Mengenal Apa itu Duckduckgo, Mesin Pencari Saingan Google yang Peduli Privasi User-nya - IDS Digital College

Mengenal Apa itu Duckduckgo, Mesin Pencari Saingan Google yang Peduli Privasi User-nya

Saat ini, Google merupakan salah satu mesin pencari paling populer. Namun, bukan berarti tidak memiliki pesaing. Mungkin keberadaan Bing atau Yahoo lumayan sering kamu dengar. Bagaimana dengan Duckduckgo? Mesin pencari satu ini jadi pilihan alternatif pengguna Google lewat beberapa fitur yang ditawarkan, terutama terkait privasi pengguna selama online. Buat kamu yang penasaran, simak informasinya yuk!

 

Melindungi Privasi Pengguna Secara Eksklusif 

Duckduckgo memiliki keistimewaan yaitu tidak akan melacak aktivitas penggunanya. Search engine satu ini tidak menggunakan cookie, tidak mengumpulkan alamat IP, serta tidak mengharuskan penggunanya untuk membuat profil pribadi. 

 

Keunggulan lainnya yaitu kamu bakal terhindar dari filter bubble yang umumnya dipakai sebagian besar search engine. Jika melakukan pencarian menggunakan Duckduckgo, kamu akan memperoleh hasil rekomendasi yang sama persis dengan pengguna lainnya. Namun, hasilnya akan berbeda jika menggunakan mesin pencari lain. Informasi yang muncul akan disesuaikan dengan riwayat pencarian masing-masing penggunanya. 

 

Kelebihan Duckduckgo

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Duckduckgo menawarkan fitur penjagaan privasi yang ketat dan menghindari penggunanya dari filter bubble. Ternyata, masih ada keunggulan lain yang dimiliki beserta kekurangannya. Apa saja? Simak penjelasan berikut:

 

1. Tidak Memiliki Banyak Iklan

Duckduckgo meminimalkan tampilan iklan ketika melakukan pencarian. Iklan yang muncul juga telah difilter hanya berdasarkan kata kunci yang diinput oleh user, bukan berdasarkan profil pribadi atau riwayat pencarian sebelumnya. Kamu pun jadi lebih nyaman. 

 

 

2. Punya Fitur !bangs

 

Buat kamu pengguna Google, mungkin asing dengan fitur !bangs karena hanya bisa ditemukan di mesin pencari Duckduckgo. Ini merupakan shortcut buat mempermudah penggunanya dalam memberikan hasil pencarian secara langsung dari website yang dituju. Tanda seru (!) sengaja digunakan untuk memberitahu Duckduckgo bahwa pengguna ingin melakukan pencarian di halaman website tertentu. Misalnya, ketika kamu mengetik “!buzzfeed Spiderman” pada kolom, maka akan muncul artikel terkait Film Spiderman. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk mencari produk. 

 

 

3. Tidak ada Google Remarketing

 

Ketika berkunjung ke beberapa website, apakah kamu pernah menjumpai iklan yang sama? Istilah itu disebut dengan Google remarketing atau retargeting. Tapi, itu tidak bisa kamu temukan jika melakukan pencarian melalui Duckduckgo. Tak perlu lagi merasa terganggu akan iklan-iklan tersebut karena secara otomatis, riwayat pencarianmu tidak akan tersimpan. 

 

Kekurangan Duckduckgo

Cukup dengan keunggulan yang dimilikinya, saatnya beralih ke kekurangan Duckduckgo, di antaranya: 

 

 

1. Fitur Terbatas

 

Jika dibandingkan dengan fasilitas lainnya, fitur di Duckduckgo jauh lebih sedikit. Fitur Google seperti, Google Maps, Google Flights, Google Finance, serta Google Books belum dimiliki Duckduckgo hingga saat ini.

 

 

2. Mengumpulkan Informasi Secara General

 

Fitur Duckduckgo yang tidak menyimpan riwayat pencarian penggunanya membuat hasil pencarian kurang akurat karena informasi diperoleh secara general. Berbeda dengan Google, yang meningkatkan layanan dan user experience pengguna biar mendapat hasil pencarian sesuai dengan minat atau profil pengguna. 

 

Dibalik keunggulan dan keistimewaan yang ditawarkan Duckduckgo, juga terdapat kekurangannya. Hal tersebut sangatlah wajar karena setiap mesin pencarian pasti memilikinya. Kamu yang tertarik untuk mendalami ilmu terkait search engine development, bisa mengambil program Mobile Apps & Games Development di IDS Digital College. Cabang peminatan dari Informasi Teknologi menghadirkan mata kuliah yang akan membimbingmu untuk siap masuk ke dunia kerja. Jenjang karirnya juga beragam, mulai dari App Designer/Developer, Ecommerce Developer, Game Designer, dan masih banyak lagi. Daftarkan dirimu dari sekarang, yuk!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat