Cara Membuat Akun WhatsApp Business dan Fiturnya- IDS Digital College

Kenali Cara Membuat Akun WhatsApp Business dan Fiturnya

Sepertinya kita semua sudah tau aplikasi chat populer WhatsApp. Hampir semua orang didunia menggunakan aplikasi ini. Tapi khusus pelaku usaha bisnis, terutama bisnis online pasti sudah tidak asing dengan WhatsApp Business. 

Nah, WhatsApp Business sendiri memiliki fungsi untuk mempermudah pengguna menjalankan bisnisnya dengan berbagai fitur.

Tapi bagaimana cara membuat WhatsApp Business? Dan apa saja fitur yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan bisnis kamu? Semua nya akan dibahas di artikel kali ini. Jangan sampai kelewatan ya! 

WA Bisnis

Cara Membuat WhatsApp Business 

  1. Download Aplikasi nya di Appstore atau Playstore

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah mendownload aplikasi nya terlebih dahulu. Aplikasi WhatsApp Business bisa kalian temukan di Playstore ataupun Appstore, ya. 

Setelah berhasil mendownload dan memasang nya di Handphone mu, kamu bisa membuka aplikasi ini. 

  1. Tinjauan Ketentuan Layanan

Setelah kamu membuka WhatsApp Business, akan ada persyaratan yang harus kamu setujui sebelum nya. Kamu bisa membaca Ketentuan Layanan WhatsApp Business. Kemudian, ketuk Setuju dan Lanjutkan untuk menerima ketentuan.

  1. Daftar akun baru

Pilih negara dari daftar tarik turun untuk menambahkan kode negara. Lalu masukkan nomor teleponmu dalam format nomor telepon internasional. 

Tunggu kode konfirmasi masuk, setelah itu kalian bisa memasukan kode untuk langkah selanjutnya.

  1. Izinkan Akses Foto dan Kontak 

Sebenernya untuk hal yang satu ini opsional, kamu bisa mengizinkan atau tidaknya. Hanya saja, untuk mengakses foto dan kontak, kamu harus mengizinkan akses ini. 

  1. Masukan Nama Pada WhatsApp Business 

Langkah selanjutnya adalah memasukan nama untuk akun WhatsApp Business mu, kategori bisnis yang kamu jalani, dan foto profil yang telah kamu tentukan sebelum nya. Hal ini untuk mempermudah bisnis kamu ditemukan. 

  1. Buat profil bisnis

Ketuk “JELAJAH”, lalu pilih “Profil bisnis”.

Di sini, kamu dapat menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lainnya. Kamu juga bisa menentukan pesan yang akan dikirim ketika kamu sedang offline. 

  1. Mulai chat

Setelah semua nya kamu lakukan, akun WhatsApp Business pun bisa kamu jalani. Kamu sudah bisa terhubung dengan para calon pelanggan mu. 

Oke, setelah kamu berhasil membuat akun WA Business, tentu nya kamu harus mengetahui fitur-fitur yang telah disediakan aplikasi ini. Fitur ini tentunya memiliki manfaat nya tersendiri. Apa saja fitur tersebut? 

WA Bisnis

Fitur-fitur WhatsApp Business Yang Harus Kamu Ketahui

  1. Katalog 

Fitur pertama yang bisa kamu gunakan saat menggunakan WhatsApp Business adalah katalog. Fitur Katalog berfungsi untuk menampilkan informasi produk yang ditawarkan oleh akun WA Business. 

Selain itu, fitur Katalog juga menyediakan layanan melalui akun bisnis yang kamu kelola. Seperti katalog produk pada umumnya, memiliki akun WhatsApp Business dapat menulis deskripsi produk serta harganya. 

  1. Label Pesan

Label pesan memiliki fungsi untuk mengelompokkan para pelanggan beserta isi chat nya, seperti misalnya, kita terkadang  suka lupa customer mana yang sudah bayar, belum bayar, atau masih nanya-nanya. Sehingga kita bisa mengelompokkan isi pesan tersebut. 

  1. Broadcast Message

Nah, fitur yang ini sangat bermanfaat ketika kamu lagi ngadain diskon atau pun merilis produk baru. Karena kamu bisa langsung mengirim semua pesan ke kontak yang ada di Handphone mu. 

  1. Auto Greeting

Fitur yang keempat ada Auto Greeting. Fitur ini mengirimkan pesan secara otomatis yang dikirimkan ke pelanggan saat mereka menghubungi kontak tokomu pertama kali. Kamu bisa membuat pesan berupa salam, rangkuman pertanyaan seputar produk (Frequently Asked Questions), hingga tata cara pemesanan. Dengan memberikan informasi secara detil, kamu bisa menghemat waktu dalam membalas chat pelanggan. 

  1. Auto Reply Scheduler

Dipastikan kamu tidak akan bisa terus terusan online bukan? Dan pelanggan pun terkadang nggak suka diabaikan. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan fitur auto reply scheduler. Jika mereka menghubungi mu di luar jam kerja, fitur ini memberi balasan secara otomatis. Isi pesannya dapat dibuat custom atau sesuka hatimu.  

  1. Statistik Pesan

Terakhir, yakni fitur statistik. Kita bisa mengetahui jumlah pesan yang dikirim, tersampaikan, dibalas atau hanya dibaca. Melalui fitur ini, kita dapat menilai seberapa besar pengaruh interaksi terhadap customer. Bisa jadi pesan yang kita kirimkan terkesan jutek, monoton, atau justru sebaliknya.

Nah, itu lah cara membuat serta fitur-fitur yang bisa kami manfaatkan pada WhatsApp Business. Memulai bisnis itu tidak mudah, harus ada mental yang kuat dan semangat pantang menyerah. Semoga bisnismu bisa lancar dan sukses, ya.

Sumber: tribunnews.com

Posted in: News



    WhatsApp chat