5 Startup Pendidikan Di Indonesia - IDS Digital College

5 Startup Pendidikan Di Indonesia Serta Layanan Yang Diberikan

startup pendidikan

Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang setiap tahunnya, kini banyak startup yang merintis usaha nya dalam bentuk digital. Startup sendiri setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan, tak terkecuali startup dalam bidang pendidikan.

Pendidikan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Karena dalam pendidikan, kita akan banyak mendapatkan ilmu yang bermanfaat, keterampilan, dan hubungan sosial dengan banyak orang. Itulah mengapa kita wajib untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Karena kemajuan teknologi dan penting nya pendidikan di Indonesia, maka banyak startup pendidikan yang bermunculan. Startup ini tentunya melakukan adaptasi dalam penerapan nya. Sekarang, jarang sekali anak sekolah yang tidak memiliki smartphone dan menonton video. Maka dari itu, startup pendidikan ini mengusung tema belajar melalui sebuah aplikasi digital yang berisi tentang pembelajaran ilmu serta video penjelasan nya. 

Dan biasanya, biaya pada penggunaan aplikasi ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan les biasa pada umumnya. 

Gambar

Berikut ini merupakan  5 startup pendidikan yang ada di Indonesia serta pelayanan yang diberikan. 

  1. Zenius 

Zenius adalah sebuah aplikasi belajar online yang menyediakan worksheet dan video pembelajaran kepada para siswa/siswi SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Zenius pertama kali didirikan pada tanggal 7 Juli 2007. Untuk CEO nya sekarang adalah Rohan Monga yang menjadi CEO pada tahun 2020 lalu. 

Zenius sendiri ada yang gratis dan ada yang premium. Zenius premium yang berupa Zenius Optima, Ultima, Aktiva UTBK bisa mengakses semua video, kecuali Aktiva UTBK khusus yang UTBK saja.

Untuk layanan dari zenius itu sendiri menyediakan berbagai macam soal UTBK, Video pembelajaran, dan penjelasan tentang soal soal yang diberikan. 

  1. RuangGuru 

Ruangguru adalah  marketplace online yang membantu menghubungkan guru privat dan siswa di Indonesia. Situs ini menyediakan berbagai pilihan mata pelajaran mulai dari mata pelajaran umum hingga pendidikan khusus seperti bimbingan komputer, bahasa asing, musik, hingga olahraga tertentu.

Ruangguru sendiri memiliki banyak layanan yang dapat diberikan kepada para siswa. Berikut ini adalah layanan yang diberikan oleh ruangguru. 

Ruang Belajar.

Ruang belajar adalah fasilitas video pembelajaran, rangkuman modul bimbel, serta kuis untuk latihan kompetensi. 

Ruang Lesson Online.

Pada layanan ini siswa dapat belajar secara berinteraksi langsung dengan para tutor untuk membahas soal yang sulit dimengerti. Durasi pada ruang lesson ini adalah 30 menit setiap tutor nya. 

Ruang Uji. 

Pada fitur ini, siswa dapat belajar tentang soal soal UTS, UN, UTBK, UAS dan ujian mandiri. Karena pada fitur ini terdapat ribuan bank soal yang dapat dikerjakan serta mendapatkan pembahasannya. 

Ruang Les.

Pada fitur ini, kamu bisa mendapatkan mentor seperti les privat yang tentu nya mentor tersebut telah di uji oleh pihak ruangguru. 

Ruang Kelas. 

Layanan Learning Management System menjadi sarana kelas virtual untuk para guru dan murid.

Digital Bootcamp. 

Dalam fitur ini, peserta akan mendapatkan layanan grup belajar interaktif dengan live streaming. Setiap grup chat berisi 20 siswa akan dilengkapi oleh 1 tutor dan 1 fasilitator pilihan.

  1. PesonaEdu

Merupakan salah satu pelopor startup edtech di Indonesia, PesonaEdu menyediakan software pendidikan serta konten pembelajaran digital bagi para penggunanya. Untuk penggunaan konten PesonaEdu adalah gratis, tetapi pada tahun ini PesonaEdu meluncurkan PesonaEdu Store yang memungkinkan penggunanya berbelanja konten edukasi digital di platform ini. Sehingga para pelajar dapat mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi. Karena konten pembelajaran nya akan lebih eksklusif. 

Ada 5 layanan yang bisa didapatkan dari startup edukasi ini yaitu PesonaEdu Academy, PesonaEdu SipLah, PesonaEdu Store, PesonaEdu Solution, dan PesonaEdu International dimana setiap layanan memiliki kelebihannya masing masing.  

  1. Kelase

Kelase dikembangkan oleh PT. Edukasi Satu Nol Satu untuk membantu dunia pendidikan di Indonesia. Diluncurkan pada 2014, Kelase menyediakan jejaring sosial dan lingkungan belajar online bagi sekolah, organisasi, maupun komunitas. 

Kelase sendiri dibuat untuk lembaga pendidikan formal (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Perguruan Tinggi) serta lembaga pendidikan non-formal (Lembaga Kursus dan Homeschooling) agar mudah memiliki layanan pembelajaran online sendiri. Sehingga proses pembelajaran yang dilakukan tidak hanya didapatkan dalam kelas secara langsung, tetapi juga didapatkan di kelas online. 

Untuk layanan yang diberikan oleh web ini adalah salah satu nya adalah Mobile Learning dimana pada layanan ini, dilakukan pelatihan untuk para pendidik untuk mengajarkan ilmu nya kepada para siswa. Selain itu, terdapat juga layanan seperti fitur belajar, fitur kolaborasi, dan fitur sosial. 

  1. Quipper

Quipper pertama kali dirintis pada tahun 2010 di London oleh Fumihiro Yamaguchi. Namun, Quipper juga telah beroperasi di 4 negara dan salah satu nya adalah Indonesia. 

Quipper merupakan perusahaan teknologi edukasi yang menyediakan fasilitas sistem pembelajaran daring. Dimana siswa dapat melakukan bimbel secara online dengan harga yang lebih murah. Selain dapat diakses dimana saja, kelebihan dari start up ini adalah layanan yang diberikan. 

Layanan yang ada di Quipper sendiri antara lain seperti Paket Intensif UTBK dimana siswa kelas 12 dapat mempelajari soal soal yang kemungkinan besar akan keluar di UTBK, selanjutnya ada Quipper School, Quipper Video, Quipper Video Masterclass, dan Panduan UTBK, serta banyak layanan menarik lainnya.

Posted in: News



    WhatsApp chat