5 Mata Kuliah Paling Susah di Bidang Ilmu Komputer - IDS Digital College

5 Mata Kuliah Paling Susah di Bidang Ilmu Komputer

 

Kebanyakan orang berfikir jika pelajaran di bidang computer science atau ilmu komputer itu susah dan ini benar adanya. Jika menurut orang awam ilmu komputer itu susah, mahasiswa jurusan ini justru punya kriteria sendiri, mata kuliah seperti apa yang mereka anggap susah. 

Hmm, kira-kira mata kuliah apa sih yang paling susah di bidang Ilmu Komputer? Simak jawabannya di bawah ini:

 

1.  Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) masuk ke dalam daftar subjek bidang di ranah Ilmu Komputer yang paling susah untuk dikerjakan. Karena di bidang ini fokus memberikan pembelajaran kepada para murid tentang bagaimana memprogram intelligent machines. Intelligent machines diprogram untuk bisa berpikir dan bergerak seperti manusia sungguhan. Intelligence machine harus memiliki ciri khusus yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah. Ciri khusus yang dimaksud ini meliputi kemampuan belajar, bernalar, menerima dan memahami perubahan dalam berbagai situasi yang ada. 

 

Karena pemograman ini membutuhkan pendekatan yang kompleks, dimana kamu harus menggabungkan berbagai macam disiplin bidang dari ilmu komputer untuk memahami dan bisa mengimplementasikan teori dari AI, mulai dari bidang programing, mathematics, psikologi, linguistik hingga database management. Terlebih lagi, AI akan terus selalu berkembang dengan pesat dan menjadi high demand. 

 

 

2.  Teori Komputasi

Sebagai seorang yang berkecimpung di bidang ilmu komputer, kamu tidak hanya harus bisa menyelesaikan masalah tentang komputer namun juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang bagaimana komputer dalam menangani beberapa situasi. Teori Komputasi merupakan topik di Ilmu Komputer yang mengelaborasi tentang bagaimana masalah bisa diselesaikan menggunakan algoritma khusus dan model komputasi. 

 

Pada dasarnya teori komputasi dibagi menjadi tiga cabang, teori komputabilitas, teori automata dan teori kompleksitas. Semua cabang teori ini akan membekali kamu pengetahuan tentang cara mengeksplor keterbatasan dan kemampuan dari sebuah komputer. 

 

 

3.  Microprocessors 

Salah satu pelajaran yang paling sulit lainnya adalah Microprocessors atau yang biasa disebut logic chips dan mesin komputer. Tipikal Microprocessors biasanya berisi semua fungsi unit pemrosesan pusat dimana ia melakukan fungsi aritmatika dan logika dari sebuah komputer. Kamu akan belajar tentang bagaimana Microprocessors  berfungsi hingga mencoba membuatnya juga. Karena pelajarannya Microprocessors  lumayan luas dan sangat teknikal, inilah yang membuat banyak orang menganggap Microprocessors  merupakan topik pembelajaran yang susah. 

 

 

4.  Advanced Database Systems

Memang tidak terlalu susah memahami tentang fundamental dari database, tapi untuk memahami advance database system sedikit sulit meskipun itu juga mengcover fundamental dari database system, hanya saja pembahasannya dibuat lebih mendalam untuk mencakup konsep database yang advanced dan sophisticated. 

 

Advance database system atau sistem data lanjutan ini biasanya melampaui penggunaan bisnis biasa. Mereka digunakan untuk mengelola data dalam aplikasi yang kompleks terutama dalam teknologi baru. Meskipun mencakup konsep yang paling canggih, bidang ini juga mencakup dasar-dasar sistem database. 

 

 

5.  Compiler Design 

Compiler design juga termasuk mata kuliah paling susah di Ilmu Komputer. Hal ini dikarenakan compiler merupakan program yang meng-convert program yang ditulis dalam high language ke dalam mesin language. Pembelajaran ini membutuhkan informasi mendalam mengenai keseluruhan proses penerjemahan dan pengoptimalan. 

Baca Juga : UMKM Dapat Perlindungan Dari GCA Dengan Cyber Security Toolkit

Kamu akan belajar tentang mekanisme penerjemahan dan deteksi error selama proses kompilasi. Kamu juga akan belajar tentang analisis leksikal dan sintaksis selama pembuatan kode. Bidang ini dianggap susah karena kamu harus mahir dalam coding, dan memiliki pemahaman yang baik tentang bahasa pemrograman. 

 

Tertarik untuk belajar tentang Ilmu Komputer? Yuk kuliah di IDS College aja. Ada jurusan Software Engineering, Cyber Security hingga Mobile Apps & Games Development yang bisa dipilih sesuai passionmu!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat