Bagaimana Sih Strategi Keamanan Siber di Indonesia? Cari Tau Yuk! - IDS Digital College

Bagaimana Sih Strategi Keamanan Siber di Indonesia? Cari Tau Yuk!

Penggunaan teknologi di berbagai aspek membuat isu keamanan siber atau cyber security patut diutamakan. Hal ini menjadi begitu penting karena telah tercatat puluhan juta serangan siber terjadi di Indonesia. Bahkan, 40 persen di antaranya masuk ke dalam kategori serangan malware. Kamu yang begitu akrab dengan dunia internet harus sadar akan betapa pentingnya keamanan siber. Informasi berikut akan menjelaskan secara singkat mengenai keamanan siber di tanah air. Tanpa lama lagi, cari tahu yuk!

 

Menjaga Keamanan Siber Bukanlah Tugas Mudah

Majunya perkembangan penyelenggaraan sistem elektronik serta elektronik ekonomi digital menjadikan teknologi informasi dan komunikasi mudah dijumpai di berbagai aspek. Mulai dari aspek sosial, ekonomi, hukum, dan masih banyak lagi. Berbanding lurus dengan pertumbuhan tersebut, ancaman di dunia siber juga menanjak. Tingkat risiko serta penyalahgunaan teknologi informasi dan komunikasi menuju ke tingkatan yang lebih kompleks.

 

Semestinya, fenomena ini harus dibarengi dengan keamanan siber yang tak kalah canggih. Tetapi, menjaga keutuhan dari keamanan siber bisa menjadi tugas yang tidak mudah untuk dilakukan, meski sebuah perusahaan memiliki kapabilitas teknologi informasi yang tinggi. Perlu dilakukannya pengembangan lebih lanjut terkait kemampuan dalam hal respon yang tepat serta menggunakan pendekatan yang sistematis dan terstruktur terhadap berbagai macam insiden cyber attack. 

 

Menentukan Strategi yang Tepat

Perusahaan yang sangat akrab dengan dunia internet dan digital setidaknya wajib mempersiapkan serta melakukan identifikasi kebutuhan dalam proses persiapan, tindak penanganan, dan langkah tertentu setelah terjadinya serangan keamanan siber. Tujuannya untuk membangun kemampuan dalam merespon insiden keamanan siber yang efektif. Kamu bisa perhatikan detail dan polanya. Gunakan strategi yang tepat untuk melakukan upaya hukum serta membuka informasi dengan pihak eksternal untuk menjaga nama baik perusahaan.

 

Pelatihan Hukumonline

Permasalahan tersebut bisa dijawab dengan adanya Pelatihan Hukumonline 2019 “Strategi Keamanan Siber: Penanganan, Pencegahan, dan Penanggulangan Serangan Siber pada Perusahaan” yang akan diadakan pada 19-20 Juni 2019 di Fraser Place, Setiabudi, Jakarta oleh Hukumonline.com.

 

Pelatihan tersebut dihadiri oleh tiga pembicara perwakilan dari Indonesia Cyber Law Community (ICLC) yang merupakan pakar dalam isu keamanan siber, yaitu Teguh Arifiyadi selaku Ketua Umum Indonesia Cyber Law Community (ICLC), Dedi Dwianto selaku Konsultan & Auditor Keamanan Informasi, dan Raditya Iryandi selaku Praktisi Keamanan Siber. Isi pembahasannya yaitu berbicara tentang kondisi ideal sistem keamanan siber, manajemen krisis serangan siber, perbaikan dan evaluasi sistem keamanan siber, upaya hukum dan penindakan yang perlu dilakukan, dan penanganan komunikasi perusahaan dengan pihak eksternal.

 

Tertarik belajar soal cyber security? Kuliah program Cyber Security di IDS Digital Collage aja!

 

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat