Kejahatan Cyber Makin Seram, Hacker Lulusan SMP yang Bobol 4.200 Situs Jadi Buktinya - IDS Digital College

Kejahatan Cyber Makin Seram, Hacker Lulusan SMP yang Bobol 4.200 Situs Jadi Buktinya

 

Di era digital yang sekarang semua serba internet ini emang bikin segalanya lebih mudah. Dari mengumpulkan informasi, menghimpun data, mengelola data dan lainnya juga menjadi lebih mudah. Namun setara dengan kemajuan dan kemudahan yang terjadi, kejahatan cyber juga semakin meningkat dan semakin menyeramkan. Gimana enggak, di berita bahkan ada hacker lulusan SMP yang berhasil bobol 4.200 situs online.

 

Bahkan situs-situs besar dan terpercaya seperti Tiket.com, situs kepolisian Indonesia sampai situs Aburizal Bakrie aja bisa kena. Bahkan pemuda ini, bisa meraup milyaran rupiah dari kegiatan hackingnya dan menipu banyak pengguna internet.

 

Kamu pasti tahu kan, kalau kejahatan cyber itu sangat berbahaya. Hacker bisa mencuri data diri kamu selengkap-lengkapnya untuk diperjualbelikan, menggunakan kartu kreditmu untuk transaksi ilegal, bahkan jika mereka hacker profesional mereka bisa menguras hartamu yang tersimpan di bank. Nyeremin banget bukan. Nggak cuma itu aja, hacker juga bisa memberikan virus malware ke komputer kamu yang akan merusak kinerja komputer.

 

Karena itu, wajib buat kamu untuk lebih berhati-hati dan lebih bijaksana agar nggak jadi korban penipuan dan korban hacking. Jadi paling nggak kamu harus tau cara pencegahan paling dini biar kamu nggak kena scam atau hacking dari pihak luar. Terus gimana cara pencegahannya? Tenang aja kamu bisa simak jawabannya berikut ini.

 

 

  • Pastikan antivirus laptop kamu terus terupdate, karena akan lebih mudah bagi hacker untuk menyasar komputer yang antivirusnya mati atau kadaluarsa.
  • Media sosial merupakan platform yang paling sering diretas karena penggunanya paling banyak. Mulai dari Facebook, Instagram, dan Twitter.
  • Jangan pakai password yang sederhana dan mudah ditebak, apalagi terkait dengan username atau id kamu.
  • Jangan membuka sembarang link yang ada di internet, termasuk membuka spam email yang biasanya membuatmu mengklik sebuah tautan
  • Pilih gadget dengan mode keamanan tinggi, karena jika kamu masih menggunakan gadget lama yang model tua. Kemungkinan besar gadget itu tidak bisa diinstal aplikasi terbaru untuk mencegah terjadinya hacking sehingga hacker lebih mudah untuk menyerang perangkatmu
  • Pakai VPN agar traffic mu terenkripsi dengan baik dan tidak mudah dibaca oleh hacker.

 

Selain hal itu, untuk masa kini banyak orang yang lebih membutuhkan tips agar akun media sosial mereka terhindar dari hacker. Karena siapa sih orang masa kini yang tidak bermain sosial media? Sadar tidak sadar orang yang bermain sosial media seringkali membagikan data pribadinya ke media sosial. Sehingga resiko adanya pelanggaran terhadap privasi seperti munculnya hacker. Nah untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan beberapa cara ini:

 

  1. Ganti password secara berkala
  2. Pilih aplikasi dan website yang terpercaya
  3. Gunakan fitur verifikasi dua langkah
  4. Hindari login media sosial di tempat publik
  5. Hindari login pada perangkat yang sering diakses banyak orang
  6. Tidak mudah mengklik link atau URL yang diberikan orang asing
  7. Selalu logout akun jika login di perangkat umum
  8. Gunakan VPN atau data pribadi jika ingin login pada media sosial

 

Jika kamu melakukan semua hal di atas, kemungkinan gadget atau akun media sosial kamu dihack akan mengecil. Karena itu pastikan untuk selalu mengubah password secara berkala dalam hal apapun dan lakukan upgrade terbaru untuk antivirus. Semoga membantu ya!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat