Desktop as a Service (DaaS), apakah itu? - IDS Digital College

Desktop as a Service (DaaS), apakah itu?

Desktop as a service (DaaS) sedang menjadi trending topic di dunia bisnis, karena banyak para pegawai sekarang bekerja dari rumah. Ada kekhawatiran yang pasti pada keamanan, privasi data dan penyelesaiannya, diantara tantangan yang lain.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN DaaS DAN BAGAIMANA PERANNYA DESKTOP SEBAGAI PELAYANAN?

DaaS adalah cara penyampaian solusi dari desktop untuk para pegawai melalui cloud. Ini biasanya diatur dan dirawat oleh pihak ketiga dari desktop sebagai penyedia pelayanan, termasuk IT Service Providers yang sudah diatur, seperti Ntiva. 

Kamu bisa memahami DaaS sebagai “hosted desktop” semua aplikasi dan pelayanan berjalan pada server di pelayanan IT dengan basis data center bukan dengan komputer pengguna. 

DaaS providers menyediakan desktop virtual untuk pegawai kamu, terlepas dari apapun perangkatnya dan dimanapun mereka berada. 

Maknanya, semua pegawai bisa mendapatkan pengalaman yang sama, akses ke aplikasi, pelayanan, dan data yang memang disiapkan khusus untuk mereka di jaringan yang aman. 

Berarti juga bahwa, provider DaaS kamu sepenuhnya bertanggung jawab atas semua data, backup, keamanan, dan upgrades. Kebanyakan terjadi bahwa ini bergantung pada provider-nya, ada juga yang menambahkan keuntungan akses bantuan dari ahli teknis selama 24 jam, yang memahami keadaan lingkungan kamu.

DaaS

MENGAPA BANYAK BISNIS YANG MENGGUNAKAN DAAS?

Ada banyak alasan mengapa bisnis menggunakan DaaS sebagai solusi. 

Memanage pekerja secara online sangat menantang. Karena mereka menggunakan prangkat berbeda dengan operating sistem yang bermacam-macam juga, dan aplikasi yang harus bisa mengakses data perusahaan. Ada yang menggunakan alat milik kantor, tapi ada juga yang menggunakan tablet atau smartphone sendiri. 

Pasti ada tantangannya, khususnya pada perusahaan yang punya kebijakan ketat mengenai pengaturan data privasinya. 

Dengan pegawai yang tersebar, bagaimana mereka menjamin semua file dan aplikasi terpusat di satu lokasi dan bukan di perangkat pengguna, yang setiap orang bisa mengakses data terupdate, data konsisten, dan yang paling penting bagaimana mereka menjamin data ini aman?

DaaS menyediakan frame lingkup kerja yang berasal dari cloud-based dan terpusatkan yang bisa menyelesaikan masalah tersebut. 

BAGAIMANA DAAS BEKERJA?

Memilih DaaS bergantung pada pengetahuan kita terhadap keuntungan dan kekurangannya yang bisa terjadi saat diimplementasikan. 

Solusi dari DaaS yang paling dikenal adalah Microsoft Remote Desktop Service (RDS). RDS bekerja dengan baik di PC, tapi juga bisa bekerja di Mac. Pengguna akan disuguhkan dengan Windows yang memberikan banyak keuntungan.

Alternatif lainnya adalah Azure Virtual Desktop, diketahui juga sebagai Windows Virtual Desktop, Microsoft Azure sistem untuk mem virtualisasi Windows. 

Sedangkan RDS dan Azure Virtual Desktop tidak jauh berbeda. RDS dan VDI bisa dilakukan di lingkungan kamu sendiri. Tapi kamu harus meminta IT Advisor yang dipercaya untuk memenuhi apa yang benar-benar kamu perlukan. 

PERBEDAAN ANTARA RDS DAN VDI

Saat menggunakan RDS, semua pengguna disuguhkan dengan server interface yang sama. Semua sumber yang dibagikan antar pengguna sama. Walaupun remot desktop kamu terlihat seperti PC normal, sebenarnya kamu melihat aplikasi virtual yang menyuguhkan data secara bolak-balik di sela-sela koneksi internet kamu. 

Hal ini bisa membuat performa menurun. Ada banyak cara untuk mengatasi ini, termasuk mengedukasi pengguna untuk menggunakan RDS. Kamu juga harus berkonsultasi kepada IT provider yang punya saran bagaimana untuk meningkatkan performance dari RDS.

KEUNTUNGAN DARI DESKTOP SEBAGAI PELAYANAN

Berikut keuntungan mengikuti DaaS:

  1. Pembayaran bulanan yang dapat diperkirakan
  2. Backup yang disediakan
  3. Mudah digunakan
  4. Bisa diakses dari manapun
  5. Sepenuhnya didesain untuk kamu

DaaS

APAKAH PERUSAHAANMU COCOK MENGGUNAKAN DAAS?

Desktop sebagai pelayanan, cloud-computing, virtual desktop hosting, ini membingungkan, tapi gak apa-apa, jangan ragu untuk memilih. Kini semua hal yang bisa kamu kerjakan ada di sebelahmu, menyiapkan backups, pembayaran bulanan yang terprediksi, keamanan, dan support customer kelas dunia. 

Tapi tetap, DaaS tidak untuk semua orang.

Ada beberapa perusahaan sudah cukup nyaman dengan Microsoft 365, Salesforce, BambooHR, dan lain-lain. Mereka merasa pegawainya lebih terlatih dengan tim IT dan kebijakan keamanannya. 

DaaS juga merasa membatasi akan apa yang harus disimpan dan dibuka oleh penggunanya. Tapi sisi sebaliknya, DaaS adalah anak dari perusahaan yang peduli akan lingkungannya. Hal ini juga berlaku bagi masyarakat yang mengikuti dan mematuhi peraturan industri, kontraktor, pemerintah, dll. 

Saran terbaik kami adalah sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada konsultan IT sebelum kamu membuat keputusan besar untuk berpindah ke DaaS. Lalu jika semuanya sudah menemukan yang cocok, kita bisa memutuskan untuk beralih ke DaaS!

Sumber: ntiva.com

Posted in: News



    WhatsApp chat