Bangkitnya Bidang Software Engineer - IDS Digital College

Bangkitnya Bidang Software Engineer

Software programing dan engineering mulai tersebar sejak tahun 1980an. Saat itu sistem komputer telah ada untuk pemerintahan dan pangkalan militer sepanjang pertengahan hingga akhir abad 20, namun permintaan akan ahli di bidang software engineer mulai meledak saat bisnis komputer dirumah dan bisnis yang membutuhkan bantuan komputer bermunculan. Saat itulah permintaan akan seseorang yang ahli dan berpengetahuan luas di bidang pemrograman mulai banyak dicari.

 

Permintaan itu semakin meningkat dan puncaknya berada pada satu dekade belakangan ini, yang bisa dibilang sebagai kebangkitan dari bidang software engineering. Pekerjaan dari software engineer adalah menulis kode dalam satu atau lebih dalam bahasa pemrograman untuk menghasilkan sejumlah program untuk perusahaan teknologi dan teknologi komputer untuk internal bisnis lainnya.

 

Kemampuan yang dibutuhkan adalah paham tentang matematika dan logika, kecenderungan untuk berpikir kreatif dan kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan waktu atau sumber daya yang terbatas. Namun syarat yang paling penting untuk memenuhi kualifikasi sebagai software engineer adalah lulusan sarjana, meskipun lulusan pascasarjana biasanya memiliki prospek yang lebih kuat.

 

Saat ini sudah banyak universitas atau sekolah khusus yang menyediakan jurusan untuk bekerja di bidang software engineer. Karena banyak keuntungan yang akan kamu miliki jika mengambil profesi di bidang ini. Fokus pada profesi ini berarti kamu juga akan mendapatkan bayaran yang cukup banyak. Ini sudah merupakan pengetahuan umum, bahwa menjadi seorang software engineer berarti memiliki kemungkinan terjun dalam proyek berskala besar dengan uang bayaran yang tidak sedikit.

 

Faktanya, meskipun kamu adalah seorang software engineer pemula, bayaran yang kamu dapatkan tidak akan lebih sedikit dari pada gaji UMR pekerja kantor pada umumnya. Ini karena banyak perusahaan baru setiap harinya. Belum lagi pertumbuhan perusahaan yang bisa meningkat pesat dalam waktu sekejap. Penggunaan internet dan kebutuhan akan dunia digital juga sudah seperti makanan sehari hari. Karena itu mau tidak mau perusahaan akan siap membayar mahal untuk para programer atau pekerja di bidang software engineer untuk melakukan yang terbaik bagi perusahaannya.

 

Lapangan pekerjaan juga terbuka luas bagi kalian para peminta profesi ini. Ini karena persebaran internet yang semakin meluas dan penggunaan alat yang semakin canggih setiap tahunnya memberikan banyak peluang bagi para pencari pekerjaan di bidang software engineer. Selama komputer dan kebutuhan sistem komputer yang terus berevolusi, bisa dipastikan lapangan pekerjaan di bidang ini tidak akan pernah berhenti.

Karena software engineer telah membuat transisi besar dari hanya sekedar melakukan coding saja hingga maintaining large complex systems. Sistem akan terus tumbuh menjadi semakin kompleks dan rumit, namun kekuatan pikiran manusia bisa melampaui limit dan mengatasi kekompleksan itu.

 

Seiring dengan perkembangan software yang meningkat pesat, upaya yang dibutuhkan manusia untuk membuat sesuatu yang baru dan melakukan maintenance juga semakin banyak, yang berarti kebangkitan dari software engineer masih akan terus berlanjut. Masa depan software engineering akan berfokus pada memecahkan masalah yang dihadapi, termasuk mencari tahu bagaimana mereka ingin membuat perubahan pada dunia dan mewujudkannya, meskipun akan muncul kendala yang ditimbulkan oleh fondasi matematika dan perubahan organisasi yang ada.

Posted in: News


error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

WhatsApp chat