Work From Home Makin Produktif dengan & Aplikasi Berikut! - IDS Digital College

Work From Home Makin Produktif dengan & Aplikasi Berikut!

Wabah virus corona kian menjadi-jadi. Hampir seluruh dunia terkena imbas dari virus mematikan ini. Angka penyebaran juga semakin meninggi, termasuk di Indonesia. Untuk mengurangi peningkatan penyebaran virus, pemerintah meminta masyarakat untuk melakukan social distancing. Hal tersebut yang menjadi alasan beberapa perusahaan memberlakukan sistem kerja dari rumah atau work from home. Nah, bagi kamu yang tengah bekerja dari rumah, jangan buru-buru mager ya, karena ada aplikasi yang bisa membantu WFH kamu jadi lebih produktif. Simak yuk!

1. Skype for Business
Meski kerja di rumah, komunikasi antar kolega harus tetap berjalan demi menunjang keberlangsungan bisnis. Tak harus bertemu langsung, kamu bisa bertatap muka lewat panggilan video. Salah satu aplikasi yang membantu saat WFH ini adalah Skype for Business. Aplikasi tersebut dapat menunjang panggilan suara, video, hingga pengiriman file ke orang banyak. Skype for Business juga bisa menjadi ruang rapat yang dapat digunakan hingga 250 orang.

2. Google Hangout Meet
Aplikasi untuk WFH berikutnya ada Google Hangout Meet yang merupakan fitur dari Google. Platform ini juga bisa menampung hingga 250 orang untuk melakukan rapat secara online. Menariknya, Google Hangout juga dapat melakukan live streaming hingga 100 ribu penonton. Nah, aplikasi penunjang aktivitas kerja di rumah ini bisa mengakomodir perusahaan skala nasional. 

3. Google Drive
Kehadiran Google Drive memang sangat membantu karyawan yang bekerja di dalam bidang manajemen olah data. Begitu pula dengan bidang administrasi penjualan, hingga desain grafis. Google Drive ini sendiri merupakan layanan penyimpanan berbasis cloud milik Google. Banyak tool penting yang memungkinkan pengguna dapat berbagi data dengan orang lain. Menariknya, pengaksesan aplikasi ini bisa dari mana saja dengan berbekal smartphone atau laptop. Pastinya, aplikasi ini sangat membantu untuk menunjang aktivitas WFH.

4. VPN atau Virtual Private Network
Aplikasi yang membantu saat WFH tak hanya layanan penyimpanan data atau ruang meeting online saja. Ada juga aplikasi yang berfungsi sebagai pengaman jaringan pribadi saat di rumah. Apalagi kalau bukan VPN atau Virtual Private Network tidak akan membuat kamu was-was saat mengakses data perusahaan. VPN ini bertugas mengenkripsi jaringan sehingga tidak mudah bocor di tangan orang lain. 

5. Workplace by Facebook
Pernah dengar aplikasi satu ini? Yap, Workplace by Facebook memang mengambil pasar kalangan korporasi atau profesional sehingga namanya tidak begitu populer. Namun, tool yang disediakan oleh aplikasi ini sangat membantu dalam menjalankan aktivitas saat bekerja di rumah. Mulai dari pengiriman data hingga komunikasi antar kolega demi memperlancar berjalannya aktivitas bisnis.

6. Whatsapp
Berikutnya ada Whatsapp yang juga sangat membantu dalam menjalankan pekerjaan kantor di rumah. Aplikasi ini sangat memungkinkan kamu untuk melakukan meeting online dengan memakai panggilan video. Pun kapasitasnya terbatas, kualitasnya sangat menakjubkan. Kamu juga bisa mengirim file dokumen dengan mudah tanpa butuh waktu yang lama. 

7. Slack atau Microsoft Teams
Aplikasi untuk WFH yang bisa mengakomodir pengiriman dokumen adalah Slack atau Microsoft Teams. Aplikasi ini cukup populer lantaran memiliki tool canggih yang bisa menggantikan peranan email dalam berkomunikasi. Slack juga dapat menciptakan grup sesuai dengan kebutuhanmu. Menariknya, aplikasi ini bisa berintegrasi dengan aplikasi lain. Kamu juga bisa dengan mudah menggunakannya karena terdapat versi mobile-nya.

Tak hanya memperlancar urusan pekerjaan, hadirnya aplikasi yang membantu saat WFH di atas juga dapat membuat kamu nyaman bekerja di rumah.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat