4 Rekomendasi Buku Programming - IDS Digital College

4 Rekomendasi Buku Programming yang wajib Kamu Baca

Salah satu cara belajar programming adalah dengan membaca buku. Ada banyak buku programming yang bisa kita pelajari, masalahnya adalah apakah buku tersebut adalah buku yang tepat bagi kita. IDS merekomendasikan 4 buku tentang programming yang tidak bisa kamu lewatkan untuk tidak dibaca.

Compilers: Principles, Techniques, and Tools oleh Alfred V. Aho, Ravi Sethi, Jeffrey D. Ullman

Buku ini memuat pengenalan menyeluruh untuk desain kompiler. Bagi sebagian orang buku ini terkesan membosankan dan melelahkan, karena caranya dalam menyampaikan informasi. Buku ini pun termasuk ke dalam buku yang berat saat dibaca. Meskipun banyak yang mengatakan  “Compilers: Principles, Techniques, and Tools” ketinggalan jaman namun buku ini masih relevan. “Compilers: Principles, Techniques, and Tools” tidak bisa ditinggalkan begitu saja karena informasinya yang begitu kaya. Mulai dari teknik parser, compiler, hingga optimasi dimuat dalam buku ini dengan cukup mendalam serta menggunakan berbagai sudut pandang. Buku ini cocok untuk dibaca siapa saja walaupun kamu tidak menulis kompilermu sendiri. Memiliki pengetahuan terkait kompiler akan membantumu memahami hal-hal yang terjadi ketika sebuah program dijalankan.

Introduction to Algorithm oleh Thomas H.Cormen, Charles E. Leiserson, Ronald L. Rivest, Clifford Stein

Introduction to Algorithm milik CLRS berisi pengetahuan mengenai struktur data dan algoritma. Meskipun memiliki judul “Introduction to Algorithm” buku ini terasa sulit dibaca pemula yang baru ingin mempelajari algoritma sebab isinya yang terlalu detail dan kompleks. Buku ini akan terkesan memusingkan dan mungkin terasa tidak begitu berguna. Cormen sendiri mengatakan bahwa buku “Introduction to Algorithm” memang secara langsung tidak ditujukan kepada siswa Ilmu Komputer namun lebih kepada programmer yang berpengalaman serta memiliki kemampuan matematika yang baik. Bagi programmer yang telah memiliki pengalaman buku “Introduction of Algorithm” akan sangat membantu. Malah buku ini masuk ke dalam daftar buku programming yang wajib dibaca. 

Untuk memahami secara penuh isi dari buku ini kamu harus membaca dengan fokus dan perlahan, ini bukan jenis buku yang bisa kamu baca dimana saja atau habis dalam satu hari. Sebelum membaca buku “Introduction to Algorithm” lebih baik bila kamu mengerti setidaknya satu bahasa pemrograman. Jangan lupa untuk berlatih memecahkan contoh soal.

The Pragmatic Programmer oleh Andrew Hunt & David Thomas

Berbeda dengan buku “Introduction to Algorithm” “The Pragmatic Programmer” terkesan biasa saja dan memuat informasi yang diketahui oleh semua programmer. “The Pragmatic Programmer” memuat topik seperti tanggung jawab pribadi, perkembangan karir, hingga teknik arsitektur untuk menjaga kode tetap fleksibel sehingga mudah diadaptasi dan digunakan kembali. Bila dilihat dari isinya “The Pragmatic Programmer” memang lebih tepat dibaca oleh pemula atau fresh graduate. Bagi yang ingin mengembangkan kemampuan dan pengetahuan untuk membawa dirinya menjadi programmer yang ahli dalam bidangnya, buku ini sangat sesuai untuk dibaca. Tapi tidak salah juga bila programmer berpengalaman ingin mengingat kembali pentingnya dasar-dasar pemrograman.

Buku ini menarik minat pembaca karena pemakaian prinsip “don’t repeat yourself” (DRY). Prinsip DRY menyatakan bahwa Setiap bagian dari pengetahuan harus memiliki representasi otoritatif tunggal, tidak ambigu di dalam sebuah sistem. Prinsip ini ditujukan kepada pengembang perangkat lunak agar melakukan segalanya hanya sekali.

Clean Code: A Handbook of Agile Software Craftmanship oleh Robert C. Martin

Buku ini menyatakan kalau kode yang buruk pun dapat berfungsi, tapi apakah kode tersebut bersih. Setiap tahunnya banyak jam dan sumberdaya terbuang sia-sia karena penulisan kode yang buruk, “Clean Code: A Handbook of Agile Software Craftsmanship” akan memberitahu bagaimana kode yang baik. Banyak yang menyukai buku ini karena memuat banyak topik dengan penjelasan yang terstruktur. “Clean Code: A Handbook of Agile Software Craftsmanship” sangat terasa memberikan panduan menuliskan kode yang bersih.  Buku ini dapat dibaca oleh siapapun mulai dari developer, software engineer, project manager, team lead, hingga systems analyst. Sayangnya dalam buku ini terlalu banyak menggunakan JAVA sebagai contoh bahkan di beberapa bagian terlihat secara khusus menjelaskan masalah JAVA.

Posted in: News



    WhatsApp chat