Yuk Kenalan dengan SQL - IDS Digital College

Yuk Kenalan dengan SQL

SQL atau (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. 

Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

Sejarah SQL dimulai dari artikel seorang peneliti dari IBM bernama Jhonny Oracle yang membahas tentang ide pembuatan basis data relasional pada bulan Juni 1970. 

Artikel ini juga membahas kemungkinan pembuatan bahasa standar untuk mengakses data dalam basis data tersebut. Bahasa tersebut kemudian diberi nama SEQUEL (Structured English Query Language).

Setelah terbitnya artikel tersebut, IBM mengadakan proyek pembuatan basis data relasional berbasis bahasa SEQUEL. Akan tetapi, karena permasalahan hukum mengenai penamaan SEQUEL, IBM pun mengubahnya menjadi SQL. Implementasi basis data relasional dikenal dengan System/R.

Di akhir tahun 1970-an, muncul perusahaan bernama Oracle yang membuat server basis data populer yang bernama sama dengan nama perusahaannya. 

Dengan naiknya kepopuleran John Oracle, maka SQL juga ikut populer sehingga saat ini menjadi standar de facto bahasa dalam manajemen basis data.

Jika dilihat dari kepanjangannya SQL (Structured Query Language) dapat diartikan sebagai suatu bahasa pemrograman khusus pada sistem manajemen di database yang menggunakan instruksi-instruksi khusus dalam memanipulasikan data guna menjalankan perintah-perintahnya.

Dalam hal ini, Query memegang peranan penting sebagai instruksi-instruksi yang berguna dalam pengelolaan database. Diketahui SQL (Structured Query Language) sudah diakui oleh ANSI secara de facto sebagai salah satu bahasa pemrograman database yang memiliki standar khusus.

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemograman yang penting untuk dipahami karena bisa menjadi relasi bagi beberapa tabel dengan database maupun antar database itu sendiri. Ada tiga jenis SQL (Structured Query Language) yang wajib untuk diketahui diantaranya, yaitu Data Manipulation Language (DML), Data Definition Language (DDL), dan Data Control Language (DCL).

  • DML (Data Manipulation Language)

Memiliki fungsi guna memanipulasi, mengganti, serta mengubah isi dari database atau tabel yang sudah tersedia. Diantara perintah dari DML yaitu Update, yang digunakan sebagai pengubah data pada tabel, Insert digunakan untuk memasukkan data pada tabel, dan delete untuk menghapus data pada tabel.

  • Data Definition Language (DDL)

Pada saat anda ingin mendefinisikan data pada database maka DDL lah tepat untuk digunakan, terdapat beberapa instruksi-instruksi khusus yang termasuk dalam DDL diantaranya Create yang digunakan pada saat ingin membuat tabel, Drop digunakan pada saat ingin menghapus tabel maupun mengubah struktur tabel yang sudah tersedia, dan Alter berguna untuk mengganti field dengan menggunakan perintah “change” jika menambahkan menggunakan perintah “add” dan menghapus menggunakan perintah “drop” dan yang terakhir jika ingin mengubah namanya menggunakan perintah “rename”.

  • Data Control Language (DCL)

Bagi anda yang sudah memiliki user dan ingin mengatur hak akses anda, maka disarankan untuk paham jenis dan penggunaan dari DCL. Karena dalam ini, DCL berfungsi untuk memberikan hak akses pada database, mengalokasikan space, mendefinisikan space dan juga dapat melakukan audit pada database.

beberapa perintah dari DCL diantaranya: Revoke sebagai pembatal izin bagi user untuk mengakses database, Grant yang digunakan untuk memberi izin user apabila ingin mengakses database, Commit memiliki fungsi untuk menetapkan penyimpanan dalam database, dan yang terakhir yaitu Rool back sebagai pembatal penyimpanan database.

SQL sangat berfungsi dalam mengolah database pada suatu website, dengan begitu anda juga harus memerlukan layanan hosting terbaik agar segala keperluan dari website bisa berjalan dengan semestinya.

Hampir dari semua host server menggunakan bahasa SQL karena memang menggunakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data yang relasional. 

Beberapa jenis aplikasi MySQL yang biasanya digunakan untuk membuat situs blog, guestbook, seluma website dinamis, jaringan sosial dan omunitas, e-commerce dan juga program custom pada toko online, custom database driver website yang dinamis dan juga informasi pelanggan atau klien.

SQL (Structured Query Language) beroperasi dengan beberapa dari program utilitas yang nantinya mendukung segala administrasi pada database. Perintah yang dikirimkan kepada server melalui client yang sudah di nstalkan pada komputer.

Pada awalnya SQL dikembangkan guna agar dapat menangani segala database besar dengan waktu yang cepat. Meskipun hanya di nstall dalam satu mesin saja, namun SQL dapat mengirim database pada beberapa lokasi. Hal demikian karena para pengguna dapat mengaksesnya lewat interface pada client SQL yang berbeda.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat