dan akan disimpan sebagai catatan organisasi untuk digunakan nanti. 

  1. Pengumpulan informasi

Unsur terakhir sistem informasi manajemen selanjutnya adalah menghimpun informasi. SIM mengambil informasi dari sumbernya saat dan ketika dibutuhkan oleh berbagai pengguna.

Pentingnya Sistem Informasi Manajemen di Dunia Kerja

Peran Penting Sistem Informasi Manajemen di Dunia Kerja

Mengapa sistem informasi manajemen merupakan hal penting dalam perusahaan? Pentingnya sistem informasi manajemen dalam perusahaan tidak terlepas dari hal hal yang bisa mempengaruhi kinerja perusahaan itu sendiri. Nah, apa saja peran penting sistem informasi manajemen dalam perusahaan? 

  1. Memudahkan koordinasi divisi

Seperti yang kita ketahui bahwasanya sistem informasi manajemen menyediakan layanan yang dapat dipakai sebagai dasar perencanaan, pengawasan, hingga pengarahan yang dilakukan pihak manajemen. 

Data data yang dihasilkan bisa digunakan oleh departemen atau divisi lain untuk menjalankan tugasnya. Pertukaran informasi antar divisi atau departemen seperti ini yang membantu pembentukan relasi sehat dalam menjalani usaha.

  1. Meningkatkan akurasi data

Data yang dihasilkan oleh sistem informasi manajemen ada banyak jenis nya, kuali dari administrasi, keuangan, pemasaran, hingga proyek dengan klien. Data yang telah dihasilkan tersebut kemudian harus dipantau dengan akurat, karena akan mempengaruhi keputusan yang penting untuk perusahaan. Dan sekarang sistem ini sudah didukung teknologi internet, sehingga semuanya bisa dilakukan secara realtime.

  1. Memperbaiki kualitas SD

Salah satu unsur penting bagi perusahaan adalah Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan mengenalkan sistem informasi manajemen kepada SDM, secara tak langsung meningkatkan kualitas mereka, terutama kalau SDM sebelumnya belum mengenal cara kerja sistem tersebut.

Perusahaan juga harus memberikan pelatihan sistem informasi manajemen yang berkaitan dengan usaha. Dengan begitu, SDM dapat beradaptasi cepat dengan teknologi tersebut dan mampu mengolah informasi untuk yang akan membantu memajukan perusahaan

  1. Mengurangi biaya operasional

Terkadang, ketika sedang bekerja akan ada kesalahan yang terjadi. Human error ini akhirnya akan berpengaruh pada penggunaan uang perusahaan. Maka dari itu memakai sistem informasi manajemen pun dianggap efektif untuk menekan human error. 

Berkurangnya kesalahan lantas akan meningkatkan produktivitas maupun kreativitas SDM. 

Nah, itulah alasan mengapa Sistem Informasi Manajemen di Dunia Kerja sangat penting, terkhusus bagi perusahaan. Kehadiran sistem ini akan membantu pengembangan usaha berbasis digital yang beberapa tahun terakhir melaju pesat. 

Sistem informasi manajemen memiliki beberapa manfaat dan fungsi penting secara khusus pada sebuah bisnis. Dalam menjalankan sistem ini juga diperlukan orang orang yang andal agar pengoperasionalan nya bisa berjalan dengan baik.

Sumber: Pentingnya Sistem Informasi Manajemen di Dunia Kerja

Posted in: News



    WhatsApp chat