Tips Lolos Magang Kampus Merdeka - IDS Digital College

Tips Lolos Magang Kampus Merdeka, Ini yang Perlu Kamu Persiapkan

Magang Kampus Merdeka, sudah tidak asing tentunya mendengar program tersebut bagi kalangan mahasiswa. Apalagi kamu yang sudah menginjak semester 5 atau lebih, magang menjadi hal yang paling penting. Saat magang adalah salah satu waktu kamu dapat mengasah hard skill maupun soft skill kamu juga mempraktikan ilmu-ilmu yang kamu dapat dari mata kuliah. Bahkan magang dianggap sebagai ajang mencari relasi.

Melalui program Kampus Merdeka diselenggarakan program magang bersertifikat yang bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa untuk lebih mendapat pengalaman kerja. Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) yang dilkakukan selama 1-2 semester ini juga memiliki proses seleksi baik secara administratif maupun akademik. Untuk itu IDS memberikan beberapa tips supaya kamu bisa lolos pendaftaran magang kampus merdeka.

  1. Percaya Diri Saja

percaya diri

Jika kamu baru kali ini melakukan magang, biasanya ada rasa tidak percaya diri apakah kamu mampu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan nanti. Sejujurnya kamu tidak perlu takut, karena kamu dapat menilai kemampuan yang kamu miliki adalah ketika kamu sudah menjalani program MBKM. 

Meski program Magang Bersetifikat Kampus Merdeka dimodifikasi seperti bekerja di perusahaan yang sesungguhnya, namun program ini bertujuan untuk melatih mahasiwa, maka dari itu percaya diri saja. 

  1. Sesuaikan dengan minat dan bakat kamu

sesuaikan dengan minat dan bakat

Ada banyak sektor industri yang disediakan Kampus Merdeka sebagai tempat magang. Magang Bersetifikat Kampus Merdeka dibuat agar mahasiswa dapat menambah pengetahuan dan pengalaman dalam dunia kerja. Dalam sebuah perusahaan tentu juga memiliki berbagai divisi. Untuk itu dalam memilih perusahaan dan divisi yang kamu inginkan harus disesuaikan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Agar magang yang kamu lakukan tidak sia-sia dan kamu bisa mengasah skill yang kamu miliki.

Bahkan kalau kurang jelas jangan takut untuk bertanya mengenai jobdesk divisi yang kamu pilih agar kamu memiliki pandangan tugas-tugas apa saja yang sekiranya akan kamu kerjakan.

  1. Pilih perusahaan yang kredibel

perusahaan kredibel

Waktu magang adalah saatnya kamu membangun relasi, dengan memilih perusahaan yang memiliki citra yang baik pada bidangnya tentu akan berpengaruh pada karir kamu kedepannya. 

  1. Buat CV dan Portofolio

cv

Pada penggunaannya kadang beberapa orang masih tertukar antara CV dengan resume. Curriculum Vitae (CV)  adalah adalah berkas yang berisi indentitas diri, daftar pendidikan, prestasi, pengalaman bekerja yang ditulis secara rinci namun tidak bertele-tele. Curriculum Vitae merupakan dokumen yang sangat penting ketika ingin melamar kerja, pembuatan CV juga memiliki trik khusus agar informasi yang berada di dalamnya cukup jelas. Untuk membuat CV sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu bagaimana membuat CV yang baik dan benar.

Sedangkan portofolio adalah kumpulan karya yang pernah kamu kerjakan, lebih baik bila kamu mencantumkan pencapaian yang kamu raih di dalamnya. Bentuk portofolio beragam dapat berupa video, foto, maupun dokumen tergantung karya yang kamu miliki. Menambah portofolio dalam berkas lamaranmu memang menambah nilai plus namun bukan berarti kamu tidak bisa mendaftar MBKM bila tidak memiliki berkas ini.

  1. Bersiap untuk Wawancara

wawancara kerja

Pada Magang Bersertifikat Kampus Merdeka juga dilakukan wawancara untuk proses seleksinya. Pertanyaan yang diajukan biasanya berupa alasan kamu melamar posisi yang kamu inginkan, mengapa memilih perusahaan sebagai tempat magang, juga alasan kenapa perusahaan tersebut harus menerimamu. Lebih baik lagi bila kamu mengetahui Strength (Kelebihan), Weakness (kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (ancaman) dalam diri kamu. Tahu apa SWOT kamu adalah keuntungan, karena perusahaan juga perlu tahu kelemahan atau sifat tidak baik yang kamu miliki agar perusahaan dapat menilai apakah kamu pantas ditempatkan di posisi yang kamu inginkan. 

Bagaimana, apakah kamu sudah siap mendaftar program Magang Kampus Merdeka? Sebaiknya kamu persiapkan diri mulai dari sekarang agar lolos magang di perusahaan impianmu.

Posted in: News



    WhatsApp chat