Langkah-langkah Membuat Email Campaign dengan phpList - IDS Digital College

Langkah-langkah Membuat Email Campaign dengan phpList

Teknologi sudah begitu akrab di kehidupan sehari-hari. Kehadirannya sangat penting, terutama di dunia bisnis. Buat kamu pelaku usaha, patut untuk mempelajari berbagai strategi digital marketing agar kegiatan pemasaran menjadi lebih mudah. Salah satunya medianya yaitu email campaign.

 

Adanya email campaign ini juga berguna untuk membagikan informasi terkait campaign atau newsletter. Lalu, bagaimana cara membuat email campaign dengan phpList? Simak langkah-langkahnya, yuk!

 

Mengenal phpList

Email campaign atau email marketing menjadi alat sempurna untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Penggunaannya sangat berpengaruh untuk membuat sang penerima email melakukan tindakan, terlibat dengan bisnismu, dan membantu untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.

 

Cara kerja email marketing jenis ini biasanya bersifat personal untuk komunikasi dengan pelanggan. Tidak sembarang orang atau perusahaan bisa mendapatkannya. Jika ingin mendapatkan email pun mereka harus mengirim sebuah pesan yang telah mendapat izin dari pengguna yang dituju. Maka itu, email campaign bisa menjadi sangat efektif jika dioptimalkan. Kamu bisa membuatnya dengan bantuan phpList.

 

Apa sih phpList itu? Nah, phpList adalah open-source software yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pengiriman email seperti newsletter, marketing campaign, dan announcements. Software ini dibuat oleh phpList Ltd. dan dipublikasikan di bawah lisensi AGPLv3.

 

Kamu pun dapat menggunakan software ini secara bebas, baik pada server atau hosting. PhpList mendukung HTML, templates, dan plaintext. Sebelum lanjut ke langkah membuat email campaign, kamu harus memastikan terlebih dahulu dengan perlu dilakukannya instalasi phpList.

 

Langkah-langkah Membuat Email Campaign

Ada sejumlah persyaratan yang perlu kamu penuhi ketika membuat email campaign, yaitu harus memiliki akun hosting dan domain yang aktif, serta phpList yang telah terinstall di website milikmu. Cara membuatnya juga tidak sesulit yang kamu bayangkan, cukup ikuti langkah berikut:

 

  • Login ke dashboard phpList melalui URL domain.com/admin
  • Masukkan username dan password administrator yang kamu buat di awal instalasi
  • Lanjutkan dengan klik menu drop down campaign dan klik ‘Send a Campaign’, lalu akan muncul draft yang sudah pernah dibuat. Kamu juga bisa klik ‘Start a new campaign’ untuk membuat yang baru. Dalam proses pembuatan konten, ada beberapa formulir yang perlu kamu isi dan disesuaikan dengan kebutuhan email campaign.
  • Data yang diperlukan meliputi Campaign subject, From line, Content, Compose message, Footer, Campaign Title, dan To Email Address. Tapi, jika email yang kamu masukkan belum menjadi subscriber, maka akan timbul notifikasi Email address not found to send test message. Kalau muncul tulisan tersebut, kamu bisa klik Add, Email address added untuk kemudian di kirim ulang.
  • Setelah selesai mengisi data yang diperlukan, klik Send test
  • Nantinya akan muncul tampilan email berhasil dikirim dan masuk ke kotak masuk email subscriber.

 

Setelah langkah-langkahnya sudah diikuti dengan benar, maka kamu sudah mulai bisa membuat dan mengirimkan email campaign. Kamu juga bisa membuat jenis email marketing lainnya, seperti newsletter dan announcement. Jika ingin melihat contoh campaign apa saja yang pernah dibuat, kamu bisa cek di List Campaign -> Draft.

 

Email campaign memang tampak tradisional jika dibandingkan dengan berbagai media digital marketing lainnya. Tapi juga tidak ada salahnya menggunakan cara ini karena email campaign cocok untuk membangun hubungan jangka panjang dengan customer. Kamu pun bisa merebut hati pelanggan dan meningkatkan kesetiaan mereka.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat