Tips Meningkatkan Logika Dalam Pemrograman - IDS Digital College

Tips Meningkatkan Logika Dalam Pemrograman

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer.

Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk membuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau pekerjaan sesuai dengan keinginan si pemrogram. 

Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Bagi orang yang berkecimpung di dunia pemrograman, tentu sudah tidak asing lagi dengan logika dan algoritma pemrograman. 

Apalagi bagi developer yang sudah ahli, logika pemrograman dasar sudah menjadi sesuatu yang akrab baginya. Begitu juga algoritma pemrograman, tentu sudah menjadi makanan sehari-hari.

Logika dan algoritma pemrograman merupakan sesuatu yang berbeda tetapi tidak dapat dipisahkan saat digunakan untuk membangun sebuah produk dengan menggunakan bahasa pemrograman. 

Logika dapat digunakan untuk memecahkan masalah pemrograman yang sedang dihadapi, sedangkan algoritma akan membuat permasalahan tersebut terselesaikan secara runtut sesuai alur yang seharusnya.

Oleh karena itu, seorang pemula tentu harus berlatih kedua hal tersebut dengan tepat, termasuk di dalamnya berlatih untuk mengolah logika pemrograman dasar untuk mengembangkan sebuah program melalui penyelesaian permasalahan yang tepat. 

Logika pemrograman dasar menjadi kunci logika-logika pengembangan lanjutan.

Logika dalam pemrograman adalah kunci dasar menjadi seorang developer yang baik.

Anda akan lebih banyak memanfaatkan algoritma dibanding hal lainnya, tergantung dimana atau untuk siapa kamu bekerja.

Jika kamu seorang web designer, kamu mungkin tidak perlu berurusan dengan algoritma yang kompleks, tapi jika kamu mengerjakan pengembangan front-end web atau back-end, kamu tentunya akan banyak berurusan dengan algoritma.

Untuk meningkatkan logika anda dalam pemrograman, anda harus melakukan tips berikut ini.

  • Belajar paradigma pemrograman

Object-Oriented Paradigm (OOP) mungkin adalah paradigma pemrograman yang paling sering digunakan dan diketahui banyak orang. 

Ini digunakan seperti denah yang dapat kamu ikuti untuk menciptakan proyekmu. Kamu juga dapat belajar Fungsional Pemrograman untuk belajar bagaimana kamu dapat mengembangkan program dan memecahkan masalah dengan mudah.

  • Belajar struktur data dan algoritma

Mempelajari tentang struktur akan memungkin kamu untuk merancang sebuah rencana lebih cepat untuk memecahkan sebuah masalah, hingga menciptakan software yang lebih efisien.

Kamu bisa memainkan permainan seperti catur atau kamu bisa membuka kembali buku pelajaran matematika anda untuk belajar dan berlatih struktur dasar dan algoritma.

  • Lihat kode milik orang lain

Dalam pemrograman, ada banyak sekali cara tidak terhitung untuk memecahkan masalah.

Jika kamu berhadapan dengan sebuah masalah, mungkin saja bukan hanya kamu yang sedang berhadapan dengan masalah yang sama. 

Cari dan lihat yang lainnya dalam sebuah komunitas atau secara online, yang mungkin telah menemukan cara mudah dan optimal untuk menyelesaikan masalah yang kamu hadapi.

Melihat pemikiran orang lain penting untuk meningkatkan dirimu menjadi programmer yang baik.

  • Berpikir untuk memecahkan masalah

Pemrograman adalah tentang memecahkan masalah. Jika kamu kesulitan melakukan hal ini, teknik yang baik mungkin akan membagi masalah besar itu, mengecilkannya, agar kamu dapat fokus dengan bagian yang lebih penting untuk diselesaikan, selangkah demi selangkah.

  • Berlatih

Poin yang paling penting adalah: LATIHAN, LATIHAN, dan LATIHAN!

Sebuah algoritma tidak lebih dari sebuah operasi yang teratur dan terbatas, yang kita lakukan untuk satu tujuan, mencari solusi dari sebuah masalah. 

Jadi, berlatihlah sebanyak mungkin dengan menggunakan masalah-masalah yang sudah dibuat atau latihan-latihan lainnya untuk memperkuat kemampuanmu.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat