Pentingya Membuat Viral Marketing Pada Sebuah Campaign - IDS Digital College

Pentingya Membuat Viral Marketing Pada Sebuah Campaign

Viral marketing adalah sebuah proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk memberikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang. Viral marketing berkembang melalui jaringan internet, yang menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak seperti cara kerja sebuah virus komputer. Karena itulah di dalam penggunaannya, viral marketing memerlukan koneksi jaringan internet.

Viral marketing bekerja dengan cara menyebarkan informasi melalui database pengguna internet yang telah terdaftar untuk digunakan secara massal. Misalnya dari situs web elektronik gratis seperti Yahoo, Hotmail, dan Gmail yang memberikan pelayan email gratis dan memberikan berbagai penawaran produk bersamaan dengan layanan email tersebut.

Bentuk strategi dari viral marketing ini merupakan strategi pemasaran modern yang menjanjikan ketenaran produk yang dipasarkan. Apalagi, masyarakat selalu terhubung dengan koneksi internet untuk mengakses fitur gratis.

Jika strategi viral marketing ini dilakukan dengan baik, maka akan dapat meningkatkan jumlah share, penayangan kampanye, keterlibatan audiens dan brand awareness.

Ide kreatif sangat diperlukan dalam jenis pemasaran ini karena pengguna internet cukup pintar dalam memilih konten yang murni sebagai informasi dan mana yang merupakan sebuah strategi bisnis atau iklan.

Viral marketing berfungsi untuk mendorong seseorang agar menyampaikan kembali pesan atau informasi produk secara kuat, berkala, dan berkelanjutan. Dengan cara tersebut, konsumen jadi memiliki daya ingat yang kuat terhadap produk yang ditawarkan.

Viral marketing sendiri sebenarnya mirip dengan strategi marketing dari mulut ke mulut, atau yang biasa disebut dengan word of mouth. Cara ini cukup efektif, mengingat kebanyakan masyarakat lebih mempercayai sebuah produk yang direkomendasikan dari teman atau orang terdekat lainnya.

Walaupun begitu penting untuk diingat bahwa dalam viral marketing ini, kontrol berada sepenuhnya di tangan pengguna sehingga ada risiko kampanye akan disalahartikan atau diparodikan. Oleh karena itu, brand harus bersiap dengan segala resikonya.

Laman Forbes menjelaskan lewat artikel yang ditulis oleh Mitch Joel, bahwa merek harus mem-publish lebih banyak konten untuk membuat sebuah viral marketing yang hebat. 

Konten-konten inilah yang kemudian menjadi pengulangan dalam memperkenalkan sebuah merek, dan membuat merek terus menempel di kepala.

Dengan demikian, banyak merek yang merasa pesimis karena tidak memiliki konsumen yang aktif menonton. Tentunya anggapan ini salah besar, karena strategi viral marketing tidak untuk mereka yang sudah menjadi konsumen tetap Anda.

Meskipun demikian  konsumen yang aktif menonton akan dapat mendongkrak jumlah like, komentar, dan viewers. Namun faktanya,viral marketing juga ampuh menarik khalayak – yang bukan konsumen tetap – untuk melihat konten Anda.

Viral marketing sangat penting pada sebuah campaign karena manfaat viral marketing yang bisa dirasakan oleh para perusahaan. Berikut ini adalah manfaat viral marketing pada sebuah campaign.

  • Ketika perusahaan tersebut bisa menciptakan pesan pemasaran yang viral, maka mereka akan mendapatkan awareness yang lebih besar lagi dan bisa mendapatkan keuntungan yang semakin tinggi lagi.
  • Jikalau memang Anda mau menjual sesuatu barang karena barang tersebut sedang viral, itu juga langkah yang tepat karena dengan demikian, maka semakin banyak orang yang memperhatikan barang yang Anda jual. Keuntungan pun bisa didapatkan lebih cepat.
  • Strategi pemasaran tidak bisa dilakukan jika tanpa adanya kreativitas. Maka dari itu, cobalah untuk berkreasi sebaik mungkin agar semakin banyak orang yang sadar tentang pesan pemasaran yang sedang dijalankan. Semakin kreatif akan menjadi lebih cepat terkenal. Jangan sampai lupakan kreativitas di dalam strategi viral marketing ini.

Untuk memberikan gambaran kepada anda tentang pentingnya viral marketing pada sebuah campaign, saya akan memberikan beberapa contoh dari perusahaan yang berhasil karena menggunakan viral marketing. 

1. Game Angry bird diunduh oleh 1 miliar pengguna

Pengembang Angry Bird yakni Rovio Entertainment telah berhasil membuat sekitar 52 game sebelum Angry Bird terkenal. Sayangnya tak ada satupun game tersebut yang berhasil terkenal. 

Pada tahun 2009 Angry Bird diperkenalkan di Inggris namun juga mengalami kegagalan. Rovio kemudian mengubah strategi marketing untuk mengenalkan game ini di wilayah yang lebih kecil yakni Finlandia. 

Tidak disangka selang tiga bulan kemudian Angry Bird telah banyak memiliki pengguna dan menjadi hits ke seluruh dunia dan membuatnya hampir diunduh oleh 1 miliar user. Ada beberapa penyebab yang membuat game Angry Bird ini menjadi begitu terkenal yaitu: 

  • Memulai kesuksesannya dengan wilayah yang kecil terlebih dahulu untuk membangun basis pengguna yang kuat 
  • Angry Bird memiliki konten game yang lucu dan mampu menghibur pengguna, diunduh dengan gratis dan bisa memainkannya di mana saja

2. Tantangan ALS ICE Bucket Challenge

Pada tahun 2014 lalu terdapat challenge yang menarik perhatian di media sosial dengan menyiramkan seember air es ke badan seseorang. 

Ternyata challenge ini diciptakan oleh asosiasi penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) yang bertujuan mulia untuk mengumpulkan sumbangan bagi penelitian penyakit ini setelah peserta turut melakukan challenge tersebut. 

Alhasil dari Juli hingga Agustus 2014 asosiasi ALS berhasil mengumpulkan sumbangan sebanyak USD 98.2 juta, padahal di tahun sebelumnya mereka hanya mendapat sumbangan sebesar USD 2.7 juta. 

Kenapa tantangan ini bisa viral? Ada berbagai penyebab yang membuat tantangan Ice bucket challenge ini viral. Pertama tantangan ini tidak biasa karena menantang orang menyiram badannya menggunakan es dan itu menjadi suatu hiburan tersendiri.

Kedua, banyak pengguna ingin melakukan tantangan ini karena mereka tahu upaya ini akan mendorong banyak orang mengetahui ALS yang pada akhirnya membantu menyumbang juga untuk asosiasi ini. 

Terakhir, karena banyaknya selebriti yang turut berpartisipasi dalam tantangan ini membuat challenge itu menjadi viral dan diikuti juga oleh para penggemar.   

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat