Cara Merekam Panggilan Telepon Dan Whatsapp - IDS Digital College

Cara Terbaik Untuk Merekam Panggilan Telepon Dan Whatsapp Kamu

Merekam panggilan adalah kebutuhan penting di zaman sekarang ini. Ini bisa berguna karena berbagai alasan termasuk menyalin wawancara dan merekam pelajaran yang ingin digunakan kembali oleh pengguna. Terlebih saat ini orang-orang telah beralih ke WhatsApp untuk mengirim pesan dan menelepon. 

Ada kalanya kamu merasa perlu untuk merekam panggilan telepon penting tetapi tidak dapat melakukannya karena opsi untuk merekam panggilan tidak segera tersedia. Beberapa pengguna juga mendapatkan panggilan di WhatsApp, tetapi aplikasi perpesanan tidak memiliki opsi untuk merekam. Jadi, kamu perlu mengandalkan aplikasi pihak ketiga dan layanan lain untuk ini. Berikut adalah berbagai metode yang dapat kamu coba untuk merekam telepon biasa dan panggilan WhatsApp.

  1. Gunakan Fitur yang Tersedia Di Ponsel Mu

merekam panggilan di ponsel

Beberapa ponsel cerdas memiliki fitur merekam panggilan, maka dari itu kamu tidak perlu khawatir  menginstal aplikasi pihak ketiga untuk ini. Kamu hanya perlu mengetahui proses untuk mengaktifkannya.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan antara lain:

  • Buat panggilan ke luar atau jawab sebuah panggilan masuk.
  • Jika panggilan telah terhubung, jangan lupa mengatakan kepada lawan bicara bahwa kamu hendak merekam panggilan tersebut.
  • Jika sudah diizinkan, pindahkan speaker ke mode handsfree (dengan cara mengetuk ikon speaker).
  • Tekan tombol Home untuk menuju ke homescreen tanpa mengakhiri panggilan.
  • Buka aplikasi Smart Voice Recorder.
  • Ketuk pada ikon bulatan merah besar untuk mulai merekam panggilan.
  • Pastikan agar panggilan terdengar.
  • Ketika panggilan selesai, ketuk tombol Finish pada aplikasi Smart Voice Recorder.
  • File yang terekam akan masuk pada file Recordings di aplikasi.
  1. Menginstal Aplikasi Telepon Google Dari Play Store

kecocokan aplikasi

Namun, bagaimana dengan ponsel yang tidak mendukung fitur perekaman panggilan? Nah, kamu dapat menginstal aplikasi Telepon Google dari Play Store. 

Ketika Applikasi sudah terinstall langkah selanjutnya adalah

  • Di kanan atas, ketuk Opsi lainnya   Setelan  Perekaman panggilan.
  • Di bagian “Selalu rekam”, ketuk Nomor yang dipilih.
  • Aktifkan Selalu rekam nomor yang dipilih.
  • Di kanan atas, ketuk Tambahkan +.
  • Pilih kontak.
  • Ketuk Selalu rekam.
  • (Opsional): Ulangi langkah ini untuk setiap kontak yang ingin direkam.

Kamu selalu dapat membuat perubahan sesuai dengan preferensi kamu.

Namun, Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar aplikasi ini berjalan

  • Perangkat kamu harus menjalankan Android 9 atau versi yang lebih baru
  • Kamu harus memiliki aplikasi Telepon versi terbaru.
  • Kamu harus berada di negara atau wilayah yang mendukung perekaman panggilan. Perekaman panggilan tidak tersedia di semua tempat. Fitur bervariasi menurut negara atau wilayah kamu.

Catatan: Sebelum panggilan dimulai, Google mengatakan bahwa peserta panggilan akan diberitahu bahwa panggilan tersebut direkam.

  1. Menginstall aplikasi “Cube ACR”

Cube ACR

Jika kedua metode di atas tidak berfungsi, kamu dapat menginstal aplikasi perekaman panggilan pihak ketiga dari Play Store  bernama Cube Call Recorder. Aplilkasi ini mendukung perekaman otomatis panggilan masuk dan rekaman panggilan melalui berbagai aplikasi seperti panggilan telepon, Signal, Skype 7, Skype Lite, Viber, WhatsApp, Hangouts, Facebook dan masih banyak lagi dari aplikasi pesan lainnya.

Ada beberapa cara untuk kamu dapat mengatur perekaman yaitu melalui perekaman otomatis dan bahkan mengecualikan beberapa penelepon. Ada juga opsi untuk mengaktifkan perekaman panggilan secara manual. Setelah diaktifkan aplikasi kemudian akan menampilkan widget perekaman panggilan setiap kali kamu menerima panggilan. Aplikasi ini tidak mengirim peringatan perekaman panggilan ke orang lain.

Metode alternatif: Jika kamu memiliki masalah saat merekam panggilan menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu cukup menggunakan ponsel pintar sekunder atau perangkat lain untuk merekam panggilan telepon biasa atau WhatsApp. Untuk ini, tentu saja, kamu harus menyimpan telepon utama di speaker.

Apa yang harus Anda ingat sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga?

aplikasi pihak ketiga

Kamu harus memeriksa izin untuk aplikasi pihak ketiga di bagian pengaturan telepon, atau kamu cukup menekan lama pada aplikasi dan mengetuk Info aplikasi > Izin. Di sini, kamu dapat membuat perubahan jika menurutmu aplikasi tidak memerlukan izin untuk sesuatu. Meskipun tidak meminta izin yang tidak perlu selama penggunaan, pengguna ponsel harus mengawasi ini.

Selain itu, pengguna Android 12 juga dapat memeriksa aplikasi yang baru saja menggunakan semua izin. Ini memberi pengguna pandangan yang lebih baik tentang apakah ada aplikasi yang menyalahgunakan izin atau mengakses apa pun tanpa izin. Seseorang. Kamu dapat memeriksa semua ini di “Dasbor Privasi” (dalam pengaturan), yang diperkenalkan Google dengan Android 12.

Meskipun menggunakan pihak ketiga mungkin menawarkan beberapa bantuan, pengguna disarankan untuk berhati-hati. Sebelum mengunduh aplikasi apapun, periksa kembali nama pengembang, ulasan, kebijakan privasi, dan detail lainnya. Setelah kamu yakin bahwa itu aman, instal aplikasi, dan pastikan kamu hanya memberikan akses ke fitur (izin) yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi.

Posted in: News



    WhatsApp chat