10 Perusahaan Teknologi Raksasa dengan Nilai Tertinggi, Ada yang Capai 1 Triliun Dollar! - IDS Digital College

10 Perusahaan Teknologi Raksasa dengan Nilai Tertinggi, Ada yang Capai 1 Triliun Dollar!

Sejauh ini, dunia teknologi terus didominasi oleh raksasa Amerika. Buktinya, empat perusahaan AS telah mencapai angka ajaib $1 triliun nilai pasar. Google termasuk salah satu perusahaan yang ikut bergabung dengan Apple, Microsoft, dan Amazon.  Tak heran bahwa namanya masuk ke dalam daftar 10 perusahaan teknologi teratas di seluruh dunia dalam nilai pasar. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama perusahaan ini. Apa saja? berikut listnya.  

 

1.  Apple

Raksasa teknolog yang berbasis di Cupertino yaitu Apple berhasil mempertahankan posisi teratasnya dengan nilai pasar $1,38 triliun. Meski kondisi perusahaan ini sempat stagnan, namun Apple terus tumbuh dengan menciptakan inovasi di dunia teknologi. 

 

2.  Microsoft

Microsoft terus kembali menciptakan produk intinya berkali-kali. Hal tersebut juga tercermin dari nilai pasarnya yang terus meningkat. Windows-maker berada di urutan kedua dalam daftar dengan kapitalisasi pasar $1,27 triliun.

3.  Google

Siapa yang tak mengerti Google? Alphabet, sebagai perusahaan induk dari Google memiliki nilai pasar $1 triliun. Tidak hanya Google, Alphabet juga memiliki Google X sebagai proyek “moonshot“-nya. 

 

4.  Facebook

Selanjutnya ada Facebook dengan nilai pasar mencapai $1 triliun. Namun, saat ini nilai pasarnya berada di angka $632 miliar. Meski terlibat dalam satu skandal privasi, tampaknya hal tersebut tidak berpengaruh pada saham Facebook. Facebook juga memiliki nilai jual dan diperdagangkan pada $221,77 sedikit di bawah puncaknya yaitu $222,63.

 

5.  Tencent 

Tencent Holdings, adalah perusahaan non-AS pertama konglomerat Tiongkok yang berada di daftar ini dengan kapitalisasi pasar sebesar $490 miliar. Tencent jadi salah satu perusahaan game terbesar di dunia dan memegang hak China atas beberapa waralaba populer seperti Star Wars atau James Bond.

 

6.  Samsung

Samsung sebagian besar dikenal akan produk elektroniknya, tetapi konglomerat Korea memiliki kepentingan di seluruh industri di Korea Selatan. Nilai pasarnya dipatok sebesar $350 miliar.

 

7.  Intel

Intel merupakan salah satu pembuat chip terbesar dunia. Saat ini memiliki nilai pasar $259 miliar. Meski telah menyaksikan persaingan ketat dari AMD di masa lalu, chip X86-nya terus menguasai sekitar 80% komputer di seluruh dunia.

 

8.  Cisco 

Nilai pasar Cisco saat ini mencapai $208 miliar. Ia dikenal dengan perlengkapan jaringannya yang memenuhi kebutuhan konsumen serta pelaku industri. Dengan produk Internet of Things (IoT) yang diharapkan menjadi lebih umum dalam beberapa dekade ke depan, mungkin ada alasan yang baik bagi Cisco untuk meningkatkan nilainya.

 

9.  Oracle

Oracle dikenal dengan sistem manajemen database dan produk perangkat lunak perusahaan. Saat ini, nilai pasarnya mencapai $177 miliar dan tumbuh pada tingkat yang layak sebesar 14% tahun ke tahun.

 

10.  IBM

IBM termasuk perusahaan tertua yang ada di daftar ini. Berdiri sejak tahun 1911, IBM memiliki nilai pasar $122 miliar. IBM menjual bisnis komputer konsumen ThinkPad yang populer ke Lenovo pada tahun 2005. Sekarang, bisnis utamanya meliputi computing cloud, artificial intelligence, IoT, dan infrastruktur internet.

 

Itulah beberapa perusahaan yang memiliki nilai pasar tinggi. Pasti kamu sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama-namanya. Karena sangat akrab di kehidupan kita sehari-hari, jadi tidak mengherankan jika mereka punya nilai pasar tinggi. Kamu yang tertarik sama dunia startup bisa mempelajarinya dari sekarang. IDS Digital Collage menawarkan program seperti Software Engineering, Cyber Security, hingga Mobile Apps & Games Development. Kamu akan dibekali pengetahuan terkait dunia internet, software, dan banyak lagi. Tertarik untuk daftar?

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat