Temukan Ekstensi Visual Studio Code Terbaik - IDS Digital College

Temukan Ekstensi Visual Studio Code Terbaik Untukmu, Disini!

visual code

Sebagai developer atau programmer, kamu mungkin tidak asing dengan software code editor untuk membangun aplikasi. Salah satu software code editor terbaik dan paling umum digunakan adalah Visual Studio Code atau VSCode.

Visual Studio Code atau VSCode adalah editor kode gratis yang dapat dijalankan di banyak platform, sebut saja Windows, Linux, dan MacOS. Dirilis pada tahun 2015 oleh Microsoft, editor ini dapat membuat kode sumber berbagai bahasa pemrograman, seperti Java Script, Python, C++, dan lainnya.

Alasan lain mengapa Visual Studio Code banyak dipilih adalah karena Visual Studio Code memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh software lainnya. Salah satu dari fitur tersebut adalah ekstensi atau plugin.

Guna ekstensi atau plugin adalah untuk menambah kemampuan dukungan alur pemrograman. Dengan fitur ekstensi, pengguna dapat menambah kemampuan snippet code untuk bahasa pemrograman tertentu, tools, debuggers, tema warna, dan masih banyak lagi.

visual code

  • Live Server

Live Server yang telah diinstal lebih dari 15 juta pengguna ini, memungkinkan pembuatan server pengembangan lokal secara real-time. Pengguna tidak perlu lagi menggunakan xampp untuk menjalankan bahasa pemrograman di bawah server PHP.

Pengguna dapat menginstal ekstensi live server dengan masuk ke menu ekstensi di VSCode. Kemudian cari ekstensi Live Server dengan memasukkan keyword Live Server pada kolom pencarian. Setelah hasilnya muncul, klik tombol instal untuk menginstalnya.

  • Beautify

Beautify merupakan ekstensi VSCode yang berguna untuk memperbaiki format source code yang berantakan. Beautify juga dapat diandalkan untuk menyimpan project secara otomatis, beautify akan merapikan source code kamu.

  • Prettier

Ekstensi prettier sudah diinstal lebih dari 8 juta pengguna. Prettier berguna untuk hal pemformatan dan produktivitas. Prettier akan merapikan struktur kode dan menyimpannya secara otomatis setelah dibuat.

  • One Dark Pro

One Dark Pro telah diinstal lebih dari 7 juta pengguna di seluruh dunia. Ekstensi ini merupakan ekstensi yang berguna terkait dengan tampilan atau tema terkait source code project. Dengan ekstensi One Dark Pro pengguna dapat mempercantik tampilan dari teks editor project.

  • Auto Close Tag

Seperti namanya, ekstensi Auto Close Tag berfungsi untuk menambahkan penutup tag html, sehingga mempercepat proses pengembangkan yang kamu kerjakan. Selain itu, ekstensi ini juga berfungsi untuk memindahkan kursor di antara tag pembuka dan penutup, adanya shortcut keyboard dan command untuk menutup tag.

  • Auto Rename Tag

Seperti Auto Close Tag, Auto Rename Tag memiliki fungsi seperti namanya, mengganti nama pembuka atau penutup tag html jika terjadi perubahan di salah satunya. Ekstensi Auto Rename Tag dapat membantu pengguna membangun source code berjumlah besar.

  • CSS Peak

CSS Peak adalah ekstensi VSCode yang baik digunakan untuk web developer. Ekstensi ini memungkinkan pengguna untuk ‘mengintip’ (peek) gaya untuk sebuah class CSS, id, dan bahkan tag html. CSS Peak juga mendukung pengguna melacak definisi simbol.

  • GitLens

GitLens menggabungkan kemampuan Git dengan VSCode, memungkinkan pengguna memvisualisasikan pembuatan kode melalui Git. Gitlens berguna untuk memahami kode dengan lebih baik, sehingga pengguna dapat mempelajari siapa, mengapa, dan kapan kode diubah. Ekstensi GitLens juga memungkinkan untuk menjelajah histori dan evolusi codebase.

  • Icons

Icons memungkinkan pengguna membuat ikon deskriptif untuk membantu membedakan antara file dan folder. Ini dapat membuat kode lebih terlihat, sehingga memudahkan pekerjaan tim.

  • Relative Path

Relative Path adalah ekstensi VSCode untuk menulis statement penting. Pengguna dapat dengan mudah menggunakan Relative Path untuk file apapun menggunakan shortcut di dalam workspace. Alih-alih mencari lokasi file, pengguna hanya memerlukan nama file dan Relative Path, seperti namanya, akan memberikan jalur alternatif dari lokasi sekarang ke file target tersebut.

Itulah 10 rekomendasi ekstensi Visual Studio Code atau VSCode untuk developer atau programmer. Beberapa di antaranya sangat ramah digunakan bagi developer pemula. Kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kalau kamu masih memerlukan bantuan untuk meningkatkan kemampuan kamu, kamu dapat mengikuti kelas-kelas dari IDS. Yuk, cari tahu dan ikuti sekarang!  

visual code

Sumber: duniacoding.info

Posted in: News



    WhatsApp chat