Besaran Gaji Profesi IT di Indonesia - IDS Digital College

Besaran Gaji Profesi IT di Indonesia

computers

Memilih pekerjaan di bidang IT bukanlah kesalahan, apalagi untuk saat ini pun terlihat bahwa kebutuhan akan tenaga kerja yang di bidang ini tinggi. Mengutip dari Katadata.co.id menurut riset McKinsey dan Bank Dunia Indonesia membutuhkan 9 juta atau 600 ribu talenta digital setiap tahun selama 25 tahun sampai 2030. 

Pada tahun 2020 World Economic Forum mengeluarkan sebuah laporan yang berjudul “The Future of Jobs Reports 2020” yang menerangkan pekerjaan yang akan diminati di masa depan. Dalam laporan tersebut Indonesia menjadi salah satu Negara yang ikut disurvei. Hasilnya, pekerjaan yang berhubungan dengan data dan teknologi akan menjadi tren, yang dilihat dari naiknya permintaan. 

Beberapa alasan yang menjadikan pekerjaan Teknologi Informasi begitu dibutuhkan diantara karena cepatnya kemajuan teknologi, coding dalam perangkat lunak turut meningkat dan berubah, serta dunia yang terus bergerak secara online. Dengan memilih bidang pekerjaan yang memiliki permintaan yang tinggi, maka akan ada banyak ruang juga bagi orang-orang untuk mengisi posisi tersebut. Contoh karir di bidang IT adalah Cloud Computing Engineer, Data analyst, Software Developers, dan lainnya. 

frontend

Untuk mengetahui besaran gaji profesi di bidang IT berikut daftarnya.

  1. Cloud Computing Engineer

Seperti namanya, profesi ini bertanggung akan tugas yang berkaitan dengan komputasi awan, termasuk desain, perencanaan, manajemen, pemeliharaan, bantuan. Pekerjaan cloud computing engineer biasanya meliputi menulis kode pemrograman, mencoba fitur baru, membangun aplikasi web dan ponsel, serta menjaga proyek perangkat lunak harian. Rata-rata gaji Cloud Computing Engineer di Indonesia mulai dari Rp 5 juta – Rp 15 juta.

  1. Fronted Engineer 

Tugas dari seorang frontend engineer meliputi merencanakan, merancang, membangun, dan mengimplementasikan sistem interface pada sebuah situs web atau juga program perangkat lunak. Frontend engineer memiliki tanggung jawab untuk memastikan situs web atau program perangkat lunak dapat berfungsi dan memberikan pengguna kepuasan dalam menggunakan layanan. Gaji seorang frontend engineer berkisar mulai dari Rp 15 juta –  Rp 20 juta. 

  1. Backend Engineer

Umumnya backend engineer bertanggung jawab untuk merancang dan membangun struktur dari aplikasi perangkat lunak. Selain itu backend engineer juga memiliki tugas untuk terus menjaga sisi server dari aplikasi web. Di Indonesia gaji backend engineer terhitung mulai dari Rp 10 juta – Rp 20 juta.

  1. Software Developers

Software developers adalah seorang seseorang ahli yang berada dibalik semua jenis program komputer. Software engineer bertugas merancang, mengembangkan, dan menguji perangkat lunak. Dalam menjalankan tugasnya software engineer akan mempertimbangkan kebutuhan dari pengguna.  Di Indonesia rata-rata gaji software engineer adalah Rp 5 juta – Rp 9 juta. 

  1. Data Analyst

Pekerjaan data analyst akan berhubungan dengan proses menganalisis data untuk menarik garis kesimpulan dari informasi yang ada. Data analyst akan sangat dibutuhkan karena profesi ini menentukan optimasi dari sebuah bisnis. Analitik data juga berperan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih baik dari sisi konsumen. Gaji dari data analyst di Indonesia berkisar antara Rp 10 juta – Rp 25 juta.

  1. Security Engineer

Sebagai security engineer maka sudah tugas kamu untuk tetap menjaga keamanan sistem perusahaan tetap terjaga dan terus berjalan. Security engineer akan bertanggung jawab untuk menjalankan tes dan memantau keamanan perangkat lunak untuk menghindarkannya dari gangguan. Security engineer juga memastikan informasi atau data penting perusahaan tersimpan dengan baik di dalam server. Rata-rata gaji security engineer di Indonesia adalah sebesar Rp 10 juta.

sumber: tekno.compas.com

Posted in: News



    WhatsApp chat