Software Desain Grafis yang Patut Kamu Coba - IDS Digital College

Software Desain Grafis yang Patut Kamu Coba

Jika kamu suka menggambar dari kecil, atau mencita-citakan pekerjaan menjadi seorang desainer grafis, tentunya itu bukan hal yang buruk. Kini bukan hal yang sulit lagi untuk bisa menjadi seorang desainer grafis sekalipun kamu tidak menempuh jalur pendidikan resmi. Banyak software desain grafis yang bisa digunakan untuk mendesain lho!

Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins.

Pekerjaan ini sendiri semakin tahun semakin banyak dicari oleh perusahaan perusahaan startup maupun perusahaan besar lainnya. Dikarenakan perannya yang cukup penting pada bidang pemasaran.

Kini banyak software desain grafis yang terus mengalami perkembangan dari masa ke masa dan terus meningkat kan fitur-fitur yang memiliki fungsi lebih banyak. 

Berikut ini adalah software desain grafis yang patut kamu coba dan fungsinya.

ps

  1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu software desain grafis yang harus kamu gunakan. Dirilis pada 19 Februari 1990 dan dikembangkan oleh Adobe Inc. Software ini menjadi standar untuk mengedit grafis gambar. Adobe Photoshop bisa digunakan untuk mengedit, membuat efek, menambah elemen gambar, dan memanipulasi gambar sesuai keinginan.

Fungsi detail pada Adobe Photoshop sendiri adalah: 

  1. Pengeditan kualitas foto dengan cara mempertajam, menyamarkan (blur), memperhalus, dan meningkatkan tingkat kecerahan gambar.
  2. Memotong dan memasukan foto.
  3. Meningkatkan resolusi.
  4. Menggabungkan objek gambar dan foto. 
  5. Membuat logo. 
  6. Membuat sketsa. 

Masih banyak fungsi lain dari Adobe Photoshop yang dapat Anda rasakan sendiri. 

canva

  1. Canva 

Berikutnya adalah aplikasi yang sedang naik daun dan gampang untuk digunakan. Canva adalah aplikasi desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Canva bisa digunakan di smartphone atau pun laptop kamu yang membuat aplikasi ini lebih simpel dan mudah digunakan. 

Untuk fungsi yang diberikan oleh aplikasi ini berupa:

  1. Memberikan template desain yang nanti nya bisa digunakan kembali oleh orang lain.
  2. Dapat menguat poster, logo, undangan, dll.
  3. Dapat membantu membuat presentasi lebih menarik. 
  4. Lebih mudah mengedit video untuk pembelajaran. 
  5. Dapat lebih hemat menyimpan penyimpanan perangkat. Coreldraw
  1. Coreldraw 

Coreldraw adalah aplikasi jenis editor grafik vektor yang dirilis tahun 1989. Aplikasi desain 2D digital ini dapat digunakan untuk membuat desain logo, flex, brosur, kartu undangan, dan berbagai desain dokumen lainnya dengan mudah. Coreldraw sangat cocok digunakan untuk membuat dan mengedit gambar dua dimensi.  

Fungsi dari aplikasi Coreldraw adalah: 

  1. Membuat desain logo 
  2. Membuat desain brosur, poster, dan undangan 
  3. Membuat ilustrasi dan kartun 
  4. Membuat sampul buku 
  5. Membuat atau mengubah bentuk suatu objek

 

Gravit Designer 

  1. Gravit Designer 

Gravit designer adalah salah satu software desain grafis berbasis vektor yang dapat dinikmati secara gratis oleh semua orang. Sehingga dalam menggunakan aplikasi ini, semua orang dapat menggunakan nya. Gravit Designer sendiri dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi maupun komersial dalam versi gratisnya. 

Fungsi dari Gravit Designer sendiri adalah:

  1. Dapat diakses dengan gratis 
  2. Memiliki banyak fitur yang memukau
  3. Memiliki banyak template yang dapat digunakan 
  4. Editing foto dan gambar
  5. Support berbagai macam OS 

Selain itu Gravit Designer memiliki berbagai macam keunggulan.

Sketch

  1. Sketch 

Sketch adalah salah satu software desain grafis yang memiliki banyak keunggulan dan kemudahan dalam penggunaan nya. Dibuat oleh Mac, aplikasi ini telah banyak mencuri perhatian banyak orang. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendesain UI, mobile, web dan bahkan icon. 

Keunggulan dari aplikasi ini sendiri adalah biasanya setiap aplikasi memberikan pengalaman dan fitur yang lebih baik dengan melakukan subscribe dalam beberapa bulan atau tahun sekali. Tetapi sketch hanya membutuhkan 1 kali subscribe dalam seumur hidup sehingga kita tidak perlu membayar nya lagi. 

Karena Sketch adalah aplikasi berbasis vektor sehingga memiliki fungsi untuk merubah bentuk dan memiliki resolusi gambar yang tetap jernih dan tidak pecah.

Krita

  1. Krita

Secara singkat krita adalah aplikasi software khusus digital painting yang dapat digunakan secara gratis. Aplikasi krita sendiri adalah aplikasi yang dikhususkan untuk membuat sketsa, lukisan digital atau ilustrasi yang terkena pustaka KDE Platform dan Calligra Suite. Walaupun aplikasi ini di Indonesia masih kurang populer karena di Indonesia sudah sejak dulu diperkenalkan aplikasi Photoshop, tetapi fitur yang dimiliki krita tidak kalah keren nya dengan aplikasi Photoshop. 

Fungsi dari sendiri adalah:

  1. Krita memiliki banyak pilihan brush yang dapat digunakan oleh para pengguna.  
  2. Painting Assistant adalah fitur yang bisa memberikan kemudahan pada kalian saat menggambar bentuk perspektif atau bisa digunakan sebagai penggaris untuk memudahkan kalian saat menggambar bangunan dan lainnya. 
  3. Krita mempunyai banyak template untuk kebutuhan digital painting. 
  4. Krita memiliki lebih dari 70 Blending mode.
  5. Memiliki Fitur Multi Brushes yang memungkinkan anda untuk menggambar dengan banyak kuas sekaligus.  

 

paint

    1. Paint

Kalian sewaktu SMP pasti pernah diajari guru komputer kalian aplikasi ini. Microsoft Paint adalah editor grafis raster sederhana yang telah disertakan dengan semua versi Microsoft Windows. Penggunaan aplikasi ini sangat sederhana dan sangat mudah digunakan. Tentu saja aplikasi ini gratis untuk digunakan. 

Keunggulan dari aplikasi ini adalah kita tidak perlu mengunduh dan mengeluarkan uang dalam penggunaan nya. Walaupun demikian, fitur yang dapat diberikan oleh paint sudah cukup baik bagi pemula. 

Fungsi dari aplikasi ini sendiri adalah anda dapat mendesain apapun yang anda inginkan dengan menggambar nya seperti logo, poster, atau lainnya.

Posted in: News



    WhatsApp chat