3 Tips Untuk Wawancara Kerja Profesi IT - IDS Digital College

3 Tips Untuk Wawancara Kerja Profesi IT

Profesi IT kini menjadi semakin populer dengan seiring berkembangnya teknologi dan dunia digital. Profesi ini diminati banyak orang karena menawarkan gaji yang relatif tinggi. Saat ini profesi dibidang IT ini memiliki demand yang tinggi dan dibutuhkan dimana-mana, sehingga memiliki cakupan lapangan kerja yang luas. 

Banyaknya perusahaan startup baru yang membuat profesi ini semakin diminati, ditambah banyak perusahaan yang tidak mengharuskan kamu menjadi seorang lulusan IT untuk bisa bergabung dengan mereka. Hal yang diutamakan adalah skill, dan pengalaman di bidang programing

Apakah kamu ingin menjadi seorang yang bekerja dibidang IT secara profesional? Dan dalam waktu dekat akan melakukan wawancara kerja untuk profesi ini? Jika iya, simak yuk 3 tips berikut yang bisa kamu terapkan saat wawancara nanti. 

1. Ceritakan Pengalaman
Hal yang paling dicari dari sebuah perusahaan dalam mencari karyawan baru adalah pengalaman. Calon karyawan yang memiliki pengalaman mendapatkan nilai lebih dari para HRD. Baik yang merupakan lulusan jurusan IT ataupun yang hanya belajar dari kelas online dan pernah berpartisipasi dalam mengerjakan suatu proyek programming baik untuk pembelajaran maupun kerja sampingan. 

Ceritakan semua proyek yang pernah kamu lakukan secara detail dari awal hingga akhir bagian, contoh permasalahan dan cara menyelesaikannya. Bisa juga jelaskan langkah dan strategi yang kamu gunakan untuk menyelesaikan project tersebut. Jangan lupa sertakan alasan mengapa menggunakan strategi tersebut dan sebutkan pengalaman apa yang kamu dapat dari menggunakan strategi itu. Apakah strategi yang kamu gunakan berhasil secara baik dan membuat kemampuan analisismu dalam menyelesaikan permasalahan  meningkat. 

2. Apakah mengikuti perkembangan atau tren saat ini?
Pertanyaan ini sering disebutkan saat wawancara, hal ini untuk mengukur seberapa tertarik kamu dengan dunia luar dan seberapa tahu kamu tentang perkembangan zaman atau isu-isu terbaru yang ada. Menyukai atau mengikuti perkembangan fashion, sosial media, kuliner, hobi dan lainnya yang menurutmu tidak ada kaitannya dengan dunia IT tidak adakah  mengurangi satu nilai pun tentang dirimu di mata HRD. 

Jika kamu bisa menjelaskan secara baik dan rapi tentang tren saat ini yang kamu ketahui dengan penjelasan yang rapi, bisa memberikan nilai tambah pada dirimu. Itu artinya kamu seseorang yang terbuka dan senang mempelajari sesuatu yang baru. Karakter itulah yang dibutuhkan untuk seorang pekerja IT. 

3. Apakah memiliki hobi, kegiatan, atau pekerjaan lain di luar pekerjaan?
Jangan takut untuk menjawab dengan jujur ketika pertanyaan ini diberikan. Jawablah apa adanya meskipun hobi, atau pekerjaan lain milikmu tidak ada sangkut pautnya dengan dunia IT. pertanyaan ini diberikan untuk melihat karakter kepribadianmu. Jawablah secara mendetail hobi yang kamu tekuni atau pekerjaan lain yang kamu ambil. 

Bisa jadi hobi fotografer yang kemudian memberikan job di saat waktu-waktu tertentu, atau bermusik, melukis, menulis, dan olahraga. Dari menjawab pertanyaan tersebut pewawancara bisa menilai seperti apakah kamu dalam menyelesaikan masalah dan bekerja. Seperti apakah kamu orang yang tenang dan santai atau orang yang cekatan dan ambisius. Dalam dunia programer, memiliki banyak hobi dan projek atau job lain yang dikerjakan memiliki banyak nilai. Karena artinya kamu dianggap orang yang tanggap dan mampu multitasking dalam bekerja. 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat