Bahasa Pemograman Yang Up To Date - IDS Digital College

Bahasa Pemograman Yang Up To Date

Di era teknologi sekarang ini, ada banyak bahasa pemograman yang bisa dipelajari oleh seorang programmer. Bahasa pemograman atau yang juga dikenal dengan bahasa komputer adalah kumpulan sintaks yang berguna untuk menjalankan perangkat lunak pada komputer. Atau dapat diartikan bahwa bahasa pemograman dipakai untuk membuat program komputer menggunakan aturan logika komputer. Bahasa komputer berguna untuk menentukan data sedang dijalankan atau diambil. Tujuan lainnya seperti membuat website, aplikasi, atau produk digital lainnya. Keahlian pemograman dapat diterapkan untuk membangun sebuah sistem perangkat lunak yang bersifat baru. 

Beberapa bahasa pemograman yang dapat dipelajari programer agar suatu pekerjaan semakin cepat dikerjakan berkat sebuah program.

1. Java
Java merupakan bahasa pemograman yang populer. Java tidak hanya dipakai sebagai bahasa pemograman desktop, tapi juga bisa digunakan untuk bahasa pemograman aplikasi mobile. Sejak dirilis tahun 1995 java langsung naik menjadi bahasa pemograman yang populer. Java biasa digunakan oleh big data developer, back-end developer, system engineer, Android developer dan architect. Menariknya lagi, Java Virtual Machine terbilang yang paling baik untuk membuatnya secara kompatibel untuk platform manapun.

Java berorientasi pada objek. Pemrograman berorientasi objek (object oriented programming atau OOP) adalah suatu pendekatan yang memungkinkan suatu kode yang digunakan untuk menyusun program menjadi lebih mudah untuk digunakan kembali (istilah aslinya reusability), lebih handal, dan lebih mudah dipahami. 

2. Java Script
Bahasa pemograman javascript biasa digunakan untuk membuat web baru dan membuat web yang lebih interaktif. Memang pada awalnya pengembangan javascript ditujukan untuk pembuatan website. Selain itu, pengembangan java script tidak hanya untuk membuat website, tapi juga dikembangkan pada aplikasi mobile game dan desktop. Bahasa pemograman yang satu ini tidak membutuhkan resource memory besar (ringan dan kecil), dinamis dan mudah dikembangkan. Hanya saja script bahasa pemograman ini tidak terenkripsi, bukan untuk pengembangan aplikasi stand alone, dan memiliki keterbatasan objek.

3. Python
Python merupakan bahasa pemograman yang memproses angka, text, gambar dan jenis data lainnya pada komputer. Dalam pengembangannya, python banyak digunakan oleh perusahaan besar seperti nasa, instagram, google, yahoo, reddit, dan juga youtube. python juga bisa digunakan untuk membangun aplikasi dari website dan mobile, sama seperti java. Python dapat dikategorikan sebagai bahasa programming tingkat tinggi. Namun python termasuk bahasa program yang cukup mudah untuk dipelajari, dan penggunaan sintaksnya yang sederhana. 

4. HTML
Hyper Text Markup Language (HTML) merupakan bahasa komputer yang dimanfaatkan untuk membuat situs website.HTML sendiri tersusun dari short codes yang akan menjadi sebuah text untuk disimpan dalam file HTML. bahasa pemograman ini digunakan untuk membangun banyak hal pada sebuah website, seperti menyisipkan link, mengatur style dan struktur teks hingga membuat objek di suatu halaman web. Bahasa pemrograman HTML terdiri dari tag, element, dan attribute kemudian disusun oleh elemen lainnya.

5. Scala 

Scala berkembang menjadi bahasa pemograman yang populer digunakan sejak dikeluarkan sejak didesain pada tahun 2001. Terakhir, sejak didesain pada tahun 2001, Scala semakin berkembang menjadi bahasa pemrograman yang populer digunakan. Saat ini Scala sudah banyak dijadikan platform website seperti Akka dan Play Framework.

Scala semakin berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi seperti terbentuknya Apache Spark. Apache Spark dibuat dengan Scala yang dijadikan sebagai aplikasi untuk komputasi data berbasis klaster. Perusahaan besar seperti Twitter, LinkedIn, dan Netflix menjadi beberapa perusahaan besar yang sudah menggunakan Scala.

Bahasa ini cukup populer namun hanya memiliki persentase pencarian sebanyak 1.2%, sangat kecil dibandingkan dengan bahasa komputer lain.

6. Swift
Saat WWDC tahun 2014, bahasa Swift dikenalkan dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer di dunia. Tidak hanya itu, berdasarkan survei dari StackOverflow, Swift menjadi bahasa komputer paling favorite kedua dan menjadi bahasa komputer paling populer nomer tiga.

Bahasa Swift merupakan bahasa pengantar untuk pengembang Mac, dan iOS dan menjadi platform utama Apple. Sehingga bahasa Swift juga dirancang untuk bisa terhubung dengan bahasa pemrograman Apple lainnya, yaitu Objective-C.

Bahasa komputer Swift dianggap aman. Hal ini dikarenakan Swift memiliki manajemen memori yang sangat bagus. Ini membuat para developer tidak perlu takut permasalahan tentang manajemen memori.

 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat