Bagaimana Cara Kerja NFT?- IDS Digital College

Menjadi Sorotan Dunia, Bagaimana Cara Kerja NFT?

Kata NFT tampaknya ada di mana-mana, tetapi beberapa orang masih bertanya ‘apa itu NFT dan bagaimana cara kerja NFT?’ Setelah menggebrak dunia seni dan game dalam lelang jutaan dolar, NFT kini telah meledak menjadi arus utama dengan melibatkan selebriti dan merek besar. 

Adidas mencetak beberapa dengan Bored Ape Yacht Club dan kemudian meluncurkan proyek NFT kolaboratif dengan Prada. Bahkan McDonald dan Coca-Cola telah menambahkan NFT ke dalam bauran pemasaran mereka. Jika kamu masih bingung mengenai NFT, di bawah ini kami akan menjawab pertanyaan apa itu NFT? dan juga bagaimana NFT ini dapat digunakan oleh para profesional kreatif.

Tapi apa sebenarnya aset digital ini, dan bagaimana cara mereka diperdagangkan?

Apa Itu NFT? Apa Singkatan dari NFT

pengertian nft

Singkatan dari NFT adalah Non-fungible token.

Benar, “Non-fungible” dalam Bahasa indonesianya yaitu tidak dapat ditukarkan kurang lebih berarti unik dan tidak bisa diganti dengan yang lain. Misalnya, adalah ketika kamu memiliki sebuah bitcoin maka bitcoin tersebut dapat dipertukarkan dengan bitcoin lain, dan kamu akan mendapatkan hal yang sama persis. Namun berbeda dengan NFT, ia adalah A one-of-a-kind trading card, bagaimanapun, tidak dapat dipertukarkan. Jika kamu menukarnya dengan kartu yang berbeda, kamu akan memiliki sesuatu yang sama sekali berbeda.

Bagaimana Cara Kerja NFT?

cara kerja nft

NFT adalah bagian dari teknologi blockchain, sistem penyimpanan data digital yang memungkinkan pengguna bisa saling transfer data secara rahasia, melalui skema enkripsi dalam kriptografi.

Skema itu bisa mengkonversi data informasi menjadi kode rahasia sebelum dikirim, sehingga data tidak bisa dilacak dan dimiliki oleh pengguna lain yang tidak memiliki datanya. Ada banyak data dalam blockchain, salah satunya adalah mata uang kripto seperti Ethereum, Bitcoin, dan sebagaimananya. Nah, bentuk data dalam sistem blockchain itu kian berkembang, salah satunya adalah sertifikat digital NFT.

Apa yang layak dibeli di supermarket NFT?

Sebagaimana disebut di atas, sertifikat digital pada NFT ini dapat berupa apa saja dalam bentuk digital seperti gambar, music, foto, video atau karya-karya seni digital lainnya. Hal ini lah  yang membuat perbincangan mengenai NFT tampaknya ada di mana-mana. NFT adalah evolusi pengumpulan seni rupa yang sangat mempermudah untuk menjual hanya dengan seni digital.

Apa gunanya NFT?

kegunaan nft

Hal ini tergantung pada apakah kamu seorang seniman atau penikmat seni.

Jika kamu adalah seorang seniman

Kamu mungkin akan sangat tertarik dengan NFT karena NFT memberikanmu cara untuk menjual karya yang mungkin tidak terlalu diminati pasar. Jika kamu menemukan ide stiker digital yang sangat keren, apa yang akan kamu lakukan? Jual di iMessage App Store? Tidak mungkin.

Selain itu, NFT memiliki fitur yang dapat kamu aktifkan yang akan membayar kamu persentase setiap kali NFT dijual atau berpindah tangan , memastikan bahwa jika pekerjaan kamu menjadi sangat populer dan bernilai tinggi, kamu akan melihat  dan merasakan sebagian dari manfaatnya.

Jika kamu adalah penikmat seni

Salah satu manfaat nyata dari membeli karya seni adalah memungkinkan kamu secara finansial mendukung artis yang kamu sukai, dan itu benar dengan NFT. NFT memiliki beberapa keunggulan, salah satunya terkait tingkat keasliannya. Konsep NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli tanpa ada yang bisa menirunya. Tidak hanya itu, NFT juga menyertakan bukti kepemilikan dalam bentuk sertifikasi.

Maka dari itu membeli NFT, memberi kamu beberapa hak penggunaan dasar, seperti dapat memposting gambar secara online atau mengaturnya sebagai gambar profil kamu. Plus, tentu saja, ada hak mengatakan bahwa kamu  memiliki karya seni, dengan entri blockchain untuk mendukungnya.

Atau, kamu bukan keduanya melainkan seorang kolektor .

jukiverse

Ah, oke, ya. NFT dapat bekerja seperti aset spekulatif lainnya , di mana kamu membelinya dan berharap nilainya naik suatu hari, sehingga kamu dapat menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Hal ini pun telah terjadi beberapa hari lalu ketika influencer Arief Muhammad membeli sebuah NFT Si Juki Cosplay dengan kode item Jukiverse: 036 Pojuk dan Jukiverse: 038 Kuntijuki. yang masing-masing berharga 0,1 ETH atau sekitar Rp 4 juta.

Selang beberapa menit, orang-orang pun langsung membeli NFT buatan Si Juki yang akhirnya seluruh aset miliknya sold out. Sementara itu, item tersebut kini harganya naik dengan harga terendah 0,39 ETH (Rp 16,7 juta).

 Jadi, bagaimana apakah kamu tertarik dengan NFT?

Posted in: News



    WhatsApp chat