Apa Itu Sistem Informasi?- IDS Digital College

Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Dan Apakah Tepat Untuk Saya?

Pentingnya sistem informasi untuk semua jenis perusahaan, serta kebutuhan akan profesional yang terdidik dan kreatif di bidangnya, terus meningkat di seluruh dunia. Sebuah Sistem Informasi (SI) utama adalah ideal bagi siswa dengan minat dalam ilmu komputer, bisnis, dan teknologi- informasi yang mana jurusan ini memberikan pemahaman luas tentang peran yang dimainkan oleh komputer modern dan teknologi komunikasi di setiap bidang aktivitas manusia dan melatih siswa untuk menganalisis masalah dan memberikan solusi menggunakan teknologi informasi terkini.

Jurusan SI tempat yang tepat untuk kamu jika kamu bersemangat menggunakan teknologi untuk keuntungan positif di seluruh masyarakat, baik ekonomi maupun humanistik.

Apa itu Sistem Informasi (SI)?

jurusan sistem informasi

Jurusan SI adalah bidang keilmuan yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Di prodi ini kamu akan belajar bagaimana mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahan, kemudian merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jadi, selain belajar teknik pemrograman, kamu juga dituntut untuk mempelajari proses bisnis yang ada di perusahaan. Oleh karena itu, lulusan Prodi Sistem Informasi diharapkan dapat mengembangkan sebuah sistem pengolahan data dari berbagai sumber untuk dapat disajikan sebagai informasi yang bermanfaat bagi perusahaan.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Sistem Informasi (SI)?

kuliah di ids dc

Ya, jurusan SI adalah jurusan yang bagus untuk banyak mahasiswa sarjana. Biro Statistik Tenaga Kerja memproyeksikan pertumbuhan pekerjaan sebesar 11% dalam pekerjaan komputer dan teknologi informasi untuk 10 tahun ke depan, jauh lebih cepat daripada rata-rata untuk semua pekerjaan.

Baik kamu memilih untuk fokus pada sistem informasi manajemen atau sistem informasi komputer, kamu dapat mempelajari keterampilan berharga yang sangat dicari di dunia kerja saat ini. Perusahaan mengumpulkan sejumlah besar data, dan mereka membutuhkan profesional terlatih yang dapat menyimpan, mengatur, memahami, dan melindunginya.

Bidang studi sistem informasi menggabungkan studi bisnis dan teknologi. Akibatnya, kamu dapat mengembangkan seperangkat keterampilan unik yang dapat membantu kamu membina komunikasi antar departemen dan menginformasikan proses pengambilan keputusan. 

Berikut Adalah Beberapa Kelebihan Serta Manfaat Jika Kamu Memilih Sistem Informasi

pengembangan software

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Sistem Informasi.

  • Ilmu yang kamu pelajari di bangku kuliah sangat aplikatif, jadi bisa memudahkanmu dalam beradaptasi di lingkungan kerja.
  • Mempelajari sistem informasi akan lebih memudahkan kamu dalam memperoleh informasi itu sendiri dengan lebih cepat juga akurat. Hal ini tidak lepas dari pemahaman pada proses penyaluran informasi yang dapat kamu ketahui dengan lebih mudah.
  • Manfaat selanjutnya bisa kamu rasakan melalui bertambahnya ilmu pengetahuan akan teknologi yang berkaitan dengan informasi, termasuk bentuk perkembangan informasi yang juga berkaitan dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini.
  • Jurusan ini juga dikenal dengan manfaatnya dalam mempermudah para lulusannya untuk memahami berbagai bentuk manajemen yang ada di perusahaan.
  • Kamu punya keterampilan dalam mendesain web, alhasil banyak instansi yang melirikmu untuk bergabung. Kamu pun bisa membuka lapangan pekerjaan dengan mendirikan usaha pengembangan web.
  • Kelebihan lain yang dimiliki jurusan sistem informasi adalah menyediakan kursi bagi mereka yang lulus dari sekolah SMA dengan jurusan IPS. Hal ini jelas berbeda dengan jurusan teknik informatika yang umumnya hanya menerima lulusan SMA dengan jurusan IPA.
  • Prospek karir lulusan Sistem Informasi sangat menjanjikan, apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi di zaman seperti sekarang ini.

Apa Saja Yang Dipelajari Di Sistem Informasi?

persiapan ujian

Ketika kamu memutuskan untuk kuliah SI, maka kamu akan mempelajari hal-hal sebagai berikut:

  • Algoritma dan pemrograman
  • Pengantar Teknologi Informasi
  • Matriks dan Transformasi Linier
  • Struktur Data
  • Statistika Dasar
  • Matematika Diskrit
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Sistem Operasi
  • Jaringan Komputer

Mata kuliah di atas adalah mata kuliah yang sudah pasti akan kamu pelajari di jurusan SI di perguruan tinggi manapun. Hal yang harus kamu persiapkan adalah kemampuan berhitung dan bernalar.

Jadi supaya kamu bisa menjalani kuliah kamu dengan enjoy setelah diterima di jurusan SI, maka mulai sekarang kamu harus menyukai matematika, berpikir dan menyelesaikan suatu kasus.

Lantas, Bagaimana Prospek Karir serta Berapa Besar Gaji Lulusan sistem informasi?

lulusan s1

Apakah kamu masih bingung lulusan Jurusan Sistem Informasi akan bekerja apa dan dimana? Tenang saja, karena lulusan prodi ini memiliki peluang karir yang sangat besar. Jenis dan jenjang karir yang ditawarkan sangat bervariasi dan menjanjikan. Jadi, ilmu dan keterampilan yang kamu dapatkan di bangku kuliah sudah selayaknya kamu banggakan, karena menjadi modal yang sangat berharga di pasar tenaga kerja. Lulusan Sistem Informasi akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk pengembangkan sistem yang menjembatani programmer dengan user.

Apa saja prospek kerja Prodi Sistem Informasi? Perlu kamu ketahui lebih dulu, bahwa pekerjaan di bidang sistem informasi tergolong pekerjaan dengan bayaran tertinggi dan paling dibutuhkan hingga 10 tahun ke depan. Pilihan karirnya pun sangat bervariasi, seperti System Analyst, Computer System Administrator, IT Manager dan Web Developer, Data Scientist, Information System Management, Software Developer, Information Security Analyst, serta Application Analyst.

Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan Sistem Informasi berada pada kisaran Rp5.000.000, dengan pekerjaan sebagai staf bidang teknologi informasi di suatu perusahaan. Meskipun begitu, perolehan gaji yang lebih tinggi akan sangat mungkin kamu peroleh, tergantung pada kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, serta area tempat bekerja. Nah berikut ini beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti

  • Arsitek Sistem Komputer

Gaji Rata-Rata: 4 – 7 Juta

Merupakan orang yang bertugas untuk merancang dan membuat sistem komputer agar dapat dikembangkan aplikasi yang memecahkan masalah atau menyederhanakan tugas tertentu.

Tugas arsitek sistem komputer meliputi berdiskusi dengan klien, merancang algoritma, membuat konsep sistem komputer, dan membuat laporan hasil serta biaya proyek.

  • Admin Database

Gaji Rata-Rata: 3.5 – 4.5 Juta

Merupakan orang yang bertugas mengelola sekumpulan data yang ada di komputer. Tugas admin database termasuk menghapus data, menambahkan data, memperbarui data serta menjaga keamanan database agar data yang dimiliki tetap valid dan akurat.

  • IT Support

Gaji Rata-Rata: 3 – 5 Juta

Merupakan orang yang menjadi teknisi perusahaan dalam hal sistem jaringan komputer, perangkat lunak, serta perangkat keras komputer. IT Support bertugas untuk membantu para pegawai yang mengalami kendala teknis ketika menggunakan perangkat komputer.

  • Programmer

Gaji Rata-Rata: 5 – 8 Juta

Merupakan orang yang menguasai atau memiliki keahlian khusus di bidang pemrograman komputer Programmer seringkali berhadapan dengan bahasa pemrograman komputer, syntax, kode, atau skrip yang membutuhkan keterampilan dan ilmu pengembang software.

  • IT Consultant

Gaji Rata-Rata: 6 – 11 Juta

Merupakan orang yang bekerja dengan memberikan nasehat, saran atau masukan kepada individu/badan usaha mengenai teknologi komputer. Termasuk, bagaimana agar perusahaan atau klien dapat memaksimalkan struktur dan sistem IT untuk mencapai target yang diinginkan.

Perbedaan Jurusan Teknik Informatika dengan Sistem Informasi

tantangan cyber security

Banyak juga diantara para siswa yang beranggapan bahwa kedua jurusan ini sama saja, hingga tak jarang apa yang mereka dapatkan dibangku perkuliahan diluar ekspektasi mereka. Untuk membantu kamu mengenali kedua jurusan ini, berikut adalah perbedaan antara sistem informasi dan teknik informatika. 

Teknik Informatika 

Jurusan teknik informatika biasanya mempelajari tentang ilmu dan teknik yang membahas pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses-proses logika. Lebih menekankan kemampuan dalam merancang dan mengembangkan berbagai algoritma komputasi. Mata kuliah yang ditemui dalam jurusan ini biasanya berkutat pada pemrograman, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak (software). Jurusan teknik informatika dirancang untuk memenuhi kebutuhan di bidang teknologi informasi melalui pemanfaatan ilmu komputer. jurusan ini lebih condong pada implementasinya di banding teorinya, seperti pembuatan aplikasi berbasis kecerdasan buatan, robotika, pengolahan informasi multimedia, keamanan informasi dan jaringan, serta pengolahan data besar. 

Sistem Informasi

Sistem informasi merupakan gabungan dari ilmu komputer, ekonomi management dan bisnis. Jurusan ini tetap memiliki fokus di bidang software, hanya saja lebih pada penerapannya di organisasi atau bisnis. Dapat dikatakan bahwa jurusan ini memiliki penekanan pada bagaimana sistem informasi selaras dengan strategi bisnis agar terciptanya keunggulan kompetitif dalam bersaing. Mata kuliah yang biasa ditemui dalam jurusan ini kebanyakan berbau bisnis, seperti administrasi bisnis, prinsip-prinsip manajemen, sistem informasi akuntansi, dan sebagainya. Jurusan  ini dibutuhkan untuk pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan sistem informasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan kedua jurusan ini terletak pada penerapannya. Teknik informatika bertujuan dalam pembuatan aplikasi, perancangan dan pengembangan software. Sedangkan sistem informatika bertujuan untuk penerapan teknik informasi dalam bisnis atau organisasi.

Universitas Jurusan Sistem Informasi

Jika kamu sudah mantap untuk meneruskan kuliah di jurusan sistem informasi dan mencari universitas jurusan informasi maka kamu bisa memilih STMIK IDS Digital College. STMIK IDS Digital College adalah salah satu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer yang ada di Jakarta Selatan. Sekolah tinggi ini memiliki dua prodi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Ada jurusan Sistem Informasi dan juga Teknik Informatika yang menyediakan kelas reguler dan juga kelas non reguler atau karyawan.

STMIK IDS Digital College telah meluluskan banyak mahasiswa dan mahasiswinya dan berhasil mengaplikasikan pengetahuan serta kemampuannya untuk bersaing di perusahaan lokal maupun asing.

Proses pendaftarannya sangat mudah, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan :

  • Pendaftaran Kuliah Secara Langsung

Universitas jurusan teknik informatika dan sistem informasi ini memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin mendaftar menjadi salah satu mahasiswa di sana. Untuk pendaftaran secara langsung, kamu bisa membeli formulir pendaftaran di IDS Digital College yang bertempat di Pancoran, Jakarta Selatan. Isi formulir pendaftaran tersebut di rumah kamu dengan melengkapi beberapa hal. Setelah berhasil, kamu bisa mengembalikan formulir pendaftaran langsung ke STMIK IDS Digital College serta melakukan cicilan pembayaran.

  •  Pendaftaran Kuliah Secara Online

Lebih mudah lagi dengan menggunakan online bagi yang memiliki koneksi internet. Calon mahasiswa wajib mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh STMIK IDS Digital College secara lengkap. Kemudian, calon mahasiswa yang telah mengisi formulir pendaftaran tinggal menunggu konfirmasi dari pihak STMIK IDS Digital College. Jika sudah mendapatkan konfirmasi kamu bisa mempersiapkan biaya yang harus kamu bayarkan atau bisa juga mencicil.

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat