Apa Sih Program Teknik Informatika Itu? - IDS Digital College

Apa Sih Program Teknik Informatika Itu?

Bagi banyak orang, program teknik Informatika (TI) pada dasarnya identik dengan pria dan wanita yang kamu hubungi ketika kamu membutuhkan bantuan dengan masalah komputer. Meskipun pandangan tentang teknik informatika tidak sepenuhnya salah, pandangan ini secara drastis mengecilkan cakupan bidang karir yang kritis ini.

Jika kamu mencari untuk mendapatkan pegangan yang lebih baik tentang apa itu teknik informatika dan banyak aspek dari bidang ini, maka kamu telah datang ke tempat yang tepat. Berikut informasi lengkap mengenai jurusan teknik informatika.

Apa itu program teknik informatika dan apa cangkupannya?

Teknik Informatika adalah studi, desain, pengembangan, implementasi, dukungan, atau pengelolaan sistem informasi berbasis komputer khususnya aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras komputer. Pekerja TI membantu memastikan bahwa komputer bekerja dengan baik untuk orang-orang.

Di Jurusan Teknik Informatika kamu akan mempelajari berbagai prinsip terkait ilmu komputer mulai dari proses perancangan, pengembangan, pengujian, hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak. Selama kuliah kamu akan banyak mengkaji pemrograman dan komputasi, dan dibekali pula dengan keterampilan merancang perangkat lunak.

Hampir setiap perusahaan, dari perusahaan desain perangkat lunak, hingga produsen terbesar, hingga toko terkecil, membutuhkan pekerja teknologi informasi untuk menjaga bisnis mereka berjalan dengan lancar, menurut pakar industri.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknik Informatika?

Sederhananya, sebagian besar perusahaan akan melambat tanpa sistem TI yang berfungsi maka dari itu prospek kerja lulusan Teknik Informatika semakin luas dengan jenis pekerjaan keren dan beragam, jenjang karir bergengsi, serta gaji yang cukup tinggi.

Bukan hanya itu, berbekal keilmuan dan keterampilan yang diperoleh sewaktu kuliah, kamu bisa mendirikan startup sendiri termasuk menciptakan lapangan pekerjaan. Kamu pun bisa bekerja sebagai independent self-employe dengan menjadi konsultan dalam pengembangan suatu sistem menggunakan software database tertentu.

Di dunia digital ini, Keuntungan lain yang bisa kamu nikmati adalah kamu bisa berkreasi dengan bebas untuk mewujudkan ide-idemu seperti

  • Dapat Menciptakan dan Mengembangkan Suatu Software

Software-software yang telah kamu gunakan di kehidupan sehari-hari seperti, game, microsoft, mesin pencari, kalkulator, dan software lainnya yang kamu temukan di dalam laptop maupun komputer. Software-software tersebut bisa diciptakan karena adanya kuliah jurusan teknik informatika. Kuliah tersebut akan mengajarkan mahasiswa untuk bisa menciptakan sebuah atau banyak software dan juga mengembangkan software tersebut menjadi software yang bermanfaat dan bahkan dapat memiliki nilai jual tersendiri..

  • Serta Dapat Menciptakan Dan Mengembangakan Suatu Hardware

Tidak hanya software, jurusan ini juga mengajarkan kamu untuk bisa menciptakan sebuah atau banyak hardware yang nantinya bisa diaplikasikan langsung ke kehidupan sehari-hari. Perangkat hardware yang yang pastinya paling sering kamu gunakan adalah komputer atau laptop. Tidak hanya itu, kamu juga akan diajarkan mengenai ilmu-ilmu pembuatan robot yang sekarang sangat diminati oleh kemajuan informatika.

Bagaimana Prospek Kerja Teknik Informatika dan Berapa Besar Gajinya?

Jurusan IT bisa dibilang adalah jurusan yang cukup diminati dan menjanjikan, terlebih karena perusahaan-perusahaan dari berbagai ranah industri pasti membutuhkan tenaga kerja spesialis IT. Lulusan IT di Indonesia diperkirakan berjumlah 25 ribu setiap tahunnya, baik dari universitas negeri maupun swasta. Angka tersebut bahkan masih di bawah jumlah permintaan perusahaan akan tenaga IT yang besarnya mencapai 500 ribu setiap tahunnya. Tingginya permintaan membuat gaji berbagai profesi lulusan jurusan IT relatif kompetitif. Nominal gaji dapat berbeda untuk setiap daerah.

  • Mobile Programmer

Kuliah Teknik Informatika tentu tidak lepas dengan kemampuannya dalam membuat program perangkat lunak pada komputer dari nol hingga selesai. gaji rata-rata programmer ada di kisaran Rp4.000.000 hingga Rp6.000.000. Beberapa perusahaan bahkan menawarkan gaji di atas Rp10.000.000, seperti Astra Otoparts, Buana Karya Bhakti, dan Henan Putihrai.

  • Software Engineer

Mengembangkan bentuk perangkat lunak untuk memenuhi berbagai keperluan yang digunakan dalam mendukung pekerjaan lainnya. Seorang software engineer dapat memperoleh gaji rata-rata dengan rentang Rp5.000.000 sampai Rp8.000.000. Perusahaan startup seperti bukalapak.com dan Traveloka berani menggaji tinggi software engineer mereka, yaitu Rp11.000.000 hingga Rp12.000.000. Tapi masih belum ada yang bisa mengalahkan gaji software engineer perusahaan oil & gas seperti Schlumberger, yaitu sebesar Rp 19.500.000.

  • Sistem Analisis Serta Sistem Integrator

Profesi ini berkaitan dengan tanggung jawab dari perencanaan, kemudian koordinasi serta analisis yang dilakukan pada perangkat lunak.

System analyst biasanya datang dari seorang programmer yang sudah mahir dan memiliki pengalaman sebagai pengembang software, sehingga dibutuhkan rata-rata 3-5 tahun untuk bisa menjadi system analyst. Dengan standar gaji rata-rata sebesar Rp6.500.000 hingga Rp12.000.000, posisi sebagai system analyst cukup menggiurkan. Berdasarkan data kami, system analyst yang bekerja untuk British Petroleum Indonesia dapat menikmati gaji sebesar Rp22.500.000, Dwidasa Samsara Indonesia sebesar Rp 19.500.000, dan Xsis Mitra Utama sejumlah Rp16.500.000. 

  • Konsultan IT

IT consultant bekerja memberi saran dan ide kepada client tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk memenuhi target bisnis atau menyelesaikan suatu masalah. Gaji rata-rata yang bisa diperoleh IT consultant berada di range Rp6.000.000 hingga Rp11.000.000, termasuk yang tertinggi dari pelbagai profesi jurusan IT dari data kami. Oracle menggaji seorang IT Consultant cukup kompetitif, dengan gaji sebesar Rp9.200.000.

  • Database Administrator / Network Engineer

Database engineer umumnya bekerja untuk mendesain dan memonitor database kompleks. Mereka bertanggung jawab di bidang pemeliharaan yang memastikan database tersebut responsif dan dapat menyediakan data yang valid.

Data gaji yang tertinggi untuk Database Engineer adalah di ACE Hardware dengan kompensasi moneter sebesar Rp22.500.000. Data lainnya adalah PT Pelabuhan Indonesia II yang menawarkan Rp14.000.000 dan PPLI sebesar Rp12.000.000.

  • System Analyst

Pekerjaan utama system analyst adalah merancang solusi IT untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan produktifitas organisasi client dengan melakukan pendekatan logis terhadap masalah teknis. Lulusan jurusan IT yang bekerja sebagai system analyst dapat memperoleh gaji rata-rata sebesar Rp4.000.000 hingga Rp 22.500.000.

Lantas apa Saja Syarat Untuk Masuk Teknik Informatika?

  • Apakah Harus Bisa Pemrograman Jika Ingin Kuliah Teknik Informatika?

Banyak anak SMA yang bertanya dan merasa minder dengan anak SMK ketika mereka ingin mengambil jurusan teknik informatika karena mereka berpikir saat SMA tidak diajarkan dasar pemrograman komputer.

Kuliah di jurusan informatika tidak harus bisa pemrograman terlebih dahulu. Hal utama yang harus kamu kuasai adalah kemampuan berhitung dan kemampuan logika / bernalar.

  • Apakah SMA Non-IPA dan SMK Non-Teknik Bisa Meneruskan Teknik Informatika?

Tentu saja bisa! Selama kamu memiliki kemampuan berhitung dan bernalar yang baik dan tajam serta lolos saat seleksi penerimaan mahasiswa baru maka apapun jurusan kamu saat SMA/SMK maka kamu bisa meneruskan kuliah di teknik informatika.

Bahkan lulusan Madrasah Aliah (MA) pun juga bisa kuliah di jurusan teknik informatika.

  • Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Informatika?

Secara garis besar hal-hal yang akan kamu pelajari di jurusan teknik informatika di kampus manapun adalah:

o   Matematika (ini jelas akan kamu dapatkan di jurusan Teknik apapun)

o   Logika Informatika

o   Algoritma dan Pemrograman

o   Jaringan Komputer

o   Pemrograman Web

o   Pemrograman Java

Universitas Jurusan Teknik Informatika

Jika kamu sudah mantap untuk meneruskan kuliah di jurusan teknik informatika dan mencari universitas jurusan teknik informatika maka kamu bisa memilih STMIK IDS DC. STMIK IDS DC merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer IDS DC. Sesuai dengan namanya, sekolah ini adalah salah satu universitas yang berlokasi di Jalan Kalibata Tengah Nomor 35A, Kalibata, Pancoran, RT.11/RW.7, Jakarta Selatan. Universitas ini berdiri pada tanggal 12 April 2007 yang terus berkembang dan maju hingga sekarang dengan jumlah mahasiswa dan dosen yang selalu bertambah.

STMIK IDS DC telah meluluskan banyak mahasiswa dan mahasiswinya dan berhasil mengaplikasikan pengetahuan serta kemampuannya untuk bersaing di perusahaan lokal maupun asing. Perlu diketahui bahwa STMIK IDS DC memiliki dua program studi yaitu, program studi Sistem Informasi dan program studi Teknik Informatika yang menyediakan kelas reguler dan juga kelas non reguler atau karyawan.

Proses pendaftarannya sangat mudah, ada 2 cara yang bisa kamu lakukan:

  • Pendaftaran Kuliah Secara Langsung

Universitas jurusan teknik informatika dan sistem informasi ini memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin mendaftar menjadi salah satu mahasiswa di sana. Untuk pendaftaran secara langsung, kamu bisa membeli formulir pendaftaran di STMIK IDS Digital College yang bertempat di Pancoran, Jakarta Selatan. Isi formulir pendaftaran tersebut di rumah kamu dengan melengkapi beberapa hal. Setelah berhasil, kamu bisa mengembalikan formulir pendaftaran langsung ke STMIK IDS DC serta melakukan cicilan pembayaran.

  • Pendaftaran Kuliah Secara Online

Lebih mudah lagi dengan menggunakan online bagi yang memiliki koneksi internet. Calon mahasiswa wajib mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh STMIK IDS DC secara lengkap. Kemudian, calon mahasiswa yang telah mengisi formulir pendaftaran tinggal menunggu konfirmasi dari pihak STMIK IDS DC. Jika sudah mendapatkan konfirmasi kamu bisa mempersiapkan biaya yang harus kamu bayarkan atau bisa juga mencicil.

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat