Jangan Bingung, Pahami Beda IT dan SI - IDS Digital College

Jangan Bingung, Pahami Beda IT dan SI

Sebelum memasuki ujian nasional, biasanya para siswa sudah mulai mencari tahu tentang jurusan yang menarik minat mereka. Salah satu jurusan yang cukup menarik minat para siswa yaitu ilmu komputer. Namun, mungkin banyak diantara para lulusan SMA yang merasa bingung lantaran keilmuan ini biasanya dibagi atas dua jurusan, yaitu sistem informasi dan teknik informatika. Banyak juga diantara para siswa yang beranggapan bahwa kedua jurusan ini sama saja, hingga tak jarang apa yang mereka dapatkan dibangku perkuliahan diluar ekspektasi mereka. Untuk membantu kamu mengenali kedua jurusan ini, berikut adalah perbedaan antara sistem informasi dan teknik informatika. 

Teknik informatika 

Jurusan teknik informatika biasanya mempelajari tentang ilmu dan teknik yang membahas pengolahan data atau masalah transformasi dengan memanfaatkan teknologi komputer melalui proses-proses logika. Lebih menekankan kemampuan dalam merancang dan mengembangkan berbagai algoritma komputasi. Mata kuliah yang ditemui dalam jurusan ini biasanya berkutat pada pemograman, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak (software). Jurusan teknik informatika dirancang untuk memenuhi kebutuhan di bidang teknologi informasi melalui pemanfaatan ilmu komputer. jurusan ini lebih condong pada implementasinya di banding teorinya, seperti pembuatan aplikasi berbasis kecerdasan buatan, robotika, pengolahan informasi multimedia, keamanan informasi dan jaringan, serta pengolahan data besar. 

Sistem informasi

Sistem informasi merupakan gabungan dari ilmu komputer, ekonomi management dan bisnis. Jurusan ini tetap memiliki fokus di bidang software, hanya saja lebih pada penerapannya di organisasi atau bisnis. Dapat dikatakan bahwa jurusan ini memiliki penekanan pada bagaimana sistem informasi selaras dengan strategi bisnis agar terciptanya keunggulan kompetitif dalam bersaing. Mata kuliah yang biasa ditemui dalam jurusan ini kebanyakan berbau bisnis, seperti administrasi bisnis, prinsip-prinsip manajemen, sistem informasi akuntansi, dan sebagainya. Jurusan  ini dibutuhkan untuk pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan sistem informasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan kedua jurusan ini terletak pada penerapannya. Teknik informatika bertujuan dalam pembuatan aplikasi, perancangan dan pengembangan software. Sedangkan sistem informatika bertujuan untuk penerapan teknik informasi dalam bisnis atau organisasi.

Posted in: News

Comments (No Responses )

No comments yet.


WhatsApp chat