Cyber Security; Sexy Carrier yang Menjanjikan - IDS Digital College

Cyber Security; Sexy Carrier yang Menjanjikan

Dengan berkembangnya teknologi informatika yang begitu cepat saat ini, membuat keamanan dunia digital juga dihantui berbagai bentuk kejahatan seperti hacker cyber crime berupa hate speech atau ujaran kebencian, pencurian data, penipuan identitas, website defacement, confidence fraud, carding atau penipuan kartu kredit, pornografi anak, dan masih banyak lagi. Tentunya ada cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu cyber security. Pada dasarnya, cyber security merupakan teknologi, proses dan praktik yang dirancang untuk melindungi jaringan, komputer, program dan data dari kerusakan, serangan atau akses yang tidak sah. Tenaga ahli cyber security sangat diperlukan untuk tetap menjaga kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi.

Tenaga ahli cyber security menjadi sangat penting dan sangat dibutuhkan dimasa yang akan datang. Menyadari hal itu, profesi ini menjadi salah satu pilihan karir yang sangat menjanjikan. Tenaga ini akan sangat diperlukan baik dalam industri swasta maupun pemerintahan. Ada beberapa jenis profesi cyber security yang bisa dijajaki

1. Security consultant
Security consultan memberikan solusi keamanan perusahan paling efektif untuk melindungi jaringan dan perangkat lunak, serta melakukan analisis resiko dan pengujian.

2. Security engineer
Security engineer bertugas membangun dan memelihara sistem keamanan perusahan, termasuk memasang firewall, menguji keamanan, atau mengembangakan skrip automasi penguji keamanan dan melacak insiden.

3. Security architect
Bertugas meriset, mendesain, dan menerapkan rancangan keamanan yang tangguh, juga mengawasi keamanan jaringan komputer perusahaan.

4. Insident responder
Bertugas sebagai garda terdepan saat terjadi insiden keamanan. Profesi ini juga bertanggung jawab melakukan edukasi mengenai pencegahan insiden keamanan.

5. Spesialis Forensik Komputer
Seorang Spesialis Forensik Komputer bertugas mengakses dan menganalisis bukti, mulai dari perangkat penyimpan data, komputer, hingga jaringan.

6. Penetration Tester
Penetration Tester bertugas mencari celah keamanan sistem kemudian menganalisisnya.

7. Security Analist
Profesi security analist yaitu merencanakan, mengimplementasikan, menganalisa resiko, melakukan audit eksternal dan internal, serta melakukan koordinasi rencana keamanan dengan pihak ketiga. Pada dasarnya, Security Analist bertugas mendeteksi dan mencegah ancaman cyber.

8. Security Software Developer
Security Software Developer bertugas mengembangkan perangkat lunak keamanan serta mengintegrasikannya kedalam sistem.

9. Security Auditor
Security Auditor memeriksa efektivitas sistem keamanan. Selain itu profesi juga mampu memberikan solusi peningkatan sistem.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat