Waspada, Aplikasi Berbahaya untuk Handphone yang Menampilkan Iklan Agresif! - IDS Digital College

Waspada, Aplikasi Berbahaya untuk Handphone yang Menampilkan Iklan Agresif!

 

 

Pernah nggak kamu alami momen tiba-tiba muncul iklan di layar smartphone kamu?

 

Kamu mungkin berpikir bahwa mengunduh aplikasi melalui Google Play Store dan Apps Store akan selalu aman, namun sayangnya tidak semua developer memberikan produk terbaik mereka. Beberapa program bahkan bisa mengumpulkan data dari smartphone-mu, kemudian membagikan data personalmu dengan bebas. Lebih bahaya lagi jika mereka mampu mencuri uang dari m-banking atau e-wallet lainnya yang ada di smartphone-mu.

 

Selain aplikasi dengan bahaya pencurian data pribadi di atas, ada juga aplikasi yang dinilai berbahaya lantaran terus-menerus menampilkan iklan di layar smartphone kamu. Avast, sebagai salah satu perusahaan keamanan cyber di dunia melaporkan temuan tentang aplikasi berbahaya yang menampilkan iklan secara agresif dalam perangkat iOS dan Android.

 

Terdapat 7 aplikasi yang dilaporkan oleh Avast, dan beberapa dari aplikasi tersebut bahkan melakukan iklan penjualan sehingga meningkatkan banyak unduhan yang mereka dapatkan. Beberapa aplikasi tersebut adalah:

1. Ultimate Music Downloader – Download Music Apps
2. 666 Time
3. Shock My Friend Tap Roulette
4. Themezone – Shawky App Free
5. Themezone – Live Wallpapers
6. Shock My Friends
7. Shock My Friend – Satuna

 

Ketujuh aplikasi tersebut dilaporkan menyimpan virus trojan dan telah dilaporkan juga telah dihapus dari App Store dan Google Play Store. Avast menjelaskan aplikasi-aplikasi tersebut menargetkan pengguna yang mudah tergiur dengan games, wallpaper dan aplikasi untuk mendownload lagu. Mereka melakukan penipuan dengan memasang tarif mulai dari USD 2 – USD 10, namun dengan layanan yang tidak maksimal. Dilaporkan juga aplikasi di atas telah menyebabkan iklan muncul terus menerus sehingga smartphone mereka tidak berhenti bergetar.

 

Temuan tentang aplikasi ini didapat dari seorang gadis asal Ceko yang masih berusia 12 tahun.  Ia mendapati aplikasi mencurigakan yang viral di TikTok dengan unduhan sebanyak 2,4 juta kali dan diperkirakan telah meraup keuntungan hingga USD 500,000. Rupanya gadis ini adalah salah seorang partisipan dalam proyek Be Safe Online yang diprakarsai oleh Avast.

 

Mengingat begitu banyaknya pengembang aplikasi yang bisa memasang produknya di Google Play Store dan Apps Store dengan mudah, dan begitu banyaknya aplikasi yang dibuat setiap harinya. Google tidak selalu bisa melacak dan memeriksa keamanan dari semua aplikasi baru. Jadi sangat penting untuk berhati-hati dalam memilih aplikasi apa yang akan kamu instal di perangkat smartphone-mu.

 

Avast memberikan saran kepada pengguna android untuk mengetahui bagaimana mengidentifikasi aplikasi berbahaya, berikut adalah caranya:

 

1. Cek Kesalahan Penulisan di Nama dan Deskripsi Aplikasi 

Pengembang aplikasi palsu biasanya sering bermain cepat dan tidak memperdulikan deskripsi mereka. Biasanya mereka juga akan memalsukan nama mereka mirip dengan pengembang asli, jadi periksalah.

 

2. Baca Review

Jika review jelek namun aplikasi memiliki bintang 4-5 maka dicurigai aplikasi itu berbahaya.

 

3. Lihat di Status Download

Jika aplikasi populer namun tidak ada yang mengunduh maka bisa dipastikan palsu, jika statistik unduhan buruk kemungkinan aplikasi tersebut tidak diminati.

 

4. Lihat Pada Pengijinan Perangkat

Jangan terlalu cepat menyetujui pemberian izin penggunaan, karena bisa menyebabkan penyerahan kontrol kepada agen yang tidak diinginkan. Luangkan waktu sedikit lama untuk memeriksa daftar izin sebelum memulai menginstal.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat