Apa Aja Sih Prospek Lulusan Bidang Cyber Security? - IDS Digital College

Apa Aja Sih Prospek Lulusan Bidang Cyber Security?

Perkembangan dunia digital yang semakin cepat seharusnya diikuti dengan sistem pendidikan jurusan IT seperti jurusan sistem informasi atau teknik informatika yang mumpuni. Selain kedua jurusan tersebut, ada satu lagi jurusan berbasis IT yang belakangan cukup populer, yaitu jurusan cyber security. 

 

Secara garis besar, cyber security adalah sebuah ilmu studi yang hadir atas perkembangan teknologi. Kamu tahu sendiri kan kalau belakangan banyak sekali aktivitas kejahatan cyber yang mengancam perusahaan ataupun perorangan?

 

Atas dasar inilah jurusan cyber security terbentuk. Nah, buat kamu yang masih belum familiar dengan jurusan ini dan bertanya-tanya “seperti apa sih prospek kerja jurusan cyber security?”. Scroll sampai bawah ulasan berikut ya!

 

Information Security Analyst merupakan sebuah profesi yang tugasnya mengembangkan sistem keamanan dan menjaga jaringan dan sistem suatu instansi maupun perusahaan. Teknologi yang berkembang diiringi dengan meningkatnya cyber crime sehingga kebutuhan akan lulusan cyber security juga meningkat.

 

Sebagai seorang Information Security Analyst, nantinya kamu dituntut untuk selalu update dengan berbagai bentuk dan metode serangan cyber dan membuat metode baru untuk mencegah ancaman tersebut. Dikatakan jika gaji global seorang Information Security Analyst mencapai US$86.170 per tahun.

 

Big Data Architect

Arsitek bukan cuma bisa bangun rumah, kuliah jurusan cyber security juga bisa bikin kamu jadi seorang arsitek big data. Profesi ini adalah praktisi dalam disiplin ilmu IT yang berhubungan langsung untuk merancang, membuat, mengelola, serta menyebarkan data instansi. Arsitek big data akan menggambarkan bagaimana sebuah data perusahaan akan disimpan, dikonsumsi, dipadukan, dan dikelola oleh entitas data yang berbeda dalam sistem TI dan aplikasi lainnya

 

Untuk menjadi seorang arsitek big data, kamu harus memiliki kemampuan teknis tingkat lanjut, utamanya SQL dan XML, pemecahan masalah, visualisasi kreatif, serta orientasi detail. Profesi ini banyak dibutuhkan perusahaan untuk menciptakan konstruksi data yang aman dan efektif.

 

Computer Programmer

Computer Programmer, mungkin ini adalah profesi yang sudah sering kamu dengar dan temui. Mereka adalah otak dibalik pembuatan aplikasi. Sejatinya, programmer komputer adalah seseorang yang merancang, mengembangkan, memodifikasi, dan melakukan pengujian code, form, dan script yang memungkinakn aplikasi komputer untuk dijalankan.

 

Selain kemampuan ini, sebagai seorang programmer harus mampu mengoreksi kesalahan dengan membuat perubahan yang tepat. Kemudian mengecek ulang program supaya bisa memproduksi fitur yang baik.

 

Cyber Security Consultant

Profesi Cyber Security Consultant adalah seorang konsultan cyber security. Tugasnya memberikan solusi atas terjadinya keamanan cyber yang terjadi pada sebuah perusahaan. Setiap perusahaan tentunya membutuhkan cyber security, mengingat hampir semua data terhubung dengan internet. Hadirnya sosok Cyber Security Consultant adalah untuk meminimalisir adanya serangan sistem atau jaringan pada perusahaan. Sehingga perusahaan bisa terhindar dari cyber crime dan memperbaiki sistem/jaringan data.

 

Computer Forensics Analyst

Meningkatnya berbagai bentuk kejahatan cyber, maka profesi Computer Forensics Analyst juga semakin dibutuhkan. Profesi ini menggabungkan antara pengetahuan akan ilmu komputer dan keterampilan forensik untuk memulihkan informasi serta perangkat penyimpanan.

 

Computer Forensics Analyst juga bertanggung jawab untuk membantu petugas penegak hukum mencari bukti akan tindak kejahatan di dunia maya. Mereka akan melakukan penyidikan data, insiden keamanan atau aktivitas kriminal pada dunia digital.

 

Kamu punya profesi seperti salah satu profesi di atas? Kuliah jurusan Sistem Informasi atau

Jurusan Teknik Informatika di IDS Digital Collage aja!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat