Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengatasi Cyberbullying - IDS Digital College

Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengatasi Cyberbullying

Semakin berkembangnya dunia internet, teknologi, dan sosial media, nyatanya tak selalu berdampak positif. Ada sisi negatif yang dirasakan akibat perkembangan ini, salah satunya adalah peningkatan kasus cyberbullying. 

Cyberbullying bukan hanya bisa menimpa para publik figur, tetapi juga anak-anak, dan orang dewasa. Sekali cyberbullying viral di dunia maya, maka akan sulit dihentikan penyebarannya. Efek dari cyberbullying ini juga cukup fatal, bisa menyebabkan trauma atau masalah kesehatan mental pada sang korban. 

Kebanyakan yang masih mudah tersulut emosi dan mudah melakukan cyberbullying adalah pada anak-anak dan remaja. Jika kamu pernah menjadi korban cyberbullying, berikut cara mengatasinya. 

 

1.  Yakinkan kalau itu bukan salahmu.

“Bullying” atau “pembulian” biasanya berarti kamu tidak melakukan hal yang salah, namun seseorang atau beberapa orang mengatakan dan melakukan hal yang jahat kepadamu. Entah itu karena perbedaan pendapat atau ketidaksukaan dari pihak lainnya. Pastikan untuk tidak menyalahkan dirimu. Jika kamu salah maka yang kamu dapatkan adalah hukuman sosial, namun jika kamu merasa kamu tidak salah maka kamu dipastikan terkena bullying dan jangan menyalahkan diri sendiri akan hal itu. 

 

2.  Jangan menanggapi atau membalas.

Terkadang orang senang melihat reaksi seseorang jika dibully dan akan membuat mereka memberikan lontaran yang lebih jahat untuk membalasnya, karena mereka merasa mereka memiliki power yang lebih dari kamu. Jika kamu membalasnya dengan hal yang serupa dengan yang mereka lakukan pada kamu, maka kamu tidak ada bedanya dengan mereka dan ini bisa memperbesar permasalahan. Jika bisa, menghilanglah dari situasi tersebut dan coba lakukan hal lain yang bisa men-distracts kamu dari melihat postingan bullying itu. 

 

3.  Simpan buktinya.

Kemudian simpan bukti-bukti cyberbullying yang sudah kamu alami. Hal ini bertujuan agar kamu memiliki bukti jika ingin melaporkan pada pihak yang berwajib. 

 

4.  Katakan orang tersebut untuk berhenti.

Kamu bisa melakukan hal ini atau tidak. Jika kamu ingin menyelesaikan masalah ini dengan baik dan tidak melakukannya hingga ke ranah hukum, kamu bisa mengatakan kepada pembully untuk stop melakukan cyberbullying. Bersikap tegaslah pada mereka, tunjukkan kalau kamu sama sekali nggak powerless.  

 

5.  Mencari pertolongan.

Jika cyberbullying yang kamu terima sudah sangat keterlaluan yang bisa mengancam keselamatan jiwa dan masalah kesehatan mental, sebaiknya kamu mencari pertolongan. Kamu bisa melaporkannya ke orang terdekat untuk membantu melaporkan pada pihak berwajib. Kemudian mencoba menghubungi psikolog untuk membantumu mengatasi trauma. 

Baca Juga : Trik Jitu Merancang Detection dan Response untuk Cegah Cyber Attack

6.  Protect akunmu.

Jangan sebarkan password media sosialmu kepada siapapun, aktifkan mode privasi sehingga hanya orang-orang yang kamu follow saja yang bisa melihat profil instagram atau twittermu. Kamu juga bisa melakukan block dan melaporkan akun-akun yang melakukan cyberbullying kepadamu. 

 

7.  Jika kamu tahu ada orang yang terkena cyberbullying, ambilah tindakan.

Ini adalah hal yang harus kamu lakukan jika melihat orang yang terkena bullying, Cobalah untuk membantunya, meski hanya dengan mendengar atau melaporkan pada pihak yang berwajib. 

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat