Catat! Ini Alasan Penting Cyber Security untuk Perusahaan Digital - IDS Digital College

Catat! Ini Alasan Penting Cyber Security untuk Perusahaan Digital

Seiring berkembangnya teknologi, jumlah perusahaan yang beralih menggunakan media digital kian bertambah. Hal tersebut ternyata juga diikuti oleh ancaman serangan siber atau cyber attack. Untuk menghindari peretasan dan pencurian data, pemakaian cyber security sangatlah penting. 

Cyber Security ini sendiri merupakan teknologi, proses serta taktik yang dirancang untuk melindungi, jaringan, komputer, program maupun data dari berbagai kerusakan serta serangan dari luar. Tidak sekedar menghindari peretasan, ada banyak hal penting perlu kamu ketahui tentang cyber security. Lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Jenis Serangan Siber

Sebelum mengetahui lebih jelas mengenai pentingnya cyber security, kamu perlu mengetahui jenis serangan siber atau cyber attack terlebih dahulu. Beberapa jenis serangan siber antara lain

1. Denial-of-service
Jenis ini memanipulasi sistem, jaringan maupun aplikasi sehingga kinerjanya semakin berat dan menguras daya. Saat terkena serangan denial-of-service, peretas biasanya menuntut uang tebusan dengan iming-iming pengembalian ke kondisi semula.

2. Malware – virus
Serangan ini memakai program jahat dan biasa tersebar lewat e-mail serta website mencurigakan. Virus tersebut merusak data sesuai tujuan pembuatan. Beberapa hanya menyembunyikan, namun tidak sedikit yang sampai menghapus data.

3. Botnets – zombies
Berikutnya adalah Botnet kependekan robot network atau robot jarikan. Jenis cyber attack ini menyerang komputer yang terhubung dengan jaringan internal. Korbannya disebut zombies karena berada di bawah kendali peretas. Biasanya, botnet digunakan sebagai media untuk mencuri data serta cukup sulit untuk dideteksi karena memiliki kemampuan untuk enkripsi.

4. Scareware
Selanjutnya adalah Scareware atau peringatan keamanan palsu. Jenis tipuan atau scam yang digunakan penjahat siber untuk mengecoh pengguna. Bentuknya berupa pop-up peringatan sistem, nantinya diarahkan untuk melakukan tindakan dan berujung penipuan. 

Manfaat Penggunaan Cyber Security

Serangan siber belakangan menargetkan perusahaan rintisan digital atau startup serta e-commerce. Namun tak menuntut kemungkinan jika lembaga seperti bank dan perusahaan telekomunikasi terkena serangan. Melihat berbagai serangan siber, aspek keamanan sebuah sistem sangat penting. Hal tersebut yang membuat cyber security wajib digunakan oleh semua perusahaan, baik perusahaan kecil maupun besar. 

Manfaat lain penggunaan cyber security yaitu terhindar dari pencurian data pribadi, seperti foto dan video, keamanan data perusahaan aman dan tidak jatuh ke tangan pihak merugikan dan setiap Individu lebih teliti dalam menggunakan perangkat keras, seperti menancapkan flashdisk atau hardisk.

Penyebab Rentan Alami Serangan Siber

Selain startup dan e-commerce yang jadi sasaran empuk serangan siber, beberapa hal rentan terkena cyber attack yaitu transaksi, perangkat keras, layanan berbasis, TI, data pelanggan dan informasi sensitif lainnya. Ya, semua hal berkaitan dengan sistem jaringan. Serangannya dalam bentuk pencurian, pengambilalihan akses secara ilegal, hingga penghilangan data penting. Penyebab baik individu maupun perusahaan rentan mengalami serangan siber karena beberapa faktor.

Pertama, rencana merespon serangan yang minim. Biasanya korban serangan ini kurang persiapan menghadapi cyber attack. Mereka baru bertindak setelah terjadi serangan. Harusnya hal tersebut sudah dipikirkan matang sebelum memakai berbagai aplikasi berhubungan dengan jaringan komputer. Alasan berikutnya adalah minimnya kesadaran dari setiap individu akan kejahatan siber. Padahal hal sepele seperti mencolokan USB terinfeksi ke perangkat kantor bisa berakibat fatal.

Seperti yang disebutkan di awal, serangan siber bisa mengintai semua orang bahkan perusahaan ternama. Hal tersebut pula perlu kamu perhatikan agar tidak menyepelekan penggunaan cyber security. Bahaya tidak mengindahkan penggunaan tersebut tidak sedikit. Selain kehilangan data, keuangan juga ikut berpengaruh. Pastinya dapat merugikan banyak pihak.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat