Pengertian Software Development Life Cycle (SDLC) - IDS Digital College

Memahami Lebih Dalam Seputar Software Development Life Cycle (SDLC)

Pengertian SDLC

Pengertian SDLC atau Software Development Life Cycle adalah proses pembuatan sebuah software atau aplikasi dengan kualitas setinggi-tingginya. Software atau aplikasi adalah sesuatu yang kita gunakan saat ini. Terlihat sederhana namun dibalik itu, terdapat prosesnya cukup rumit agar aplikasi terus berkembang dan fungsional

SDLC dapat dikatakan pula merupakan siklus hidup untuk memproduksi sebuah sistem. Dapat dikatakan, SDLC merupakan kerangka kerja atau model proyek yang menguraikan tahapan-tahapan yang digunakan untuk membangun sistem tersebut.

Tujuan SDLC

Tujuan dari SDLC adalah agar terciptanya proses produksi yang lebih efektif dan terciptanya sebuah software berkualitas tinggi. Dimana software yang dihasilkan sesuai dengan harapan klien atau melampauinya, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan bersama.

Selain itu, tujuan lain dari metodologi ini adalah untuk membantu memastikan keberhasilan implementasi sistem yang memenuhi tujuan strategis.  Proses ini membantu kepada ketua tim sebagai kerangka desain, pengembangan, dan metodologi yang diperlukan untuk memastikan pengiriman tepat waktu dan sesuai anggaran.

Manfaat SDLC

Adapun manfaat atau keuntungan SDLC antara lain:

  • SDLC bisa menjadi acuan perencanaan, estimasi, dan penjadwalan proyek dengan baik
  • Membantu manajemen proyek
  • Stakeholder atau klien dapat mengetahui¬† siklus pengembangan software secara transparan
  • Proses pengembangan software jadi lebih cepat
  • Meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan
  • Menekan biaya manajemen dan biaya produksi
  • Meningkatkan hubungan yang baik dengan klien

Cara Kerja Software Development Life Cycle (SDLC)

Pada umumnya, SDLC bekerja dengan cara menurunkan biaya pengembangan dalam pembuatan sebuah produk atau software. Tidak hanya untuk menekan biaya produksi, namun turut meningkat kualitas dan mempersingkat waktu produksi secara serentak.

SDLC membantu tim untuk mencapai tujuan dengan mengikuti kerangka kerja dan rancangan yang diminta stakeholders atau klien. Selain itu SDLC membantu untuk evaluasi kekurangan sistem.

Rancangan ini dimulai dengan melakukan evaluasi sistem yang sudah ada agar lebih efisien. Kemudian, tim nantinya akan mendefinisikan persyaratan-persyaratan dari sistem yang dievaluasi.

Pada dasarnya, cara kerja SDLC adalah meminimalisir pengerjaan ulang yang menekan biaya dan memakan banyak waktu. Barulah software dibuat dengan beberapa tahapan seperti identifikasi, perencanaan, rancangan, membangun produk, pengujian, pemasaran, dan pemeliharaan.

Hal ini dapat berupa antisipasi kesalahan dengan potensi kerugian besar seperti kegagalan meminta feedback dari pengguna akhir atau klien.

Di akhir, para engineer akan meminta feedback dari pengguna atau klien terhadap produksi yang telah dibuat. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kesalahan dengan kerugian besar.

Secara garis besar, SDLC menitik beratkan pada pengujian yang berulang dan dipastikan lewat kualitas kode di setiap siklus. Proses SDLC ini dapat mengeliminasi beberapa pekerjaan setelah perbaikan dilakukan.

Fungsi SDLC

Menurut Michigan Technological University, SDLC berfungsi untuk sebagai alat bantu ketua tim atau manajer proyek untuk memastikan sistem memenuhi persyaratan yang sesuai. SDLC yang dilakukan dengan baik dapat berfungsi sebagai kontrol dan manajemen dalam proses pengembangan software.

Melalui metodologi SDLC, perusahaan pengembang perangkat lunak bisa lebih mudah memahami apa yang harus mereka kerjakan. Tak hanya itu, semua pihak yang terlibat dalam pembuatan aplikasi akan lebih mudah memahami besaran biaya dan sumber daya yang dibutuhkan.

Secara umum, SDLC berfungsi untuk memberikan gambaran kepada seluruh tim. Sehingga, jika terdapat suatu kesalahan pada sistem akan mudah melakukan evaluasi. Perbaikan dilakukan secara berproses, dari satu tahap ke tahap lainnya tanpa resiko pengulangan.

Posted in: News



    error

    Enjoy this blog? Please spread the word :)

    WhatsApp chat