Cara Menjadi Seorang Software Engineer - IDS Digital College

3 Cara Ampuh Menjadi Seorang Software Engineer

Software engineer adalah salah pekerjaan di bidang IT (Informasi Teknologi) yang tengah ramai diminati saat ini. Selain banyak peminatnya, profesi ini banyak dicari berbagai perusahaan. Hal ini disebabkan banyak perusahaan yang telah beralih ke sistem digital.

Kamu nantinya akan bertugas melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi serta melakukan pemeliharaan perangkat lunak (software) yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Profesi ini mirip dengan pekerjaan programmer dan analyst. Bedanya, seorang software engineer harus menguasai teori Software Development Life Cycle (SDLC) yang digunakan dalam pengembangan dan pembuatan software.

Bila kamu tertarik untuk meniti karir sebagai software engineer, berikut beberapa langkah/cara menjadi seorang software engineer:

 

  • Memiliki Ijazah S1

 

Pada umumnya, profesi software engineer dipekerjakan oleh perusahaan besar, khususnya perusahaan yang bergerak dalam bidang IT dan pengembangan perangkat lunak. Pada umumnya perusahaan akan mencari software engineer yang memiliki pendidikan minimal S1.

Apabila kamu ingin menekuni bidang ini, akan lebih baiknya kamu mengambil gelar di bidang ilmu komputer. Dengan berkuliah di jurusan ini, akan membuatmu lebih mahir dalam menganalisa, mendesain, memperbaiki hingga memelihara software.

Engineering sendiri sebenarnya termasuk bagian dari ilmu komputer. Secara rincinya ilmu komputer lebih rinci membahas mengenai pengemabangan software komputer maupun software aplikasi.

Dilansir dari gramedia.com, sistem software komputer terdiri dari program-program yang mengatur utilitas seperti proses analisis, konfigurasi, optimasi perawatan komputer serta sistem operasi.  Sedangkan, aplikasi software termasuk user-focused program seperti program database, web browser, dan lainnya.

Selain jurusan ilmu komputer, terdapat beberapa jurusan lainnya yang bisa kamu ambil. Diantaranya adalah Sistem Informasi dan Matematika. Untuk waktu pendidikan ilmu komputer sendiri dalam kurun waktu 4 tahun.

 

  • Mempunyai Pengalaman Magang

 

Sebuah perusahaan yang melakukan recruitment profesi software engineer, biasanya akan melihat nilai tambah peserta dari pengalamannya apakah pernah magang dibidang yang sama atau tidak.

Seseorang yang memiliki pengalaman magang, biasanya akan memperoleh peluang yang besar untuk diterima perusahaan. Terlebih lagi bila bidang yang pernah ditekuni serupa dengan profesi yang dilamar.

Melalui pengalaman tersebut, perusahaan meyakini bahwa para calon memang telah benar siap dalam bekerja.  Selain itu, orang-orang yang memiliki pengalaman magang biasanya telah familiar dengan apa yang menjadi tanggung jawabnya nanti.

Bila kamu belum memiliki pengalaman magang dan berkeinginan untuk memulai, ada baiknya kamu memperbaiki CV-mu. Buatlah CV-mu terlihat lebih meyakinkan dan kamu benar-benar antusias dengan pekerjaan tersebut.

Akan lebih baiknya kamu menyertakan hasil karya-karyamu dan digabungkan dalam bentuk portofolio.

 

  • Sertifikasi

 

Sertifikasi yang berhubungan dengan software engineer saat ini sangat banyak loh. Sertifikasi sebenarnya tidak hanya tersedia berbentuk kursus atau kelas-kelas. Namun, bisa berbentuk workshop ataupun pelatihan yang menyediakan sertifikat untuk pesertanya.

Sertifikat bisa menjadi modal untuk melamar ke perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa kamu kompeten dan ahli dibidang tersebut. Ada kemungkinan besar perusahaan akan tertarik melihat sertifikat-sertifikat yang kamu submit.

Adapun beberapa sertifikasi software engineer resmi yang akan membantu kamu sebagai berikut:

  • Oracle Certified Associate and Oracle Certified Professional (OCA and OCP)
  • Microsoft Certified Solutions Developer (MCSD): App Builder
  • Certified Secure Software Lifecycle Professional (CSSLP)
  • C++ CERTIFICATION, C ++ Institute:
  • C Programming Language Certified Association (CLA)
  • C Certified Professional Programmer (CLP)
  • Certified Senior Programmer (CLS)
  • C++ Certified Associate Programmer (CPA)
  • C++ Certified Professional Programmer (CPP)
  • C++ Certified Senior Programmer (CPS)
  • IEEE PROFESSIONAL SOFTWARE DEVELOPER CERTIFICATION (PSD)
  • IEEE PROFESSIONAL SOFTWARE ENGINEERING PROCESS MASTER CERTIFICATION (PSEPM)
  • IEEE SOFTWARE ENGINEERING MASTER CERTIFICATION (PSEM)

Itulah beberapa cara untuk menjadi seorang software engineer . Apabila kamu telah memenuhi 3 persyaratan diatas, maka kemungkinan besar perusahaan akan lebih mudah mempercayai kamu untuk memegang  job desk software engineer.

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat