Anak IT Wajib Tahu! Kenalan dengan Malware, Jenis dan Cara Pencegahannya - IDS Digital College

Anak IT Wajib Tahu! Kenalan dengan Malware, Jenis dan Cara Pencegahannya

Serangan siber kini makin merajalela. Tidak hanya  perorangan, perusahaan besar dan ternama juga mengalami kebocoran data karena serangan dari peretas. Jenisnya pun beragam, salah satunya malware yang dikenal dengan nama lain Malicious Software. Program perangkat lunak ini dirancang dengan untuk merusak dan menyusup ke sistem komputer. 

Akibat serangan malware tidak hanya menghambat kinerja komputer, tapi juga bisa saja mengalami kebocoran data pribadi, seperti kata sandi hingga nomor kartu kredit.  Untuk lebih detail mengenai pengertian malware, jenis dan cara pencegahannya, simak ulasan selengkapnya berikut ini yuk!

Pengertian Malware

Malicious Software atau Malware merupakan perangkat lunak berbahaya yang saat ini mudah menyebar dan menginfeksi komputer melalui email, download internet, serta program yang terinfeksi lainnya. Perangkat ini menyebabkan kerusakan pada sistem komputer, menghambat akses internet dan memungkinkan juga terjadi pencurian data atau informasi seperti password dan nomor kartu kredit.

Pembuat perangkat lunak ini bukan sembarang orang. Biasanya merupakan orang yang ahli dalam membuat perangkat lunak dan sistem keamanan. Selain disusupkan lewat jaringan internet, ada juga yang dimasukkan ke komputer secara manual. 

Jenis-jenis Malware

Hingga saat ini, sudah banyak jenis malware yang cukup meresahkan pengguna internet. Beberapa jenisnya yaitu virus, worm, spyware, adware, trojan, keylogger, rootkit, phising dan masih banyak lagi lainnya. Pengertian lengkapnya ada di bawah ini

  1. Virus komputer adalah jenis malware yang menyerang file eksekusi atau (.exe). Selain itu, virus menggandakan diri ketika file exe terinfeksi dijalankan. Malware satu ini menyebar dengan cara menyisipkan program dirinya pada program atau dokumen dalam komputer.
  2. Worm yaitu program komputer yang dapat menggandakan diri secara pribadi dalam sistem komputer. Worm beraksi dengan memanfaatkan jaringan, baik LAN, WAN, atau internet tanpa campur tangan dari user. Biasanya, memanfaatkan celah keamanan yang memang terbuka atau vulnerability.
  3. Spyware bertindak sebagai mata-mata untuk mengetahui kebiasaan pengguna komputer dan mengirimkan informasi ke pihak lain. Biasanya spyware digunakan oleh pihak pemasang iklan.
  4. Adware yaitu sebuah iklan yang dimasukkan secara tersembunyi oleh pembuat program. Biasanya bersifat freeware dengan tujuan promosi atau iklan.
  5. Trojan atau Trojan Horse merupakan program yang diam-diam masuk ke komputer. Tujuannya untuk memfasilitasi program lain seperti virus, spyware dan adware untuk masuk, merusak dan memungkinkan pencurian informasi.
  6. Keylogger. Malware ini dapat memantau penekanan tombol pada keyboard sehingga pihak ketiga dapat mengetahui password dan informasi penting lain.
  7. Rootkit yaitu program yang menyusup ke dalam sistem komputer dan bersembunyi dengan menyamar sebagai bagian dari sistem. Contohnya bisa menempel pada patch, keygen, crack dan game. Setelah bersembunyi, rootkit mengambil alih dan memantau kerja sistem, kemudian melakukan pencurian data yang melewati jaringan. 
  8. Phishing merupakan bentuk penipuan untuk memperoleh informasi pribadi seperti user, password, ATM, hingga kartu kredit melalui email atau website palsu.

Cara Pencegahan Terinfeksi Malware

Tak hanya komputer perorangan, website juga bisa terjangkit malware. Hal ini terjadi karena pengguna melakukan download theme website secara ilegal. Akibatnya data dan informasi pada website jebol hingga mengakibatkan down karena aktivitas mencurigakan.

Cara pencegahan yang dapat dilakukan sebelum terinfeksi malware yaitu tidak melakukan aktivitas ilegal. Contohnya tidak melakukan download resource dan aplikasi di situs yang tidak terverifikasi atau legal. Pasalnya, komputer lebih besar terjangkit jika menggunakan aplikasi yang diunduh dari website tersebut.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat