Bagaimana Menghentikan Ancaman Bom Teks Pada Aplikasi Komunikasi - IDS Digital College

Bagaimana Menghentikan Ancaman Bom Teks Pada Aplikasi Komunikasi

Perkembangan internet dan teknologi informasi yang sangat pesat mempengaruhi secara langsung kebutuhan pokok akan informasi dalam kehidupan manusia saat ini. 

Karena informasi yang didapat secara cepat, tepat dan akurat memainkan peranan sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia, seperti sebagai alat bantu dalam proses pengambilan keputusan penentuan sebuah kebijaksanaan atau bahkan sebagai tren atau gaya hidup manusia modern. 

Saat ini semakin banyak kalangan pemerintah baik sipil maupun militer, bisnis, organisasi nirlaba, hingga individu yang menjadi sangat ketergantungan dengan fenomena di zaman informasi ini. Sehingga muncullah istilah yang sering dikenal dengan sebutan “the information age” atau abad informasi.

Namun kenyamanan serta kemudahan yang ditawarkan di abad informasi tersebut sekaligus mengundang terjadinya tindakan kejahatan atau kriminalitas di dunia maya atau dunia siber yang kita sebut dengan cyber crimes oleh para pelaku yang ingin mengambil kesempatan dan keuntungan dalam dunia maya tersebut. 

Sebagai contoh misalnya: serangan-serangan bom teks, pencurian data terhadap berbagai situs baik milik pemerintah maupun situs-situs komersial dan perbankan tidak terkecuali kemungkinan serangan terhadap situs-situs milik institusi strategis di Indonesia dan serangan-serangan lainnya seperti situs-situs milik sejumlah lembaga strategis tertentu.

Saat ini akses internet melalui komunikasi nirkabel, baik yang berbayar ataupun fasilitas layanan wi-fi gratis yang tersedia di bandara, stasiun kereta api dan bangunan komersial meningkat, sehingga memungkinkan terjadinya kebocoran informasi pribadi atau rahasia perusahaan yang bisa digunakan untuk menyerang server. 

Selain itu adanya resiko serangan malware pada smartphone atau pada aplikasi komunikasi yang bisa mengakibatkan isi buku alamat dan informasi pribadi lainnya mungkin dapat terkirim ke server eksternal atau yang tidak sah, atau berisi bom teks yang masuk dalam aplikasi komunikasi kita seperti Whatsapp, telegram, email dan aplikasi lainnya.

Kasus penipuan dengan satu kali klik juga makin marak, dengan mengklik gambar, link pada pesan teks atau video dapat menyebabkan penagihan tidak sah atau mengarahkan pengguna akses ke situs palsu.

Surat elektronik (email) juga tidak luput menjadi serangan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Target serangan ini bisa individu atau organisasi, dimana sebuah email dengan lampiran yang terinfeksi virus dikirim dari penyerang atau adanya kasus laporan password yang dicuri atau terinfeksi virus. 

Jika sudah disusupi virus, pengguna akan membuka lampiran maka secara otomatis menyebabkan koneksi ke server eksternal yang dikehendaki penyusup dan informasi dalam komputer atau aplikasi komunikasi akan bocor.

Ancaman bom atau ketakutan akan bom adalah ancaman, biasanya lisan atau tertulis , untuk meledakkan alat peledak atau pembakar yang menyebabkan kerusakan properti , kematian, cedera, dan / atau memicu ketakutan, terlepas dari apakah perangkat semacam itu benar-benar atau tidak ada.

Untuk menghentikan ancaman bom teks pada aplikasi komunikasi.

  • Selalu gunakan security software yang up to date, salah satu cara paling mudah dalam mencegah hacker-hacker dan para cybercrime dalam melakukan hacking dan mencuri informasi adalah dengan tetap menjaga keamanan setiap PC dan juga software dalam PC anda agar tetap ter-up-to-date.

Biasanya dalam aplikasi komunikasi sering secara berkala mengeluarkan update-update perangkat. Hal tersebut ditujukan untuk menutup celah keamanan yang ada pada perangkat anda. Untuk mencegah para cybercrime dalam mencuri informasi sensitif anda, maka ikutilah rekomendasi update yang diberikan oleh vendor perangkat.

  • Install software antivirus, software antivirus digunakan untuk mencegah, mendeteksi dan menghilangkan berbagai malware seperti: virus, hijackers, ransomware, keyloggers, backdoors, rootkits, trojan horse, worms, malicious LSPs, dielers, dan spyware. 

Bagi seorang yang memiliki bisnis pasti sangat penting untuk melakukan investasi pada sebuah software antivirus untuk digunakan di berbagai komputer perusahaan anda. Software antivirus wajib ada khususnya bagi komputer yang menyimpan informasi sensitif milik customer-customer anda.

  • Membuat backup data sebaiknya pengguna aplikasi komunikasi memiliki backup dari dokumen pribadinya, entah itu berupa foto, musik, atau lainnya. Ini bertujuan agar data anda masih tetap bisa terselamatkan bila sewaktu-waktu terjadi pencurian data atau ada kesalahan pada sistem komputer anda.
  • Untuk menghentikan ancaman bom teks anda harus cepat untuk melaporkannya kepada pihak berwajib atau juga anda bisa melakukan blokir pada ancaman bom teks tersebut.
Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat