Back Up Data Website Penting Nggak Sih? Yuk, Cari Tau di Sini! - IDS Digital College

Back Up Data Website Penting Nggak Sih? Yuk, Cari Tau di Sini!

Bagaikan nyawa dalam website, data punya peranan penting. Maka itu perlu disimpan dengan baik. Akan lebih bagus jika dikelompokkan sesuai kategori masing-masing agar mudah ketika mencarinya. Meski begitu, kamu tetap perlu melakukan backup data demi keamanan.

 

Mencadangkan data tidak hanya berguna dalam mencegah cyber attack, tapi juga berjaga-jaga jika suatu hari data atau file yang kamu butuhkan tiba-tiba tidak sengaja terhapus. Yuk, cari tau cara dan manfaat yang bisa didapat dari backup data!

 

Kegunaan Backup Data

Keamanan data dalam situs perlu dijaga jika website yang kamu miliki berisi data berupa sebagai sumber para pelanggan mendapatkan informasi terkait brand atau produkmu. Manfaat yang didapat yaitu menduplikasi, mengembalikan data jika hilang, memberi keamanan terhadap data, kemudahan dalam mengakses data, serta mengantisipasi ketika sistem operasi bermasalah. Selain itu, membackup data juga berguna untuk menghindari beberapa kasus kerusakan lainnya, penyebabnya antara lain:

 

 

  • Website Down

 

Ketika website-mu mengalami down-time dan kehilangan data karena pembaruan fitur, penting sekali untuk membackup data setelah website kembali aktif. Kamu patut melakukannya secara berkala. Penyebab dari website down biasanya bermacam-macam, mulai dari kualitas hosting yang kurang baik, trafik yang tinggi, kendala pada DNS, dan lain-lain.

 

 

  • Kerusakan pada HDD/SSD

 

Fungsi dari Hard Disk Drive (HDD) atau Solid State Drive (SSD) memang digunakan untuk menyimpan data dalam ukuran besar. Tapi, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi kerusakan. Demi menyelamatkan data, kamu harus mengetahui cara mencadangkan data.

 

 

  • Peretasan

 

Hacker juga bisa menyerang website meski kamu berpikir telah menyimpan data dengan aman. Ini menjadi salah satu alasan mengapa kamu perlu backup data ke tempat yang terjamin keamanannya.

 

  • Cyber Attack

Serangan siber bisa terjadi kapan saja dan jenisnya bisa bermacam-macam, mulai dari phising (pencurian data), brute force (percobaan login berkali-kali), hingga ransomware (virus) pada website.

 

 

  • Human Error

Kerusakan juga bisa terjadi karena kecerobohan. Data yang kamu simpan bisa saja tidak sengaja terhapus ketika melakukan pembersihan data. Jika dibiarkan, human error bisa menyebabkan kerugian dari segi materi atau non materi.

 

Cara Backup Data Website

Beberapa kesalahan yang telah disebutkan bisa saja terjadi, maka itu penting untuk membackup data pada website. Data yang tersimpan di lebih dari satu media penyimpanan, maka akan memberikan rasa aman. Dalam proses restore memang dibutuhkan waktu beberapa saat agar hasilnya bisa terlihat. Kamu bisa mengikuti langkah sederhana berikut:

 

  1. Login ke halaman cPanel
  2. Pada kolom Files, pilih backup Wizard
  3. Pilih ‘Back Up’ jika ingin mencadangkan data dan menu ‘Restore’ kalau ingin melakukan pemulihan
  4. Klik ‘Full Backup’ di halaman selanjutnya
  5. Lanjut dengan klik tombol “Generate Backup” untuk mengunduh hasil backup. Masukkan email yang kamu gunakan untuk menerima hasil dari pencadangan.
  6. Tunggu notifikasi berupa link backup di kotak masuk email dan buka linknya
  7. Sehabis mengunduh, kamu akan mendapat folder dengan format “.tar.gz,”. File tersebut digunakan untuk melakukan Restore di website-mu jika mengklik “Restore”.

 

Nantinya, backup yang kamu lakukan akan terdaftar pada halaman histori di Backup Wizard. Backup data secara berkala akan membantu file yang kamu simpan tetap terjaga dengan aman. Cadangan data yang disimpan dapat digunakan kembali sebagai pengganti data yang telah hilang, terhapus, atau rusak.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat