5 Fakta Tentang Lulusan Software Engineering, Mana yang Gajinya Paling Tinggi? - IDS Digital College

5 Fakta Tentang Lulusan Software Engineering, Mana yang Gajinya Paling Tinggi?

Menjadi software engineering adalah salah satu pilihan karir yang cerdas. Software engineering menjadi salah satu keterampilan yang paling diminati dan gaji rata-rata para software engineering di USA mencapai $112.000. Berdasarkan hasil data yang dikeluarkan oleh LinkedIn Talent Solutions, mereka mengidentifikasi fakta tentang lulusan software engineering yang sudah berkecimpung di bidang ini. Mulai dari jenis software engineering, hingga kegiatan apa yang biasa dilakukan serta bayaran paling mahal para software engineering. Berikut ulasan tentang fakta-fakta lulusan engineering yang harus kamu tahu. 

1. Dalam dunia kerja software engineering terbagi menjadi 6 kelompok
Setelah memeriksa jutaan profil LinkedIn software engineers, LinkedIn Talent Solutions, kami menemukan bahwa sebagian besar software engineers terbagi dalam enam bidang, yaitu Front-End Engineers, Embedded and Application Engineers, Infrastructure and Cloud Computing Engineers, Machine Learning and Data Science Engineers, Mobile Engineers, dan Test and Quality Assurance Engineers. 

2. Software engineers yang berspesialisasi dalam Machine Learning and Data Science Engineers adalah yang paling dicari.
Software engineers pemula biasanya mendapatkan tawaran kerja tiga kali lebih banyak dari para perekrut di LinkedIn, setara dengan para software engineers profesional. Namun software engineers dengan spesifikasi tertentu jauh lebih menarik minat para head hunter, yang berarti mereka lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Terlebih kini, ada banyak permintaan software engineers dengan spesialisasi machine learning and data science, artinya spesialisasi ini akan mendapat lebih banyak tawaran. 

3. Software engineers punya gaji tinggi
Tidak diragukan lagi, dengan permintaan perusahaan terhadap profesi software engineers yang tinggi dan ketersediaan orang dengan spesialisasi ini sedikit, software engineers dengan spesialisasi machine learning and data science punya gaji yang paling tinggi. Rata-rata gaji machine learning and data science di US mencapai $129.000. Sementara gaji software engineers terendah rata-rata di US masih mencapai angka $103,000 per tahun. 

4. Selalu harus belajar “tool” baru
Meski kamu sudah lulus kuliah di bidang software engineering dan memasuki dunia kerja bukan berarti kamu berhenti belajar. Justru dunia kerja adalah tempat terbaik bagi kamu belajar tool baru yang biasanya belum pernah digunakan. Umumnya kamu bisa belajar tool-tool baru melalui “pet projects” (project pilihan yang jadi favorit). Biasanya pet project memberikan tantangan baru yang bisa menambah ilmu sekaligus pengalaman kamu di lapangan, meski terkadang pet project tidak mendatangkan keuntungan yang besar. Beberapa tools yang direkomendasikan untuk dipelajari antara lain Git and Github, software ilustrasi, Sublime Text, dan memahami dasar-dasar Python. Selain belajar tentang tool, kamu juga bisa belajar ilmu public speaking supaya semakin mahir berkomunikasi dengan klien. 

5. Software engineers membutuhkan waktu belajar lebih banyak dibanding profesi lainnya
Software engineers belajar lebih banyak dibanding populasi masyarakat lainnya. Sebanyak 48 persennya banyak mempelajari keterampilan baru dibandingkan dengan profesi lainnya, Itulah mengapa meski sudah bekerja dianjurkan untuk memiliki mentor berpengalaman untuk kamu jadikan panutan. Atau kamu bisa bergabung dengan komunitas yang bergerak di bidang software engineering untuk menambah ilmu yang sebelumnya sudah kamu dapatkan. Jangan ragu untuk memulai project baru bersama teman-teman komunitas guna mempraktikkan sendiri ilmu yang sudah didapat. 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat