Trik Jitu Merancang Detection dan Response untuk Cegah Cyber Attack - IDS Digital College

Trik Jitu Merancang Detection dan Response untuk Cegah Cyber Attack

Saat ini dunia internet dan teknologi berkembang sangat pesat dan membawa banyak kemajuan juga perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya teknologi digital dan internet, serta era komputasi, segala hal jadi lebih mudah dikerjakan. 

 

Namun perkembangan ini juga membawa banyak perubahan dalam bentuk kejahatan juga.. Saat ini kejahatan tidak hanya terjadi di dunia nyata saja, tapi juga terjadi di dunia maya atau yang biasa kita sebut dengan cyber crime. Karena itu kamu harus bisa mengantisipasi cyber attack dengan detection dan response. 

 

Karena Indonesia berada di posisi tertinggi sebagai negara yang memiliki resiko tinggi untuk terkena cyber crime. Dilansir dari itgid, hal itu terjadi karena banyaknya hacker dan serangan hacker di Indonesia. Selain itu Indonesia juga belum memiliki landasan hukum yang tegas dalam mengadili kejahatan cyber. 

 

Terlebih selama pandemi ini hampir semua kegiatan dilakukan via jarak jauh yang artinya banyak yang melakukan transaksi, transfer data dan lainnya menggunakan internet. Artinya akan semakin banyak peluang bagi hacker untuk melakukan kejahatannya. Data yang diambil bisa mereka gunakan untuk memeras pemilik data atau menjualnya di situs ilegal, bahkan deep web. 

 

Data-data seperti informasi pribadi hingga rahasia perusahaan rentan terkena hacking. Selain itu jika sebuah perusahaan atau organisasi tidak memiliki cyber security yang kuat, maka akan semakin mudah menjadi sasaran para hacker untuk melakukan kejahatan. Selain bisa menyebabkan kebangkutran, pada kasus terburuknya akan menyebabkan perusahaan atau organisasi itu mati

 

Biasanya cyber attack akan menembus pertahan sistem yang bisa merugikan banyak orang, mulai dari perusahaan, organisasi hingga individu. Karena cyber attack yang dilakukan melalui beragam cara, maka kamu harus lebih memperhatikan sistem keamanan digital yang ada. 

 

Cyber attack paling mudah dilakukan lewat email atau pesan yang mengarahkanmu untuk mengklik sebuah link yang bisa membuat sistem dan server mudah untuk di hack. Tidak hanya email, hacking dan serangan siber lainnya bisa juga dilakukan lewat celah keamanan apa saja yang ada di sistem operasi, aplikasi, software dan lain sebagainya. 

 

Karena itu jika kamu memiliki perusahaan atau organisasi sangat penting untuk menyewa cyber security agar sistem, cloud dan server mu selalu aman dari serangan siber. Dengan adanya cyber security yang menjaga keamanan sistemmu, maka mendeteksi cyber attack dari para musuh akan lebih mudah dibanding tidak memiliki cyber security sama sekali. Biasanya mereka akan memberikan keamanan lebih atau layer security pada empat tempat yang rentan terkena cyber attack, yaitu email, network, endpoint dan server. 

Baca Juga : Mengenal Apa Itu ‘Threat Intelligence’ Dalam Cyber Security

Setelah memberikan perlindungan di 4 layer proteksi tadi, mereka bisa mulai mendeteksi serangan apa yang masuk, lalu menentukan langkah selanjutnya untuk merespon agar tidak terjadi kerusakan atau kerusakan yang dialami bisa diminimalisir. Cyber security yang terlatih bisa memberikan keamanan dengan melakukan proteksi, detection dan response yang tepat di waktu yang tepat. 

 

Ingin bekerja di bidang cyber security? Kamu bisa kuliah sambil kerja dengan mengambil jurusan Sistem Informasi atau jurusan Teknik Informatika di IDS Digital College!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat