Definisi, Keunggulan, dan Tipe Mobile App yang Harus Kamu Tahu - IDS Digital College

Definisi, Keunggulan, dan Tipe Mobile App yang Harus Kamu Tahu

Akses informasi kini makin mudah dengan adanya gadget. Tak butuh waktu lama, kamu bisa mendapatkan informasi akurat, lengkap dan terperinci. Hal ini tidak lain karena pengaruh teknologi yang semakin berkembang dengan pesat. Untuk bisa mengakses informasi melalui perangkat ini, mobile aplikasi atau mobile app berperan aktif dalam proses pencarian data. Lalu seperti apa mobile app ini? Dan bagaimanakah cara kerjanya? Lebih jelasnya, baca ulasan berikut ini yuk!

Apa sih Mobile App itu?

Mobile App merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk perangkat mobile. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pengguna harus mengunduh atau mendownload terlebih dahulu lewat toko aplikasi seperti Google Play Store atau Apple App Store. Mobile app bisa berjalan lewat berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, serta smartwatch. 

Keunggulan yang Ditawarkan Mobile Apps

Aplikasi mobile yang cukup populer di Indonesia cukup banyak. Ada Whatsapp, Facebook, Instagram, Youtube, Spotify, Shopee, hingga Gojek bisa diakses dengan mudah. Hal tersebut dikarenakan mobile app memiliki beberapa keunggulan yaitu

  • User Interface dan User Experience (UI/UX) mobile aplikasi lebih menarik dan mudah untuk digunakan.
  • Beberapa aplikasi masih bisa berjalan tanpa perlu terhubung dengan koneksi internet
  • Pengguna bisa mengakses melalui berbagai gadget dari mana saja. 

Tipe-tipe Mobile App

Jumlah aplikasi yang bisa diakses kini makin banyak. Tidak hanya mencari informasi, tapi juga menuju sektor pemasaran, permainan dan banyak lagi lainnya. Namun, kamu perlu tahu jika mobile app memiliki beberapa kategori yang di antaranya ada di bawah ini. 

 

  • Native App
    Aplikasi ini dibangun secara spesifik untuk operating system atau sistem operasi tertentu. Maksudnya, sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk Android tidak bisa tidak bisa berjalan di iOS, dan begitu pula sebaliknya. Native Apps tentu memiliki performa tinggi dengan user experience terbaik.

 

  • Web App
    Berbeda dengan Native App, Web App bisa berjalan dengan menggunakan browser. Biasanya ditulis dalam HTML 5, JavaScript, atau CSS. Aplikasi ini menargetkan browser dan bisa berjalan di berbagai sistem operasi. Nah, Web App memiliki desain responsive sehingga tampilannya fleksibel menyesuaikan ukuran layar dari pengguna.

 

  • Hybrid App
    Berikutnya ada Hybrid App yang disebut sebagai kombinasi native dan web. Hybrid App memiliki dua bagian utama, yaitu kode back-end dan native shell. Aplikasi ini cukup mudah dan cepat untuk dikembangkan. Namun, kecepatan pemakaian lebih lambat, tergantung kecepatan browser pengguna.

Distribusi Mobile App

Hingga saat ini distribusi mobile app bisa ditemukan lewat toko aplikasi yang sudah tersedia di masing-masing gadget atau perangkat mobile. Dari banyaknya toko, ada tiga toko aplikasi terbesar yang menjadi favorit pengguna, yaitu

 

  • Google Play
    Google Play merupakan toko aplikasi yang berjalan di sistem operasi Android. Toko ini dikembangkan oleh Google sejak Oktober tahun 2008. Berdasarkan update tahun 2016, jumlah aplikasi yang tersedia lebih dari 2,4 juta dan 80% bebas untuk diunduh.

 

  • App Store
    Jika Android punya Google Play, sistem operasi iOS memiliki App Store. Layanan distribusi aplikasi ini sudah diunduh sekitar 140 miliar di tahun 2016. Sementara juga aplikasinya sekitar 650 ribu di tahun 2012 dengan total terunduh sekitar 30 miliar aplikasi.

 

  • Microsoft Store
    Microsoft Store yang sebelumnya bernama Windows Store merupakan layanan distribusi aplikasi untuk Windows 8 dan Windows RT. Toko aplikasi ini juga memiliki daftar program desktop untuk Windows 8. Beberapa aplikasi di Microsoft Store merupakan aplikasi yang tidak hanya berbasis sentuhan, tapi juga menggunakan keyboard dan mouse.

Selain ketiga toko besar tersebut, ada pula distribusi mobile app yang cukup ternama. Seperti Amazon Appstore, BlackBerry World, Windows Phone Store, serta Samsung Apps.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat