Bagaimana COVID-19 Mampu Mengubah Dunia IT? - IDS Digital College

Bagaimana COVID-19 Mampu Mengubah Dunia IT?

Dampak dari pandemi COVID-19 dirasakan oleh seluruh masyarakat di belahan dunia. Bahkan hingga kini, masih banyak negara-negara yang berjuang untuk membasmi virus COVID-19. Virus ini nyatanya bukan hanya berdampak pada segi kesehatan saja tetapi juga dunia IT. 

Berdasarkan survei yang dilakukan Google, dimana IDG bekerjasama dengan Google Cloud untuk memahami dampak COVID-19 dan implikasinya terhadap IT, ditemukan hasi bahwa sebanyak 2.000 IT leader mengungkapkan ada empat tren utama yang menangkap imajinasi dari departemen IT di tahun 2021 ini. 

Pertama, solusi multi cloud yang memberikan fleksibilitas organisasi dalam menjalankan aplikasi saat mereka membutuhkannya. Kedua, solusi analisis data yang bisa memberikan solusi nyata secara real time. Ketiga, solusi keberlanjutan yang memungkinkan organisasi mengurangi emisi karbon mereka. Keempat, solusi keamanan yang melindungi data, aplikasi, infrastruktur dan pelanggan mereka. 

Jika diperluas maka akan mendapatkan hasil sebagai berikut: 

  • Dukungan untuk hybrid dan multi cloud adalah prioritas utama IT saat ini. Mempertimbangkan dari penyedia cloud, 78% responden mengatakan mereka memberikan dukungan untuk hybrid dan multi cloud sebagai faktor utama yang harus dipertimbangkan selama COVID-19 ini. Karena adanya COVID-19 ini dengan jelas membuat orang sadar akan kebutuhan dari fleksibilitas, ketahanan, dan pengembangan. 
  • Janji akan data intelligence yang akan terus meningkat. 44% dari organisasi digital saat ini menggunakan data analytics, AI/ML, dan teknologi IoT. Ini merupakan 20% lebih banyak dari pada organisasi yang masih menggunakan cara konservatif. Perusahaan yang memiliki wawasan untuk maju ke depan menggunakan teknologi untuk mengotomatiskan proses, membuat intelligent predictions dan merampingkan manajemen dan operasi. 
  • 84% responden mengatakan bahwa mereka percaya jika infrastruktur cloud mereka lebih aman atau semaan dengan infrastruktur lokal mereka. Sedangkan 15% lainnya percaya bahwa infrastruktur lokal lebih aman. 
  • Sustainability sekarang menjadi prioritas utama bagi dunia IT. hal ini terjadi kemungkinan besar didorong oleh tekanan dari pemegang saham dan konsumen. Dimana 90% responden menyatakan jika sustainability merupakan prioritas atau metrik kinerja mereka dalam dunia IT. meskipun keinginan untuk sustainability tinggi, namun tindakan yang diambil masih belum banyak. Hanya dua pertiga dari responden yang melaporkan organisasi mereka memiliki target untuk sustainability saat ini. Kebanyakan dari mereka yang memilih penyedia dengan catatan sustainability seperti record dari Google Cloud’s carbon neutrality commitments. 

Baca Juga : Cara Bisnis Bertahan di Tengah Rentannya Kejahatan Siber Jangka Panjang Covid-19

Dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa pandemi COVID-19 memang memberikan banyak perubahan terhadap dunia IT. Usai tahun 2020, para pemimpin IT ingin mencoba menciptakan cara baru untuk beroperasi dan berinovasi dalam dunia IT. Kira-kira apa prioritas mereka selanjutnya di tahun 2021 ini dan tahun-tahun berikutnya? Kita lihat saja, ada perubahan mencolok apalagi yang ada dalam dunia IT di tahun 2021. 

Jika kamu tertarik seputar dunia IT, ambil kelas dengan jurusan Teknik Informatika di IDS Digital College. Ini adalah salah satu Universitas IT terbaik di Asia dengan kurikulum bertaraf internasional yang didukung dengan pembelajaran dan monitoring online langsung dengan Profesor dari PSG College of Technology India. Wujudkan impianmu bekerja di bidang IT bersama IDS Digital College!

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat