7 Tanda Smartphone-mu Sedang Disadap Orang Lain. Yuk, Cari Tahu Ciri-cirinya! - IDS Digital College

7 Tanda Smartphone-mu Sedang Disadap Orang Lain. Yuk, Cari Tahu Ciri-cirinya!

Pernah nggak sih kalian kepikiran kalau-kalau hp kalian disadap? Apa aja sih ciri-cirinya? Kenapa sih kok disadap? Siapa yang sadap hp kalian? Biasanya pertanyaan-pertanyaan itu muncul tiba-tiba ketika kamu ngerasa ada sesuatu yang harusnya cuma kamu ketahui sama orang tertentu aja tapi tiba-tiba bisa ada orang lain yang tahu. Atau ketika kamu ngerasa ngeklik situs web yang dirasa nggak aman. Jadi bener nggak sih kalau hpmu nih lagi disadap? Kalau kamu ragu coba cek tanda-tanda di bawah ini!

1. Penggunaan data meningkat

 

Penggunaan data ini meningkat secara nggak wajar, bahkan kalau kamu pake kuota internet bukannya wifi, kuota internetmu bakalan cepet habis padahal pemakaianmu normal-normal aja. Jika ini terjadi, kamu mesti waspada karena penyadap butuh koneksi internet untuk mengirim data kamu ke server lain.

 

 

2. Suhu HP naik

 

Ketika kamu memakai smartphonemu dalam porsi yang wajar dan nggak dipakai bekerja terlalu keras, harusnya ponselmu tidak akan mengalami yang namanya overheat. Tapi kalau hp kamu sering banget terasa hangat atau panas bahkan saat nggak digunakan kamu wajib curiga. Karena bisa jadi terjadi perpindahan informasi dari smartphonemu ke server lain secara terus menerus dan inilah yang membuat kinerja baterai meningkat dan ponsel menjadi cepat panas.

 

 

3. Shutdown lebih lama

 

Kalau Hp kamu lagi disadap biasanya bakal butuh waktu lebih lama untuk mematikan ponsel atau proses shutdown. Terutama setelah melakukan browsing, panggilan telepon atau mengirim pesan. Karena ada kemungkinan sedang terjadi proses pengiriman informasi dari kegiatan tersebut ke server lain oleh penyadap.

4. Suara aneh saat telponan

 

Pernah nggak sih kamu lagi telponan terus terdengar suara-suara aneh pas lagi telponan? Kalau iya, bisa jadi smartphone kamu lagi disadap. Ada yang volume telepon yang berubah-ubah dengan sendirinya, ada yang dengar suara parau, ada yang dengar suara seperti suara anak-anak atau wanita dan masih banyak lagi. Suara-suara ini jadi nggak wajar karena kamu sedang telepon di jaringan digital bukannya analog.

 

 

5. Pesan sudah terbaca padahal belum sempat buka

 

Ini yang paling sering bikin orang curiga apakah ponsel mereka sedang disadap. Karena dalam beberapa kasus penyadapan Whatsapp, ada pesan masuk yang sudah terbaca statusnya padahal kamu mereka belum membukanya. Kalau kamu merasa seperti itu, sepertinya fix hp kamu lagi disadap.

 

 

6. Ada aktivitas dan suara-suara aneh

 

Kalau misal hp kamu sering reboot atau restart secara tiba-tiba, bisa jadi ada orang yang pegang kendali atas hpmu. Apalagi ketika hpmu beroperasi sendiri, misalnya membuka aplikasi yang kamu rasa lagi nggak kamu buka, atau ada suara-suara aneh waktu kamu nggak menggunakannya. Kalau hal itu terjadi emang patut dicurigai kalau hp kamu lagi disadap.

 

 

7. Menerima pesan aneh

 

Pesan aneh di sini biasanya merujuk pada pesan yang berisi nomor, karakter acak atau simbol. Dimana pesan ini sebenarnya berasal dari fitur remote control yang dipakai si penyadap dari software yang digunakannya. Karena untuk menggunakan fitur remote control itu, mereka harus mengirimkan pesan teks sandi rahasia itu tadi ke hpmu. Kalau kamu mengalami hal seperti ini secara berulang-ulang kamu patut waspada, kemungkinan ada yang memantau kamu.

 

Lalu bagaimana kalau hp kamu beneran disadap? Cara paling ampuh adalah dengan melakukan factory reset atau kembali ke setelan pabrik. Semoga hp kamu nggak disadap ya!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat