Facebook Luncurkan Aplikasi Saingan Zoom - IDS Digital College

Facebook Luncurkan Aplikasi Saingan Zoom

Kondisi saat ini yang mengharuskan berada di rumah untuk memutus rantai penyebaran wabah Covid-19 membuat banyak orang menghabiskan waktu dengan berselancar di internet. Tak heran, pengguna aplikasi video conference semakin bertambah. Beberapa aplikasi seperti Zoom, Google Meet, dan sejenisnya populer belakangan ini. 

Tidak mau kalah, Facebook turut meluncurkan produk obrolan video yang mirip Zoom dengan nama Facebook Messenger Rooms. Berikut kegunaan dan keunggulan yang ditawarkan.

1. Produk Panggilan Video Facebook
Serupa dengan aplikasi video conference yang lain, Facebook Messenger Rooms membiarkan pengguna agar bisa melakukan panggilan video yang digunakan untuk berbagai keperluan. Termasuk rapat hingga obrolan ringan sekalipun melalui Facebook atau aplikasi messenger. Kamu bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama teman, kerabat, atau orang-orang yang berbagi minat.

Kamu bisa membuat ruang obrolan dari Messenger atau Facebook dan undang siapa saja untuk bergabung dengan panggilan video. Menariknya lagi, partisipan yang belum atau tidak memiliki akun Facebook masih bisa ikut bergabung. Satu ruang panggilan video dapat menampung hingga 50 orang tanpa adanya batas waktu.

Latar belakang kehadiran Messenger Rooms didasari karena beberapa orang mencari alternatif aplikasi untuk melaksanakan rapat secara online selain Zoom. Beberapa waktu lalu, Zoom banyak disebut memiliki sejumlah masalah terkait keamanan dan privasi. Facebook Messenger Rooms akan diluncurkan di beberapa negara tertentu sebelum berkembang secara global.

2. Membuat Ruang Panggilan Video di Facebook Messenger Rooms
Nantinya, jika Facebook Messenger Rooms hadir secara resmi, berikut cara untuk melakukan ruang panggilan video:

  • Buka aplikasi Messenger
  • Ketuk tap “People” di kanan bawah layar
  • Klik “ Create Room” lalu pilih orang yang ingin kamu ajak panggilan video.

3. Keunggulan Rooms
Jika ingin melakukan share room dengan orang yang tidak memiliki akun Facebook, kamu dapat membagikan link kepada mereka. Keunggulan dari produk Facebook yaitu, Room dapat dibagikan di kabar berita atau beranda, grup, maupun event Facebook milikmu.

Pengguna bisa memainkan berbagai macam filter dan efek termasuk efek AR yang disediakan. Kabarnya, Facebook juga berencana untuk menambahkan pilihan membuat Room dari Instagram direct dan WhatsApp. Fiturnya akan dilengkapi dengan 14 filter kamera dan latar belakang yang dapat kamu ubah. Kamu bisa mengatur background hingga pencahayaan yang membuat situasi video conference jadi lebih menyenangkan.

4. Sistem Keamanan
Belajar dari aplikasi pendahulunya, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan Facebook akan sangat berhati-hati dan mencoba belajar dari masalah yang ada pada konferensi video lain dalam hal keamanan. Perlindungan privasi Messenger Rooms akan mencakup kemampuannya dalam mengontrol siapa saja yang dapat melihat Room, kamu pun dapat mengunci atau membukanya. Apabila tidak terkunci, siapa pun yang memiliki tautan dapat bergabung dan berbagi Room dengan orang lain.

Host harus memulai panggilan terlebih dahulu. Peran dari host juga dapat mengontrol siapa saja yang dapat bergabung di obrolan dan menghapus partisipan kapan saja. Sehingga privasi dan keamanan bisa dikendalikan. Facebook juga menjanjikan penggunaan end-to-end encryption untuk memastikan keamanan dari isi panggilan video yang dilakukan.

Meski masih terus dikembangkan, beberapa pengguna di beberapa negara telah mencobanya. Selain ponsel, PC dengan sistem operasi Windows maupun Mac OS dapat menggunakannya. Aplikasi dapat diunduh di Microsoft Store atau App Store untuk menjalankannya sebagai aplikasi mandiri tanpa bantuan browser web atau perangkat seluler.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat