3 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Membangun Game! - IDS Digital College

3 Hal yang Perlu Kamu Siapkan Untuk Membangun Game!

Fenomena game online kini banyak sekali digandrungi oleh anak-anak muda di indonesia. Demam game online melanda banyak kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Para gamer di Indonesia jumlahnya terus bertambah. Perkembangan itu tak terlepas dari peran kecanggihan dari smartphone saat ini. 

Terus berkembangnya smartphone dengan kecanggihannya masing-masing memudahkan para pengguna smartphone untuk bermain game. Tren yang sempat ramai dimainkan oleh masyarakat Indonesia adalah Pokemon Go, Clash of Clan, Clash Royale, Mobile Legend dan masih banyak lagi.

Minat anak muda untuk bermain game yang semakin tinggi, tak sedikit orang yang mencoba membuat game sendiri. Walaupun banyak jenis games yang dapat dicari dan didownload di Google Play Store secara gratis.

Ternyata hanya berbekal dengan smartphone Android, kamu juga bisa membuat game sendiri. Tidak perlu keahlian khusus, bahkan beberapa cara membuat game Android tidak membutuhkan coding. Jadi kamu bisa game kamu sendiri dengan bebas berkreasi.

Berikut adalah 3 hal yang perlu kamu siapkan untuk membangun sebuah game.

1. Lakukan Riset & Konseptualisasi Game Anda

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk membuat game adalah merenungkan tipe game apa yang anda ingin buat. Lakukan riset dan cari tahu ketrampilan apa yang anda butuhkan untuk menjadikan game ini kenyataan. Perhatikan juga fitur apa yang akan anda bangun dalam game ini.

Jika anda serius untuk belajar cara buat game, maka ada beberapa kursus yang dapat anda ambil. Sebagai contoh, jika anda tertarik membuat game 2D Role-Playing, dianjurkan untuk belajar cara membuat game 2D dalam kursus Unity ini.

Atau, kalau kamu merupakan penggemar game “The Legend of Zelda”, Panduan Lengkap untuk Membuat Video Game seperti “The Legend of Zelda” sangat direkomendasikan. Kursus ini akan mengajarkanmu cara membuat game RPG sederhana dengan Unity dan Blender. Dengan mengambil kursus ini kamu akan memperoleh keahlian Unity, C# dan Blender secara sekaligus!

2. Buatlah Sebuah Dokumen Desain

Setelah anda membuat konseptualisasi dari tampilan yang anda inginkan, maka anda harus membuat sebuah dokumen desain. Bagi kebanyakan orang, dokumen desain adalah sebuah garis besar singkat dari sebuah game, seperti misalnya konsep tampilan, serta apa yang harus anda lakukan untuk membuat game tersebut.

Ketika anda membuat sebuah dokumen desain, pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Keterampilan yang anda miliki. Anda mungkin harus membayar mahal untuk mempekerjakan orang lain karena anda tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan.
  • Bahasa yang akan anda gunakan. Poin ini akan membantu anda membuat spesifikasi proses pembuatan game.
  • Tampilan serta fitur game tersebut.
  • Apakah anda ingin menambahkan update dan fitur baru di masa depan. Jika iya, maka anda harus memperkirakan apa saja yang harus dilakukan.

Setelah anda menyusun dokumen desain, maka waktunya anda terjun dalam bahasa pemrograman!

3. Menentukan Software

Langkah terakhir yang anda butuhkan agar game anda dapat bekerja dengan baik adalah menentukan software. Beberapa game Android tidak membutuhkan software yang spesifik. 

Anda malah mungkin hanya membutuhkan editor dan compiler saja. Di sisi lain, beberapa game membutuhkan software spesifik untuk membuat desain dan gambar 3D. Software ini mahal sehingga anda harus mengatur ulang budget anda.

Anda juga membutuhkan komputer dengan prosesor yang berkualitas dan RAM yang besar untuk dapat menjalankan software yang dibutuhkan untuk membuat game.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat