Webinar IDS Digital College Bersama SMIT-ITS: How To Scale-Up Your Startup Companies - IDS Digital College

Webinar IDS Digital College Bersama SMIT-ITS: How To Scale-Up Your Startup Companies

Sekolah Interdisipliner Manajemen dan Teknologi – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (SMIT-ITS) bekerja sama dengan IDS Digital College kembali melaksanakan Webinar dengan mengangkat tema “How To Scale-Up Your Startup Companies” Lewat zoom Meeting, Sabtu (18/12/2021).

Adapun tema “How To Scale-Up Your Startup Companies” ini diambil dari bagaimana sebuah perusahaan kecil menjadi lebih besar, mempunyai suatu sistem yang lebih mapan dan tentunya mampu menghasilkan keuntungan yang lebih banyak. Di Indonesia sendiri banyak sekali Startup yang berkembang. Startup ini merujuk kepada perusahaan yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi dan model bisnis yang baru. Setelah melalui Fase startup, perusahaan akan masuk ke fase scale-up, di mana perusahaan akan mematangkan model bisnis dan mengembangkan organisasi dengan cepat. Dibutuhkan pengetahuan, jejaring dan pola pikir yang berbeda antara kedua fase ini.

Acara ini dihadiri oleh 146 partisipan serta menghadirkan pembicara yang kompeten dalam bidangnya Dr. Agr. Wayah Surya Wiroto, selaku Managing Director di Endeavor Indonesia. Endeavour adalah organisasi kewirausahaan yang telah berkiprah dalam ekosistem ekonomi Indonesia melalui High-Impact Entrepreneurship (HIE).

Webinar ini dipandu oleh Mizati Devi Wasdiana  dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Acara ini dimulai pada pukul 13.00 WIB yang diawali dengan salam sapa dari presenter kepada audiens serta sambutan dari pihak Sekolah Interdisipliner Manajemen dan Teknologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (SMIT-ITS) maupun Internasional Design School (IDS) Digital College dan narasumber yang telah hadir dalam Zoom Meetings tersebut.

Dalam acara tersebut, lebih jauh Wayah mengatakan apa perbedaan antara start-up dan scale-up bahwa ketika kamu berbicara mengenai start-up itu adalah company very Early-stage pada fase ini produk yang masih kemungkinan besar akan berganti lagi, belum tentu produknya itu fix sedangkan di scale-up produknya sudah tervalidasi, serta pada marketplacenya menghasilkan sustainable income buat perusahaannya.

“kami selalu menekankan bahwa seluruh perusahaan harus berbasis teknologi, Tech Enabled Start-Up kenapa kita melakukan hal tersebut, karena perusahaan yang berbasis teknologi mudah untuk ditingkatkan,” ujar Wayah dalam pembicaraannya lewat Zoom Meetings tersebut.

Sesi pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab secara interaktif antara audiens dan juga narasumber.

“apakah startup yang ada di Indonesia dari dulu sampai saat ini sudah melakukan scaling up? Dan seberapa penting, scaling up bagi startup?” ujar Charisma Firnandya dari Universitas Widyagama Malang.

Sementara itu, Wayah menegaskan, “di Indonesia sudah banyak sekali startup yang melakukan scaling up, Cuma jumlah dananya yang mencapai ratusan juta hingga billion US Dollar tidak banyak. Scaling up itu sangat penting jika startup tidak bisa scalling up atau skalabilitasnya tidak baik maka investorpun tidak akan mau berinvestasi pada usaha tersebut.”

Pada akhir sesi wayah menjelaskan bahwa ia percaya ketika menjadi seorang entrepreneur itu jalan yang sangat mulia, dalam artiannya bukan hanya menciptakan lapangan pekerjaan, tetapi juga menciptakan sebuah teknologi, menciptakan banyak hal di antara kapasitas diri sendiri yang dimiliki. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali tempat-tempat dilakukannya diskusi, meminta bantuan seperti ecosystem builder dan sebagainya tinggal bagaimana cara memanfaatkan peluang yang ada.

 Menjadi seorang pengusaha adalah hal yang sangat baik dan sangat mulia sehingga jangan pernah patah semangat, terus belajar, kreatif, selalu menarik, menjalaninya dengan senang hati, menikmati segala prosesnya, lalu tetap maju kedepan.

Posted in: News



    WhatsApp chat