Kenali Jurusan Populer yang Dibutuhkan Masa Depan - IDS Digital College

Kenali Jurusan Populer yang Dibutuhkan Masa Depan

Hal paling penting yang perlu kamu ingat saat memutuskan ingin berkuliah adalah jurusan apa yang memiliki peluang kerja sangat besar di masa depan. Menentukan jurusan kuliah bukan soal sepele. Masih banyak siswa SMA/SMK kebingungan untuk menentukan jurusan apa yang tepat dan memiliki prospek kerja jangka panjang. Tidak sedikit kasus mahasiswa yang merasa salah jurusan ketika mengecap jenjang perguruan tinggi. Hal ini juga disebabkan kurangnya informasi tentang minat bakat serta bagaimana prospek dari jurusan-jurusan yang ada di perguruan tinggi.

Lalu, apa saja jurusan yang memiliki peluang kerja dengan cakupan cukup luas dalam jangka panjang?

Berikut ini adalah jurusan-jurusan populer yang menjanjikan peluang kerja cukup luas di masa yang akan datang.

  1. Teknik informasi

Perkembangan dan kemajuan global  saat ini membawa kita pada dunia yang membutuhkan akses informasi dengan cepat. Kecanggihan teknologi sekarang ini membantu manusia untuk memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhannya menghadapi perkembangan zaman. Teknik informasi menjadi salah satu keilmuan yang sangat menjanjikan terlebih di masa yang akan datang.

Ditambah dengan masuknya era revolusi industri 4.0 dimana segala kebutuhan industri sudah berbasis komputer atau digitalisasi demi menunjang berbagai kebutuhan banyak orang. Jurusan ini menjadi salah satu jurusan favorit dengan masa depan yang menjanjikan.

Jurusan teknik informasi sekarang ini memiliki kualifikasi karir beragam, terutama industri di bidang teknologi, hiburan, telekomunikasi, perbankan, keuangan dan akuntansi. Namun, ada satu kualifikasi keilmuan ini yang sangat menarik dan menjanjikan, yaitu cyber security.  Dalam lima tahun terakhir permintaan untuk intelejen dan analisis kebijakan data meningkat lebih dari 20%. Maka dari itu, kesempatan karir di bidang teknologi informasi akan sangat menjanjikan.

  1. Desain Komunikasi visual

Tidak bisa dipungkiri bahwa industri kreatif berkembang dengan sangat pesat di era digital sekarang. Hal tersebut memberi peluang besar untuk orang-orang kreatif mengembangkan karir di dunia desain komunikasi dan media. Jurusan desain komunikasi desain komunikasi visual merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati. Jurusan desain komunikasi visual (DKV) merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana penyampaian pesan dengan menggunakan elemen visual. Jurusan ini mempelajari gabungan antara komunikasi dan estetika. Lulusan DKV memiliki peluang kerja yang sangat luas, terutama dalam industri kreatif.

Dengan pesatnya perkembangan digital saat ini, profesi desainer grafis menjadi sangat diperlukan, dimana aspek visual menjadi hal pertama ketika seseorang menerima informasi. Berbagai perusahaan dan instansi beramai-ramai untuk menyampaikan informansi secara visual melalui website, dan sosial media.

Selain itu, lulusan desainer grafis bisa bekerja secara mandiri atau freelance. Lulusan desain komunikasi visual memberi peluang karir cukup banyak seperti desainer produk, editor film dan video, fotografer, desainer video game, animator, ilustrator, seniman multimedia, konsultan branding, dan banyak lainnya yang berkaitan dengan industri kreatif.

  1. Ekonomi

Jurusan ekonomi masih memiliki banyak peminat sampai saat ini, hal ini dikarenakan hampir semua sektor bisnis dan usaha akan berhubungan dengan lingkup ekonomi. Lulusan ekonomi memiliki cakupan pekerjaan yang cukup luas hingga masa mendatang.  Prospek kerja para lulusan ekonomi cukup beragam, diantaranya ekonom, juru taksir, pengajar bisnis, akuntan, analisi manajemen bisnis, pemeriksa keuangan, manager pemasaran, dan lainnya.   

Kuliah dibidang ekonomi tidak hanya menuntut seseorang untuk mengerti hitung-hitungan angka saja, tapi juga memahami tentang perkembangan trend dan teknologi. Setiap kegiatan bisnis dan  usaha membutuhkan kegiatan pemasaran agar diterima oleh target yang diinginkan. Sebagai pelaku ekonomi, kita juga diharuskan untuk berpikir kreatif dan komunikatif terlebih di era serba digital seperti sekarang ini.

  1. Teknik mesin

Para lulusan teknik mesin memiliki peluang kerja yang besar dalam dunia industri terutama otomotif dan manufaktur. Tidak hanya itu, pertambangan, konstruksi, dan komunikasi sekalipun membutuhkan keahlian teknik mesin. Peluang teknik mesin akan terus bertambah di masa yang akan datang. Setiap hari berbagai mesin digunakan untuk membantu kehidupan kita. Selain itu, jurusan ini juga mengharuskan kita untuk selalu update dengan perkembangan mesin dan teknologi, dimana semakin kira memasuki era modern, maka segala bentuk teknologi menjadi semakin canggih.

  1. Teknik sipil

Jurusan teknik sipil masih menjadi jurusan yang sangat diperlukan karena pembangunan infrastruktur akan terus berkembang sejalan dengan kebutuhan dan pergerakan manusia. Jurusan teknik sipil mempelajari pross merancang, mambanun, serta merenovasi berbagai infrastruktur. Teknik sipil menjadi salah satu keilmuan penting dalam perkembangan suatu negara. Indonesia dengan berbagai perkembangan industri dan teknologinya terus melakukan pembangunan infrastruktur demi kenyamanan masyarakatnya dalam jangka panjang. Oleh karena itu lulusan teknik sipil akan selalu memiliki peluang kerja dalam jangka waktu yang panjang.

 

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat